Hobi & Kriya

Mengenal Seni Kokedama, Seni Tanaman Hias Unik dengan ‘Pot’ Bola Lumut

kokedama

Kalau bicara tentang tanaman, kamu mungkin berpikir harus menumbuhkannya di atas tanah atau di dalam pot. Tapi tahukah kamu kalau ada juga teknik menanam tanpa tanah dan pot? Ya, kamu bahkan bisa menggantung tanman tersebut  atau diletakkan di tempat-tempat tertentu sebagai hiasan. Teknik menanam tanaman tanpa pot yang bisa kamu coba yaitu kokedama. Kokedama merupakan konsep seni tanaman hias dari Jepang.

Kata kokedama sendiri terdiri dari dua kata yaitu koke dan dama. Koke berate lumut dan dama berarti bola yang jika digabungkan maka artinya adalah bola lumut. Pengertian dari kata kokedama sendiri sudah menunjukkan bagaimana penampilan seni tanaman ini. Media tanam yang kamu gunakan sebagai pot nantinya adalah lumut yang melingkupi area tanam mirip seperti pot.

Kelebihan Seni Tanaman Kokedama

Merangkai tanaman hias adalah salah satu yang menyenangkan selain berkebun. Kamu tetap bergulat dengan aneka tanaman tapi dalam lingkup media tanam yang lebih khusus. Kokedama yang mengandalkan lumut dan media tanam lain yaitu sabut kelapa ini ternyata cukup banyak membawa manfaat. Berikut ini ada tiga manfaat yang akan kamu dapatkan dari kokedama.

Tidak Butuh Penyiraman Intens

Tidak Butuh Penyiraman Intens

sumber: kokedama.ca

Tanaman hias akan sangat sayang jika dibiarkan tidak terawat. Semakin baik dalam perawatan tentunya akan semakin cantik pula penampilannya. Salah satu perawatan yang harus kamu berikan terhadap tanaman yaitu penyiraman. Beruntungnya, kokedama tidak mensyaratkan frekuensi penyiraman yang intens sehingga cocok untuk kamu yang tidak punya waktu lebih untuk merawat tanaman. Cukup rendam selama dua jam dan kokedama bertahan selama sekitar seminggu.

Ramah Lingkungan

Ramah Lingkungan

sumber: homecrux.com

Tanaman hias kokedama juga ramah lingkungan karena menggunakan media tanam yang merupakan bahan-bahan alam. Kamu akan menggunakan media tanam berupa tanah, lumut, dan sabut kelapa yang bisa terurai dengan mudah di alam nantinya. Hal ini berkebalikan dengan penggunaan pot yang banyak terbuat dari plastik atau bahan lain yang didapat dari pencampuran beberapa bahan seperti semen dan pasir.

Baca Juga :   Terrarium, Bikin Hunian dan Kantor Lebih Aesthetic dan Instagramable

Sarana Kreativitas

Kokedama menuntut kamu untuk kreatif dalam merangkainya. Kamu akan dihadapkan dengan proses pembuatan kokedama yang butuh ketelatenan dan kreativitas. Salah satu contoh kreativitas pada kokedama yaitu ditambahkannya aksen tali hias yang melingkupi media tanam.

About author

Related posts
Hobi & Kriya

Conture Lab : Menyulap Sampah Menjadi Produk Interior yang Memiliki Nilai Jual

Hobi & Kriya

Cara Lengkap Membuat Seni Paper Cutting untuk Pemula

Hobi & Kriya

Cara Membuat Pembatas Buku Kreatif

Hobi & Kriya

Cara Membuat Kartu Ucapan yang Pasti Diingat Oleh Orang Terdekatmu