Hobi & Kriya

Ini Cara Merawat Sukulen di Rumah Agar Tetap Cantik

sukulen

Sukulen belakangan ini populer banget di kalangan pecinta tanaman hias. Tanaman ini memang nggak membutuhkan lahan yang terlalu besar. Sukulen bisa tumbuh subur di media pot. Bahkan, ada banyak banget yang menggunakan media pot berukuran kecil. Tanaman sukulen pun bisa kamu pakai buat memberikan sentuhan menyegarkan di dalam rumah. Walaupun perawatan tanaman ini memang nggak terlalu ribet, tetap saja nggak boleh sembarangan. Supaya awet, yuk, simak cara merawat sukulen berikut ini.

1. Pilih Pot Tanam yang Tepat

pot-merawat-sukulen

Pilih pot yang tak cuma estetik tapi juga baik untuk jadi tempat sukulen tumbuh (Sumber: pixabay.com)

Sebelum memutuskan untuk menanam dan merawat sukulen, pastikan kamu sudah punya media pot yang tepat. Walaupun sepele, ternyata jenis pot yang kamu pakai berpengaruh pada tanaman ini, lho.

Sukulen nggak terlalu membutuhkan air. Biasanya, tanaman ini akan menyimpan cadangan air di bagian batang-batangnya. Nah, kalau kamu memberikan air yang terlalu banyak dan nggak bisa terserap sepenuhnya oleh akar, tanah yang lembap bisa bikin akar tanaman membusuk. Akibatnya, sukulen jadi layu.

Makanya, kamu butuh memilih pot tanaman yang terbuat dari material terakota atau tembikar. Soalnya, material tersebut memang bisa menyerap dan membuang air berlebih dari pori-porinya. Kalaupun terpaksa, kamu juga bisa pakai pot plastik. Hanya saja, pastikan pot tersebut punya lubang di bagian bawahnya. Lubang tersebut berfungsi untuk mengalirkan kelebihan air yang ada di dalam tanah.

Baca Juga :   Tutorial Cara Membuat Terarium Mudah dan Praktis
About author

Related posts
Hobi & Kriya

Mengenal Seni Kokedama, Seni Tanaman Hias Unik dengan ‘Pot’ Bola Lumut

Hobi & Kriya

Cara Lengkap Membuat Seni Paper Cutting untuk Pemula

Hobi & Kriya

Cara Membuat Pembatas Buku Kreatif

Hobi & Kriya

Cara Membuat Kartu Ucapan yang Pasti Diingat Oleh Orang Terdekatmu