Creativepreneur and Career

Ide Usaha Kerajinan Tangan Minim Modal Untung Besar

ide usaha kerajinan tangan

Apa kamu suka bikin karya sebagai hobi dan sedang kepikiran buat mendapatkan uang dari hobimu? Nah, kamu perlu tahu ada banyak ide usaha kerajinan tangan yang bisa kamu coba. Misalnya aja, kamu senang membuat karya kerajinan seperti kalung manik-manik atau tas flanel.

Soalnya, barang-barang kerajinan tangan selalu banyak diminati, loh, bahkan ada permintaan besar untuk items tersebut. Udah gitu sekarang semakin mudah aja bikin toko online buat jualan, makanya ini harus kamu manfaatkan, bisa buat bisnis rumahan juga. 

Berikut ide produk kerajinan tangan buat dijadikan usaha bisnis:

  1. Produk Kecantikan

ide usaha kerajinan tangan

Sumber Gambar : zyro.com

Produk kecantikan alami merupakan yang paling diminati dalam industri ini. Jadi, produk yang potensial itu seperti buatan tangan atau menggunakan bahan alami. Contohnya, bom mandi, sabun batangan, serta lulur, bisa juga dijual sebagai paket hadiah.

2. Pakaian

Baju dan pakaian

Sumber Gambar : zyro.com

Fashion handmade atau buatan tangan semakin naik daun, karena orang-orang mulai sadar untuk menjaga kelestarian lingkungan. Kamu bisa bikin baju handmade yang dibuat sesuai dengan pesanan sehingga mengurangi risiko kerugian.

3. Perhiasan

Perhiasan

Sumber Gambar : zyro.com

Perhiasan selalu populer tapi juga bisa membuat konsumen bosan kalau modelnya gitu-gitu aja. Jadi, bikin perhiasan dengan gayamu sendiri yang nggak cuma unik, tapi juga pakai material yang bagus. Bisa juga berikan layanan kustomisasi biar orang lebih tertarik.

4. Keramik

Usaha kerajinan keramik

Sumber Gambar : zyro.com

Kalau yang ini ide usaha kerajinan tangan yang cocok buat kamu yang punya keterampilan bikin tembikar. Kenapa cuma buat hobi aja kalau bisa kamu jadikan sumber penghasilan? Bikin toko e-commerce kamu dan mulailah menjual karyamu.

5. Lilin

Usaha kerajinan lilin handmade

Sumber Gambar : zyro.com

Emang terasa cozy banget saat bisa duduk di sofa dengan santai, ditemani lilin-lilin yang menyala ditempatkan di atas meja. Makanya, lilin bisa menjadi produk yang cocok buat pemula bisnis e-commerce karena biaya produksinya juga murah. 

6. Kue dan Dessert

Cupcake bentuk lego

Sumber Gambar : zyro.com

Kalau ide usaha yang ini tentunya udah familiar. Cocok buat kamu yang hobi membuat kue maupun camilan lainnya, dan udah terbukti banyak orang menyukainya, seperti teman-teman dan keluarga. Sekarang, mulailah menjadikannya produk buat kamu jual biar menguntungkan.

7. Karya Seni

Usaha kerajinan seni lukis

Sumber Gambar : zyro.com

Perkembangan teknologi berperan besar bagi para seniman. Kamu yang hobi membuat karya seni, seperti lukisan, komik, atau apapun, sekarang bisa menjualnya secara online yang mana lebih mudah prosesnya. Jadi, bisa dibikin komersial dan nggak cuma sekadar hobi.

8. Aksesori Hewan Peliharaan

Seekor anjing memakai kacamata

Sumber Gambar : zyro.com

Banyak orang yang sangat menyukai hewan peliharaan dan rela menghabiskan uang banyak buat perawatannya. Seperti beli kostum anjing, aksesori kucing seperti kalung, mainan catnip, sampai tempat tidur buat hewan peliharaan. Nah, ini bisa kamu jadikan peluang usaha.

9. Dekorasi Rumah

Aneka dekorasi dinding

Sumber Gambar : zyro.com

Semua orang pasti memerlukan dekorasi buat menghias rumahnya. Nah, kamu bisa bikin barang-barang dekorasi yang bermanfaat sekaligus mudah membuatnya. Misalnya, sarung sofa, seprai, handuk lap untuk di wastafel, bahkan bingkai foto, dan masih banyak lagi.

10. Barang Rajutan

Usaha kerajinan rajut

Sumber Gambar : zyro.com

Barang-barang rajutan tangan selalu memberi kehangatan serta kesan yang berbeda. Makanya, barang tersebut cocok dijadikan hadiah untuk orang-orang tersayang. Misalnya, kamu bisa bikin syal, topi, sarung tangan, kaus kaki, serta jumper. Untuk aksesori juga bisa, seperti tatakan gelas, keranjang, permadani, hingga selimut.

Nah, itu tadi beragam ide usaha kerajinan tangan yang bisa kamu coba. Ide ini brilian, loh, untuk bikin usaha dari rumah. Jadi, hobi yang biasanya buat kesenangan aja bisa berubah jadi produktivitas yang sekaligus mendatangkan uang. Seru nggak, sih.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Membuat Portofolio Desain Interior yang Menarik

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis, Pahami Dulu Perbedaan Paten, Merek dan Hak Cipta

Creativepreneur and Career

6 Point Penentu Keberhasilan Bisnis Kuliner Yang Wajib Dioptimalkan!

Creativepreneur and Career

Manfaat Optimasi E-Commerce Buat Jangka Panjang Bisnis Online