Hobi & Kriya

Daya Tarik Tanaman Kadaka, Si Pakis Sarang Burung yang Punya Khasiat Tersembunyi

tanaman-kadaka

Akhir-akhir ini tanaman kadaka atau yang dikenal sebagai pakis sarang burung banyak diminati pecinta tanaman hias. Gampang beradaptasi dengan berbagai jenis lingkungan jadi keunikan tanaman bernama ilmiah Asplenium scorpio.

Pesona kadaka terletak pada bulu-bulu halus dan gerigi khas di bagian daun. Alasan tanaman hias ini disukai adalah perawatan yang nggak butuh banyak tenaga. Selain itu, kadaka merupakan jenis tanaman yang gampang banget diperanakkan. Tertarik untuk memelihara kadaka? Pastiin kamu baca informasi penting berikut ini dulu.

Warna Hijau Daunnya Cerah dengan Bentuk yang Cantik

hijau-daun-tanaman-kadaka

Kadaka yang cantik untuk hiasan rumah (Sumber: grid.id)

Kadaka memiliki tajuk besar, dengan bagian ental tanaman yang bisa mencapai panjang 150 cm serta lebar 20 cm sehingga sekilas mirip daun pisang. Hanya saja peruratannya menyirip tunggal.

Daya tarik kadaka terletak pada warna daunnya yang hijau cerah dan cantik. Kamu harus meletakkan kadaka di tempat yang jauh dari sinar matahari langsung, atau daunnya akan cenderung agak kuning. Memiliki pertumbuhan yang unik, kadaka bisa  kamu tanam di luar rumah ataupun diletakkan di dalam pot sebagai penghias interior ruangan.

Bibit Tanaman Kadaka Gampang Banget Didapatkan

bibit-kadaka

Bibit kadaka kecil (Sumber: pikist.com)

Seperti yang udah disebutkan sebelumnya, kadaka adalah jenis tanaman hias yang mudah banget dirawat. Kamu bahkan nggak perlu keluar uang untuk mendapatkan bibit tumbuhan pakis ini, lho. Mantep!

Kamu hanya perlu mencari daun tanaman kadaka yang udah menghasilkan spora matang. Bungkus daun itu dengan kantong plastik, lalu tutup dengan rapat. Jika spora tanamannya udah telepas, kamu bisa memindahkannya ke media tanam, deh.

Cara Memindahkan Spora Kadaka Hias ke Media Tanam

spora-tanaman

Spora kadaka (Sumber: grid.id)

Eits, meski tanaman kadaka gampang tumbuh dan mudah perawatannya, nggak berarti kamu bisa asal-asalan menggunakan media tanam dan nggak memperhatikan cara penanamannya, lho, guys.

Kadaka paling bagus ditanam di media moss yang sebelumnya udah didiamkan dalam wadah tertutup dengan ventilasi udara selanjutnya dibasahi hingga lembap, baru kamu bisa menaburkan spora alias bakal bibit kadaka. Tutup dan biarkan hingga spora tumbuh menjadi kecambah hanya dalam beberapa hari. Kamu bisa menyiramnya menggunakan spray halus untuk memastikan spora kadaka dalam keadaan lembap.

Baca Juga :   Monstera dan 9 Tanaman Indoor Instagramable yang Bikin Feed-mu Lebih Aesthetic!
About author

Related posts
Hobi & Kriya

Cara Mudah Membuat Paludarium untuk Pemula Agar Interior Makin Estetik

Hobi & Kriya

Conture Lab : Menyulap Sampah Menjadi Produk Interior yang Memiliki Nilai Jual

Hobi & Kriya

Mengenal Seni Kokedama, Seni Tanaman Hias Unik dengan ‘Pot’ Bola Lumut

Hobi & Kriya

Cara Lengkap Membuat Seni Paper Cutting untuk Pemula