Creativepreneur and Career

Internet of Things : Jenis-Jenis Industri Internet of Things yang Sering digunakan di Indonesia

Industri Internet of Things

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi membuat pertumbuhan internet di dunia digital mengalami kemajuan yang sangat pesat. Bagaimana tidak, saat ini kamu dimudahkan dengan adanya internet untuk melakukan aktivitas dengan mudah, misalnya belajar, hingga melakukan bekerja.  Salah satu dampak dari adanya kemajuan teknologi di bidang digital adalah IoT atau dikenal dengan Internet of Things. IoT adalah salah satu device dan sistem yang terhubung dengan internet di seluruh dunia sehingga kamu dapat dengan mudah saling terhubung satu sama lain meskipun tidak sedang berada di tempat yang sama. 

Free Person Holding Black Ipad Stock Photo

Sumber Gambar : pexels.com

Tidak hanya saling berhubungan dengan percakapan namun kamu juga dapat berbagi data atau device satu sama lain melalui IoT. Sehingga dengan kemajuan ini banyak industri atau perusahaan yang sangat antusias dengan adanya IoT untuk melancarkan pekerjaan atau semacamnya. Dengan demikian IoT memudahkan kamu untuk mengkomunikasikan data secara real time. Setidaknya ada 7 miliar device IoT yang terhubung, dan menurut para ahli pertumbuhan ini akan terus berlanjut seiring berjalannya waktu. 

Mengenal Industri Internet Of Things

Industri Internet of Things merupakan penerapan proses industri  yang berkaitan dengan instrumentasi sensor dan perangkat dalam bisnis perusahaan. Nah, lalu apa saja sih, Industri Internet of Things yang sudah berjalan dan sering digunakan di beberapa industri Indonesia? Agar kamu tidak bingung apa yang dimaksud dengan IoT secara langsung berikut adalah contoh Industri Internet of Things

Transportasi Logistik

Transportasi logistik sudah menggunakan sistem dengan instrumentasi sensor dan perangkat terutama dalam mengelola pendataan armada seperti mobil, truk, kapal, hingga kereta api yang membawa inventaris sehingga dapat dialihkan ketika ada perubahan kondisi cuaca, ketersediaan kendaraan dan pengemudi dengan menggunakan aplikasi berbasis IoT.

Manufaktur

Free Person Using Ipad Stock Photo

Sumber Gambar : pexels.com

Dengan memanfaatkan kemajuan dari adanya Internet of Things perusahaan manufaktur dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai peralatan yang diproduksi oleh perusahaan tertentu. Dengan adanya Internet of Things maka pekerja dapat memantau keakuratan peralatan dari produksi sehingga dapat diperbaiki.

Melalui aplikasi IoT maka perusahaan manufaktur dapat meningkatkan kualitas serta kinerja pekerjanya dalam memperbaiki peralatan yang mengalami kegagalan dalam proses uji coba.

Otomotif

Industri selanjutnya yang memanfaatkan kemajuan teknologi dan perkembangan internet dari IoT adalah industri otomotif. industri otomotif cukup diuntungkan dengan adanya penggunaan aplikasi IoT. Karena dapat membantu melakukan cross-check pada bagian produksi, serta kegagalan pada ujicoba peralatan yang telah diproduksi. 

Dengan demikian maka perusahaan otomotif dapat dengan sigap dan cepat melakukan perbaikan terhadap peralatan yang perlu diperbaiki berdasarkan analisis dari aplikasi IoT. Selain itu produsen dan pemasok juga bisa mempelajari lebih lanjut mengenai cara menjaga peralatan otomotif agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. 

Kesehatan

Free Woman Sitting Beside Table While Using Ipad Stock Photo

Sumber Gambar : pexels.com

Di Industri kesehatan aplikasi IoT juga sangat membantu untuk memberikan pelayanan kepada pasien mengenai ketersediaan kursi roda, dan peralatan kesehatan yang lainnya. Ketika peralatan rumah sakit misalnya seperti kursi roda yang dilengkapi dengan sensor IoT maka pekerja di industri kesehatan dapat dengan mudah untuk memantau dan melakukan cek melalui aplikasi IoT. 

Tidak hanya berguna untuk aset kesehatan berupa fisik peralatan saja namun aplikasi IoT di industri kesehatan juga sangat membantu dalam mengelola akuntansi keuangan untuk aset fisik pada setiap divisi departemen kesehatan.

Kesimpulan Industri Internet Of Things

Bagaimana menurutmu, cukup banyak bukan industri yang sudah terbantu dengan adanya Internet of Things. Ada banyak jenis device dan software yang mendukung IoT bekerja dengan baik dalam suatu industri. Kamu bisa melakukan riset lebih dalam untuk mengenali kebutuhan lebih dalam mengenai industri yang kamu miliki sehingga memudahkan pekerjaanmu.  

Itulah beberapa jenis Industri Internet of Things yang sering digunakan di Indonesia. Apakah kamu berniat menggunakannya juga?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil