GenK LIFE

Ini Dia Rekomendasi Ide Bisnis Unik untuk Entrepreneur Muda

ide bisnis

Tahukah kamu kalau sejak dini, seorang anak sudah bisa mulai mengembangkan wirausaha? Jadi, kamu bisa coba kenalkan anak atau adikmu ke dunia bisnis. Jika tidak, kamu para muda-mudi juga bisa mencoba sendiri berwirausaha, menjalankan bisnis sesuai passion kamu. Ada banyak, lho, ide bisnis yang simpel tapi bisa meraup untung besar. Bahkan kamu cukup mengambil inspirasi dari hal-hal yang ada di sekitarmu. Mari kita simak ide bisnis brilian untuk usahamu wahai calon entrepreneur muda!

Servis Komputer atau Laptop

laptop

sumber: pexels.com

Jika kamu memiliki kemampuan reparasi komputer maupun laptop, jangan disimpan sendiri. Sekarang bayangkan, hampir semua orang punya minimal satu laptop atau komputer di rumah. Setiap hari, ada saja laptop atau komputer yang harus dibenahi. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini, apalagi kalau kamu memang jago mengutak-atik komputer. Misalnya, kamu bisa mulai dengan meluangkan waktu saat Sabtu dan Minggu untuk memberikan jasa panggilan reparasi laptop ke rumah-rumah. Siapa tahu, seiring berjalannya waktu, kamu jadi punya cukup modal sehingga akhirnya bisa mendirikan sendiri toko servis komputer.

Pembungkusan Kado

ide bisnis membungkus kado

sumber: pexels.com

Tidak sedikit orang yang benar-benar tak memiliki keterampilan untuk membungkus kado. Entah karena tidak telaten atau memang kurang mengenal estetikanya. Ini bisa kamu jadikan peluang bisnis juga. Kelihatannya sepele, tapi kalau kamu telaten maka bisnismu bisa jadi semakin besar. Kesempatan untuk bisnis ini masih terbuka lebar. Mulailah dengan membungkuskan kado ulang tahun. Lalu, kamu bisa mengembangkannya jadi hadiah yang lain, seperti untuk parcel, seserahan dan masih banyak lagi. Manfaatkan kreativitasmu.

Mengasuh Hewan

ide bisnis mengasuh kucing

sumber: pexels.com

Kamu tidak harus langsung membuka pet shop untuk memberikan jasa layanan ini. Akan tetapi tidak ada salahnya, kan untuk dijadikan ide bisnis? Jika kamu menyukai binatang, maka kamu bisa mengawalinya dengan menjaga hewan peliharaan tetangga atau temanmu. Biasanya, orang-orang akan kepikiran hewan peliharaan mereka saat mereka liburan. Daripada tidak ada yang menjaga, kamu bisa langsung tawarkan jasa menjaga dan mengasuh hewan. Kamu juga bisa menambahkan jasa lainnya, seperti grooming, mengajak hewan jalan-jalan, memberinya makan. Walaupun terdengar sepele, tapi bisa dijadikan permulaan untuk membangun semangat wirausaha kamu.

Mencuci Mobil

bisnis cuci mobil

sumber: pexels.com/

Mencuci mobil bukan pekerjaan yang memalukan. Tidak hanya penting dan bernilai, tapi bisnis ini sangat cocok untuk calon wirausaha muda seperti kamu. Setiap orang yang punya kendaraan pasti melakukannya untuk merawat kendaraannya. Kalau kamu atau adikmu suka basah-basahan, maka manfaatkan hobi tersebut untuk berwirausaha. Tawarkan jasa cuci mobil pribadi yang lebih nyaman dan efisien. Suatu hari, kamu akan bisa membuka gerai cuci mobil milikmu sendiri.

Jasa Setting gadget

jasa servis gadget

sumber: pexels.com

Sepertinya semua orang pasti bisa kalau cuma mensetting smartphone, ya? Namun, tidak sedikit, lho, orang yang awam dan tidak mengerti caranya. Nah, ide bisnis ini sangat cocok untuk kamu calon entrepreneur muda. Caranya adalah menyediakan jasa servis gadget. Tidak hanya smartphone, apalagi gadget lainnya seperti laptop dan tablet. Kalau kamu cakap dalam hal ini, jadikan saja peluang bisnis. Misalnya, seperti mensetting email Google di smartphone Android, Windows di laptop dan masih banyak lagi.

Menjual Wadah Berbahan Daur Ulang

bisnis prakarya

sumber: pexels.com

Waktu masih sekolah, kita semua pernah diberi tugas untuk membuat prakarya dari bahan daur ulang. Kalau kamu senang membuat prakarya atau kerajinan tangan, maka ini bisa kamu jadikan ide bisnis juga. Bikin wadah, tas, atau hiasan unik dan bermanfaat, gunakan bahan bekas atau daur ulang. Misalnya, pilih bahan seperti stik es krim, kepingan CD, kain denim dan apa saja yang sudah tidak terpakai tapi masih bagus.

Itu tadi beragam ide bisnis yang cocok buat para entrepreneur muda. Kamu juga bisa mencoba memulai bisnismu dengan menggunakan ide-ide tadi. Barangkali, berawal dari hobi, kamu dapat mengembangkan bisnis dan bahkan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Jangan lupa untuk membuat business plan sebelum memulai, ya, agar bisnismu terencana dengan baik.

Editor: Isyhari Maheswar

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya