GenK STORY

Ikan Kuah Kuning Sambal Dayak

Makanan pedas adalah salah satu ciri khas makanan Indonesia. Bahkan, nikmatnya sambal Indonesia banyak dibicarakan para pencinta makanan di dunia. Rasa pedas yang bercampur dengan nikmatnya rempah menjadi salah satu keunggulan makanan di Indonesia. Anda pun pasti menyukai sambal baik pencinta pedas maupun bukan, betul tidak?

(sumber: pexels.com)

Menurut blog kreativv ID, oleh GenKreativv pada tanggal 23 April 2019, rasa pedas yang harus disediakan memberikan daya tarik sendiri untuk setiap makanan. Banyak orang yang tidak bisa lepas dari sambal sebagai menu pelengkap di setiap hidangan.

Sambal sendiri memiliki berbagai varian yang pastinya memberikan rasa pedas yang berbeda-beda.

Untuk sambal khas Indonesia, keunikannya terletak pada bahannya yang lebih padat dan juga mengandung berbagai jenis rempah-rempah.

Jenis sambal di Indonesia sangat beragam, misalnya sambal asam, sambal lado, sambal bajak, sambal tempoyak, sambal kecap, sambal terasi, sambal manis, sambal manis, sambal petis, sambal udang, sambal jeruk, sambal korek, dan masih banyak lagi jenisnya. Bahkan, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki sambal khasnya masing-masing.

Makanan yang berbahan dasar cabai ini pun memiliki berbagai varian rasa dan bahan. Semuanya sesuai dengan selera Anda, sambal apa pun. Banyaknya cabai pun menjadi salah satu takaran seberapa pedas sambal yang Anda inginkan.

Seperti halnya di Kota Tarakan, cabai dayak menjadi salah satu cabai hutan Kalimantan Utara yg sifatnya organik Rasanya sangat pedas dan memiliki cita rasa yang luar biasa dan cita rasa yang sangat menggugah selera.

Sambal dayak juga punya banyak keunggulan, mempunyai 6 macam varian rasa kepiting, ebi, bandeng, tuna, ikan asin pepija, cumi.

Sambal dayak dapat digabungkan di semua menu makanan. Sesuai dengan selera dan masakan yang dibuat. Di sini saya akan membagikan sedikit resep dan menu makanan dengan sambal dayak. Sambal dayak sangat memberikan sensasi pedas yang mantap dan menggugah serta menambah nafsu makan, sampai ketagihan pedas dan kenikmatan sambalnya.

Kepulauan Tarakan yang kaya dengan hasil ikan laut dan rempah-rempah ini memang terkenal dengan masakan khas berupa rebusan yang berasal dari seafood, salah satunya yaitu ikan kuah kuning. Sesuai namanya, sajian ini berwarna kuning cenderung oranye yang berasal dari rempah kunyit.

Baca Juga :   Seni Psikedelik: Visualisasi Imajinasi Tanpa Batas

Sajian ikan yang dimasak dengan daun kemangi, bumbu, rempah serta perasan jeruk nipis ini rasanya sedap dan menyegarkan.

Jadi bagi Anda pencinta hidangan dari ikan tak ada salahnya Anda mencoba makanan enak di Tarakan dan sambal enak di Tarakan. Terus terang saya sendiri suka dengan cita rasa masakan ikan dari Tarakan yang menurut saya sangat mudah proses pembuatannya tetapi rasanya sangat menggugah selera.

Bahan- bahannya mudah banget untuk didapat. Selain itu dari harga yang saya perlukan untuk membuat menu ini adalah Rp28.000. Murah banget bukan?

– 2 ekor (600 gram) ikan barakuda, tongkol atau ganti dengan ikan lain
-2 batang serai, memarkan
– 2 cm lengkuas, iris tipis
– 2 sdt gula pasir
– 2 buah jeruk nipis
– Daun kemangi atau ganti dengan daun basil
– 1 liter air
– Garam secukupnya
– Minyak untuk menumis

Bumbu halus:

– 5 buah bawang merah
– 3 siung bawang putih
– 2-4 buah cabai merah besar
– 2 cm jahe
– 3 cm kunyit

Cara membuatnya:

1. Bersihkan ikan, potong sesuai selera. Lumuri dengan garam dan air jeruk nipis atau air asam. Diamkan selama 15 menit.
2. Cuci ikan dengan air dingin. Tiriskan.
3. Haluskan semua bahan bumbu halus dengan cobek atau blender.
4. Tumis bumbu halus hingga matang dan berbau harum.
5. Tambahkan irisan lengkuas dan serai. Teruskan tumis sebentar sampai serai agak layu.
6. Tambahkan 1 liter air masak sampai mendidih.
7. Kecilkan api ke posisi sedang, masukkan ikan, masak sampai ikan berubah warna dan matang.
8. Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Masukan daun kemangi.
9. Terakhir beri 2 sdm air jeruk nipis. Angkat.
10. Sajikan bersama dengan sambal dayak.

Rasakan pedas dan gurihnya ikan kuah kuning dan sambal dayak dan pastinya menggugah selera saat menikmatinya. Sambal dayak, pedasnya menginspirasi,” #KulinerKreativv.

Nama: Andhika Januardyh. Saya seorang pelajar yang juga memiliki kegemaran dalam memasak.

About author

Related posts
GenK STORY

Yuk kenalan Dengan Mahkluk Mitologi, Elf!

GenK STORY

Bukan Cuma Atlantis, Ini Dia Beberapa Kota Yang Tenggelam Dan Menggemparkan Dunia

GenK STORY

Ini Dia Deretan Hacker Paling Jago dan Terkenal di Seluruh Dunia!

GenK STORY

Ini Dia Cerita Marie Thomas, Dokter Wanita Pertama di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.