Creativepreneur and Career

5 Tips menjadi Influencer Instagram Sukses di Tahun 2021

influencer Instagram sukses

Sudah bukan rahasia lagi kalau Instagram adalah platform media sosial yang sangat populer belakangan ini, meski digempur dengan platform-platform baru. Tapi nggak seperti beberapa tahun lalu, di mana Instagram hanya wadah untuk mem-posting foto-foto cantik dengan caption yang terdiri dari 3 kata dan bisa mendatangkan banyak view, like atau follower. Sekarang kamu butuh strategi berbeda untuk meningkatkan engagement audiens di Instagram dan menjadi influencer media sosial yang sukses. Berikut ini adalah cara menjadi influencer sukses di Instagram yang dijamin efektif untuk tahun 2021

Identifikasi Niche dan Konten Pilarmu

Sumber Gambar : googleusercontent

Semakin awal kamu memfokuskan niche, maka makin gampang menumbuhkan komunitas yang menyukai konten-kontenmu. Tapi kadang susah banget menemukan niche yang pas. Untuk itu, beberap pertanyaan berikut bisa kamu ajukan untuk mencari niche-mu:

  • Apa yang paling kamu sukai?
  • Apa yang paling kamu ketahui?
  • Gimana caranya bikin konten bagus tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun?

Nggak cuma niche, konten pilarmu juga wajib ditentukan kalau ingin sukses mendatangkan audiens. Caranya nggak terlalu rumit, kok. Misalnya untuk kamu yang merupakan travel blogger, kamu bisa menggunakan kiat liburan, lifestyle atau pun social media insight.

Atau bisa juga tips kesehatan, kewirausahaan dan intentional living sebagai konten pilarmu.

Video Pendek dan Postingan di Reels

Sumber Gambar : site.brid.tv

Kelahiran TikTok di industri media sosial menjadi alasan kenapa video berdurasi kurang dari 1 menit begitu populer. Ditambah lagi dengan Instagram Reels yang dikenalkan beberapa waktu lalu. So, jangan menunggu lebih lama lagi, segera kuasai skill membuat video pendek yang bagus.

Strategi lain yang bisa kamu praktekkan adalah secara konsisten memposting Reels. Keduanya bisa menghasilkan engagement di Instagram.

Baca Juga :   Kuatkan “Mind, Body, and Soul” Kamu Dengan Berjalan-jalan dan Berbelanja di Virtual World Creatifest 2021

Konsisten

influencer  Instagram sukses

Sumber Gambar : appadvice.com

Tahun-tahun sebelumnya mungkin nggak masalah kalau kamu cuma sekali-sekali saja posting di Instagram. Tapi ini adalah tahun 2021. Aturannya berbeda. Kalau ingin tetap diingat oleh para follower dan melihat pertumbuhan yang cepat di Instagram, konsistensi adalah kunci. Buatlah jadwal postingan dan ikuti. Jadi, audiens-mu tahu kapan bisa melihat konten terbarumu. Sementara untuk Instagram Stories, coba, deh bikin story setiap hari. Ya, kamu nggak salah baca, kok. Karena sekarang ini orang-orang lebih suka menonton story daripada harus menggulirkan layar di beranda Instagram mereka.

Bikin Caption yang Penuh Makna

Sumber Gambar : skedsocial

Menurut The State of Influencer Marketing tahun 2020, panjang rata-rata caption meningkat lebih dari dua kali lipat sejak 2016 lalu. Dan ini sebenarnya nggak mengejutkan sama sekali, karena sejak tahun 2020 pengguna Instagram berharap lebih daripada sekedar foto cantik dan caption singkat.

Karena dari caption kita memulai koneksi dan akhirnya membangun hubungan yang penuh makna dengan komunitas di Instagram.

Pelajari tentang Audiens-mu

influencer  Instagram sukses

Sumber Gambar : articlecity.com

Apakah kamu tahu banyak tentang audiensmu? Apakah kamu tahu brand apa yang mereka sukai, pekerjaan mereka, hobi, goal, berapa usianya dan masalah yang mereka hadapi? Untuk menjadi influencer yang sukses di Instagram, kamu harus banget tahu segalanya tentang follower-mu.

Optimalkan Bio dan Profil Instagram-mu

influencer  Instagram sukses

Sumber Gambar : oberlo.com

Kesalahan terbesar kebanyakan influencer medsos, khususnya Instagram, adalah nggak mengoptimalkan bio dan profil mereka. Padahal melalui bio dan profil kamu bisa mendapatkan lebih banyak lagi audiens dan bukan nggak mungkin calon mitra.

Gimana, guys, sudah siap untuk menjadi influencer Instagram sukses? Selamat Mencoba

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tertarik Investasi Obligasi? Coba Kenali Ciri-cirinya Dulu, Yuk!

Creativepreneur and Career

Total Hadiah Capai 55 Juta, Yuk Ikut Lomba Bisnis Dari Universitas Prasetiya Mulya, EURECA 2021!

Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tipe Content Marketing yang Wajib Diketahui Para Marketer

Creativepreneur and Career

Mengenal Marketing Mix dan Bagaimana Penerapannya dalam Strategi Pemasaran