Arsitektur & Interior

Ide Desain Kafe Bernuansa Beach Club dengan Tema Tropis Kontemporer

Tema Tropis Kontemporer

Tropis Kontemporer – Kamu anak muda yang lagi nyari ide untuk peluang bisnis? Mendirikan kafe sebagai tempat nongkrong yang asik bisa jadi pilihan yang menarik buat kamu. Kenapa? Karena bisnis cafe, seperti coffee shop punya pasar yang sangat luas. Gak cuma menjangkau kalangan muda, tetapi hampir semua usia.

Nah, sayangnya untuk bisa membangun kafe yang sukses kamu perlu merencanakan konsep kafe yang unik dan menarik alih-alih hanya sekedar menyajikan menu santapan yang enak. Konsep kafe yang cantik dan unik akan membuat pengunjung betah berlama-lama di kafe mu. Hal ini tentunya akan menarik minat pengunjung lain untuk datang ke kafe mu.

Untuk menciptakan konsep Kafe yang unik mungkin kamu bisa memulainya dari desain interior. Salah satu konsep yang bisa kamu bangun adalah desain kafe dengan nuansa beach club yang asyik dan tidak membosankan.

Desain beach club ini akan mengingatkan pengunjung pada suasana pulau dewata yang identik dengan pantai-pantainya yang indah dan mempesona. Menghadirkan suasana yang sama di kotamu tentu menjadi ide yang menarik untuk direalisasikan. Selain bisa membuat pengunjung  merindukan Bali, konsep beach club akan membuat pengunjung betah menghabiskan waktunya di kafe kamu.

Jika, kamu sudah memutuskan konsep apa yang akan kamu gunakan untuk desain kafe mu. Maka, selanjutnya adalah menentukan tema desain yang cocok untuk nuansa tersebut. Sebenarnya ada banyak desain yang bisa kamu gunakan, namun salah satu yang paling populer untuk desain kafe bernuansa beach club adalah tema tropis kontemporer.

Apa itu tema tropis kontemporer?

Tropis Kontemporer

Sumber Gambar : aristag.com

Nah, sebelum kita membahas satu per satu tentang ide yang akan kita gunakan untuk desain interior kafe kamu. Sebaiknya, kita pahami terlebih dahulu apa itu tema atau desain tropis kontemporer dan kenapa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin membangun kafe dengan nuansa beach club.

Jadi, desain tropis kontemporer merupakan desain yang menggabungkan gaya yang lebih modern, variatif, fleksibel dan inovatif, baik dari segi bentuk maupun tampilan, mulai dari jenis material hingga teknologi yang digunakan dan memberikan tampilan desain yang lebih baru yang berorientasi pada iklim dan cuaca tropis.

Desain tropis kontemporer adalah desain yang berani menggebrak desain-desain konvensional yang sudah terlalu tua menjadi desain kekinian yang lebih dinamis.

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan

Nah, untuk menciptakan desain interior dengan tema tropis kontemporer. Terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Apa saja? Yuk simak uraian berikut ini!

Bentuk bangunan

Sumber Gambar : aristag.com

Memilih bentuk bangunan merupakan salah satu hal yang krusial untuk bisa menampilkan desain interior yang menawan. Bentuk bangunan yang sesuai akan membuat desain kafe terlihat lebih menarik dari luar.

Dengan demikian pengunjung bisa melihat keseluruhan interior bangunan dan memutuskan untuk berkunjung setelahnya.

Nah, salah satu ide bentuk bangunan yang bisa kamu pilih untuk menampilkan desain interior kafe yang sempurna adalah model bangunan yang memanjang. Kamu bisa membuatnya sejajar dengan jalan utama atau sejajar dengan bibir pantai. Dengan demikian pengunjung dapat memperhatikan kafe mu dengan lebih mudah.

Selanjutnya, bentuk bangunan juga akan menentukan sirkulasi udara yang akan kamu buat. Nah, kalau model bangunannya begini.

Kamu bisa mendapatkan sirkulasi dari jalan utama dan pantai sekaligus. Ide selanjutnya, mungkin untuk memudahkan pengunjung masuk kamu bisa membuat dua pintu utama, yaitu satu pintu terhubung ke pantai dan satu lagi terhubung ke jalan utama atau tempat parkir.

Furniture kafe

Sumber Gambar : Line.today

Untuk mendapatkan desain yang kamu inginkan hal yang perlu kamu perhatikan selanjutnya adalah furnitur kafe. Jika kamu mengusung tema tropis kontemporer maka sebisa mungkin membeli furnitur dengan nuansa yang sama.

Hal ini akan menciptakan keseimbangan pada desain dan juga tema pada ruangan tersebut sehingga tampilannya menjadi jauh lebih aesthetic. Desain kontemporer selalu identik dengan bahan atau material yang natural dan ini juga sebaiknya kamu aplikasikan pada furnitur yang akan kamu gunakan.

Jenis-jenis material natural yang bisa kamu gunakan misalnya batu alam, kayu, besi, dan beton tanpa finishing. Untuk desain dengan gaya tropis kontemporer, penggunaan perabot cafe yang besar sudah jarang digunakan dan desain kontemporer lebih menyukai karakter asli dari material. Sehingga, menghadirkan furnitur berukuran lebih kecil  dengan elemen-elemen material unfinished bisa menjadi ide yang menarik.

Dinding

Sumber Gambar : archify.com

Sebenarnya untuk desain kontemporer, penggunaan sekat pada ruangan harus sangat dibatasi untuk mendapatkan kesan lega dan nyaman pada kafe kamu.

Nah, untuk meningkat karakter dinamis dan playful pada ruangan atau bangunan tersebut kamu bisa menggunakan jenis dinding roaster, misalnya untuk memberi batas antara ruang public dan semi private.

Dinding pembatas jenis roater ini terbuat dari bahan batu lava berlapis mortir yang disusun dengan cara yang unik dan lebih playful. Tujuannya adalah agar terlihat lebih dinamis, ramah dan tidak terlalu menghalangi pemandangan ke area lainnya.

Warna dan pencahayaan

Tropis Kontemporer

Sumber Gambar : rumah.com

Dua hal penting dalam membuat desain tropis kontemporer selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan pencahayaan, bayangan dan juga warna. Hal ini tidak hanya bertujuan untuk memperkuat karakter dari suatu ruangan tetapi pencahayaan juga memberikan kesan berbeda terhadap makanan yang akan kamu sajikan nanti.

Pencahayaan serta warna yang tepat akan membuat pengunjung lebih bergairan dalam menyantap makanan yang kamu sajikan.

Jadi, kamu harus bisa menghadirkan cahaya-cahaya serta bayangan yang lebih playful untuk ruangan tersebut. Cahaya ini bisa dari cahaya alami matahari atau dengan tambahan lampu dengan cahaya yang hangat.

Sementara untuk pemilihan warna, baik untuk warna furnitur, dinding, dekorasi dan lain sebagainya mungkin kamu bisa mempertimbangkan warna dengan earth tone yang natural.

Hal ini akan membuat karakter tropis kontemporer yang kamu usung menjadi lebih kental lagi. Earth tone merupakan ide desain dengan memanfaatkan warna-warna yang natural dan lembut pada seluruh bagian ruangan. Adapun contoh warna-warna tersebut adalah warna kayu, abu-abu dan warna hitam.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa jenis tanaman indoor untuk membuat tampilan kafe mu menjadi lebih alami dan dekat dengan unsur suasana pantai di Bali.

Atap

Tropis Kontemporer

Sumber Gambar : aristag.com

Apakah atap juga termasuk ke dalam bagian desain interior yang juga perlu kamu pikirkan? Ya tentu saja, apalagi jika kamu mengusung tema tropis kontemporer dengan ukuran bangunan yang tidak terlalu besar.

Nah, salah satu jenis atap yang bisa kamu gunakan untuk desain interior adalah Pitch Ceiling atau atap plana. Jenis atap ini akan membuat ruangan menjadi lebih lapang dan lega. Kamu bisa menambahkan bar counter tepat di bawah atap tersebut.

Bagian atap juga bisa dihiasi dengan balok-balok kerangka dari kayu untuk menciptakan langit-langit yang lebih dinamis alih-alih hanya menampilkan warna putih yang monoton dan kusam.

By : Levina Athalia Purnama
Prodi Desain Interior Univerisitas Kristen Petra Surabaya
Related posts
Arsitektur & Interior

Tips Elemen Dekorasi Interior Pada Toko Elektronik

Arsitektur & Interior

4 Inspirasi Karakter Pada Ruang Komersial Konsep Industrial Yang Bisa Kamu Coba!

Arsitektur & Interior

Pengaruh Desain Pada Nona Manis Dimsum Club & Nyonya Manis Drinking Club Malang Pada Psikologi Pengunjung

Arsitektur & Interior

Yuk, Intip Green House Coworking Dengan Konsep Green Design!

Leave a Reply

Your email address will not be published.