Seni Rupa & Desain

5 Ilustrator Indonesia Berbakat yang Menggunakan Teknik Digital

ilustrator indonesia

Apa hal pertama yang kamu rasakan saat melihat ilustrasi Ayang di akun Instagram @ayangcempaka? Untuk tema gambarnya, Ayang terinspirasi dari makhluk hidup dan kehidupan sehari-hari, seperti manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Palet warna pastel terang membuat ilustrasinya memunculkan mood ramai dan ceria. Gaya ilustrasi seperti ini cocok banget untuk kamu yang menyukai gambar-gambar lucu. Selain di Instagram, kamu juga bisa melihat karya ilustrasi Ayang di situs web http://www.ayangcempaka.com. 

Pada tahun 2018 kemarin, Ayang pernah bekerjasama dengan Transjakarta untuk membuat stiker bis. Desain stiker Transjakarta ini dibuat untuk menarik minat para turis, baik turis asing maupun domestik yang sedang mengunjungi Jakarta. Bukan hanya itu, kolaborasi ini juga bertujuan untuk memperkenalkan karya ilustrasi anak bangsa. Selain Transjakarta, Ayang juga pernah berkolaborasi dengan Lancome, Dior Beauty, Unilever, dan lain-lain. Wah, keren banget!

3. Adhimyr Rifky Rahman Putra

ilustrator indonesia

Sumber: instagram.com/rainbow_capsule

Adhimyr Rifky Rahman Putra adalah pemilik akun @rainbow_capsule yang merupakan seorang freelance ilustrator. Adhimyr merupakan mahasiswa di Politeknik Negeri Media Kreasi jurusan Desain Grafis angkatan 2014. Adhimyr ini ilustrator Indonesia yang gemar dengan kucing. Bahkan tidak jarang ia menggambar kucing sebagai karakternya loh. Ia juga membuka open commission bagi kamu yang tertarik dengan karya ilustrasinya. 

Karakter buatan Adhimyr yang lucu-lucu akan memanjakan mata kamu. Pemilihan palet warna pastel juga membangun mood yang ceria dan damai. Bila dilihat dari karya ilustrasinya di Instagram, terkadang ia membuat ilustrasi yang simpel, namun terkadang ia juga membuat gambar yang terkesan penuh dan ramai dengan warna tebal. Selain di Instagram, kamu juga bisa melihat karya ilustrasi Adhimyr di Behance. Oh iya, Adhimyr juga sempat membuat desain kaos buatannya untuk dijual loh. Nah, apakah Adhimyr masuk ke dalam salah satu daftar ilustrator kesukaanmu?

4. Frans Sitanggang

ilustrator indonesia

Sumber: instagram.com/duniafrans

Frans Sitanggang adalah seorang ilustrator Indonesia yang mungkin pernah kamu lihat karyanya. Frans merupakan lulusan tahun 2016 dari Politeknik Negeri Media Kreasi. Kamu bisa melihat karyanya melalui akun Instagram @duniafrans dan situs web http://www.kreavi.com/duniafrans. Keren-keren loh!

Hal yang pertama kali muncul di dalam benak ketika melihat karya ilustrasi Frans adalah petualangan. Bila kamu masuk ke akun Instagram Frans, kamu akan langsung melihat banyak karya ilustrasinya yang memiliki hutan atau pepohonan sebagai latar tempat. Ditambah dengan kostum yang digunakan oleh karakter utama yang akan membawa kamu seakan-akan ikut berpetualang bersama. Ciri khas dari karya ilustrasinya adalah bentuk karakter dan penggunaan palet warna tebal atau vivid colors. Mata kamu dijamin akan dimanjakan oleh suasana berpetualang yang dibangun olehnya.

Frans juga pernah mendesain beberapa cover buku. Pertama adalah buku berjudul “Lovers by Fate” oleh Tia Setiawati yang diterbitkan Nauli Media. Kedua adalah buku berjudul “Smart Wudi Edisi Mewarnai Hewan Laut” oleh Lisa Tiyan yang diterbitkan Wahyu Media. Lalu ketiga adalah buku berjudul “Belajar Sendiri Kosakata, Kanji, dan Tata Bahasa Jepang Level N5” oleh Dr. Rainhard Oliver H. W., M.Pd. yang diterbitkan Grasindo. Masih ada beberapa buku lainnya, yang desainnya digarap Frans! Mungkin kamu pernah lihat salah satunya?

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Daftar Aplikasi Ilustrasi Gratis Di Laptop, Cocok Buat Belajar!

Seni Rupa & Desain

Problematika Interpretasi Seni Rupa para Apresiator Muda

Seni Rupa & Desain

Cara Desain Poster di Canva untuk Bikin Konten Keren dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Tips Mendesain Karakter, Yuk Dicoba!