Film, Animasi & Video

Intip Industri Animasi Indonesia Beserta 3 Studio Besarnya

industri-animasi-indonesia

Di masa sekarang ini, Kementerian Perdagangan sedang mendorong produk industri animasi Indonesia untuk bisa menembus pasar ekspor. Hal serupa seperti apa yang diungkapkan Sutriono Edi, Staf Ahli Menteri Perdagangan bidang Pengamanan pada Sabtu (15/2/2020).

Ia mengungkapkan jika sebagai upaya berkontribusi terhadap neraca pembayaran Indonesia, Kementerian Perdagangan terus mengembangkan sektor-sektor yang potensial mendatangkan devisa. Salah satu sektor yang memiliki potensial adalah produk animasi, baik berupa jasa pembuatan ataupun hasil karya tayangan televisi dan aplikasi digital. Tak hanya itu, produk hasil intelectual property juga masuk sebagai produk yang memiliki potensial.

studio-animasi-indonesia-nusa-dan-rara

Animasi Indonesia, Nussa. (Sumber: Good News from Indonesia)

Dengan perkembangan animasi di Indonesia yang ada, pemerintah memandang perlu memberikan dukungan kepada pelaku jasa animasi untuk dapat berkembang dan berdaya saing di pasar global. Salah satu bentuk dukungan yang diberikan adalah dengan mempertemukan, para pelaku dari dalam negeri dengan pelaku animasi dari Korea Selatan pada kegiatan Indonesia-Korea Animation Industry Cooperation Forum, di Jakarta.

Walau belum banyak yang tahu, diam-diam industri animasi Indonesia ternyata telah diakui di dunia internasional dengan banyaknya kontribusi para animator Indonesia. Beberapa karya animasi terkenal di dunia seperti Lego Movies, Sonic, Rabbids Invation, the Advantures of Tintin dan lainnya melibatkan industri animasi Indonesia.

Animasi di Indonesia

Animasi adalah salah satu industri kreatif yang perkembangannya sangat menjanjikan baik dari segi budaya ataupun ekonomi. Dilansir dari data BPS dan Bekraf, pertumbuhan industri animasi lokal sudah ada sekitar 10%. Meskipun kontribusinya masih kecil industri animasi memiliki potensi yang sangat baik untuk ke depannya.

animasi-adit-sopo-jarwo

Animasi Indonesia Adit dan Sopo Jarwo. (Sumber: animasiindonesia)

Kini, sudah terdapat banyak studio animasi atau game lokal di Indonesia yang memiliki kapasitas tenaga kerja berkisar antara 100-300 orang. Beberapa studio ini sukses mengerjakan proyek sendiri, sedangkan studio-studio lainnya menyokong produksi film dari dalam dan luar negeri. Hal inilah yang membuat banyak anak muda mulai terjun ke dalam industri animasi ini.

Studio Animasi di Indonesia

Mungkin kamu belum begitu tahu banyak soal perkembangan animasi di Indonesia seperti apa. Walau begitu, sebenarnya sudah ada berbagai studio animasi dibuka untuk memenuhi permintaan animasi dari industri pengusung konten kreatif seperti film dan periklanan. Beberapa diantaranya, seperti:

1. Infinite Frameworks (IFW)

infinite-studio

Infinite Studio. (Sumber: Infinite Studio)

Rumah produksi animasi yang sudah berdiri sejak 1997 merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Rumah produksi atau studio yang berpusat di Batam memang sebetulnya merupakan bagian dari perusahaan yang berasal di Singapura. Walau demikian, para pekerja di bagian animasinya sendiri, mempekerjaan hampir 250 computer graphic yang mayoritasnya orang Indonesia.

Perihal rekam jejaknya, IFW sdah banyak menangani film animasi terkenal milik Disney dan Nikelodeon, misalnya Happy Feet, visual animasi dari Harry Potter and the Goblet of Fire dan dokumenter animasi BBC Walking With the Dinosaur.

2.Enspire Studio

studio-animasi-indonesia-enspire-studio

Hasil karya Enspire Studio. (Sumber: Enspirestudio)

Didirikan oleh Andy Surya, yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam bidang CG di industri perfilman Hollywood, Enspire Studio terletak di Jakarta. Enspire Studio telah memiliki pengalaman yang mumpuni baik dalam cakupan lokal maupun internasional. Beberapa portofolio dari rumah produksi ini diantara lain Iron Man 1 dan 2, Rango, Transformers: Revenge of the Fallen dan Terminator: Salvation.

Tak hanya dari industri perfilman, Enspire juga memiliki klien yang menggunakan jasa pembuatan animasi mereka dari berbagai bidang, seperti MRT Jakarta, Garuda Indonesia hingga produk makanan atau minuman ringan.

3.The Little Giantz (TLG)

industri-animasi-indonesia-TLG

Hasil karya The Little Giantz, Nussa. (Sumber: The Little Giantz)

TLG adalah studio animasi Indonesia yang didirikan di Cilandak, Jakarta dan juga Malang  pada 2016 silam. Meskipun masih terbilang baru, namun tim yang ada di dalam perusahaan tersebut telah memiliki pengalaman selama lebih dari 15 tahun dalam pembuatan serial televisi hingga feature length film.

Studio industri animasi Indonesia ini juga telah banyak mengeluarkan karya yang bagus. Salah satu contoh karya TLG yang populer adalah web series untuk anak-anak Nussa yang telah memiliki lebih dari 5 juta subscriber di Youtube.

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

Setelah Pulang Kerja, Nonton 5 Serial Korea Ini Bisa Menghilangkan Stress Dan Lelah Kamu!

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Video Unboxing Super Mudah

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Konten dengan Green Screen Biar Hasilnya Makin Menarik

Film, Animasi & Video

7 Film Indonesia Terbaru tentang Keluarga yang Bikin Emosi Terkuras