Arsitektur & Interior

Ingin Interior Rumah Seperti Hotel? Yuk Gunakan Furnitur Anyaman!

Pexels.com/Charlotte May

Furnitur Anyaman adalah kesenian turun-menurun masyarakat Indonesia, dimana perajin menganyam kerajinan dengan cara menyilangkan sambil menindihkan bahan anyaman, sehingga menjadi suatu bentuk yang indah dan memiliki banyak fungsi.

Umumnya perajin menganyam menggunakan bilah atau lembaran yang berasal dari tumbuhan seperti ketak/ate, daun salak, rotan, eceng gondok, bambu dan masih banyak lagi. Furnitur anyaman pun sering dijadikan sebagai produk oleh-oleh khas daerah seperti, tas, tatakan gelas, keranjang, tempat tisu dan sebagainya.

Macam-Macam Produk Furnitur Anyaman

 

Seiring perkembangannya zaman, kerajinan pun turut mengikuti perkembangannya. Saat ini produk kerajinan tidak hanya dijadikan sebagai produk oleh-oleh, namun juga dijadikan sebagai produk interior untuk hunian hingga hotel.

Dapat kita intip dari ruang hotel, tampilan ruang akan terlihat bertambah indah dengan visual unik dari anyaman, tentu saja keunikan ini yang memberikan aksen estetika yang lebih pada ruang. Berikut terdapat 5 jenis furnitur utama dari anyaman yang dapat menambah estetika ruangmu agar terlihat bagaikan hotel:

1. Kursi

Sumber Gambar : Unsplash.com

Kursi adalah furnitur utama yang memiliki banyak pilihan jenis mulai dari material hingga jenis kebutuhan dan selalu ada di setiap ruang. Kursi anyaman dapat menjadi sebuah pilihan untuk diletakkan di dalam ruang tamu atau ruang keluarga. Desain kursi dengan corak anyaman cocok digunakan untuk ruang dengan konsep tropikal, bohemian, Japandi atau minimalis, dimana selain menambah kenyamanan juga menambah estetika ruang tersebut.

Jenis anyaman yang digunakan untuk kursi umumnya terbuat dari rotan atau bambu yang kuat menampung beban pengguna. Namun ada juga yang menggunakan material unik seperti anyaman eceng gondok ataupun anyaman ketak yang digunakan untuk menambah estetika sekaligus menjadikan kursi tersebut ramah lingkungan.

2. Kabinet

Sumber Gambar : Unsplash.com

Kabinet atau credenza merupakan furnitur multifungsi yang dapat diletakkan di berbagai ruang. Furnitur ini dapat diletakkan di ruang tamu, ruang keluarga, maupun ruang tidur.

Kabinet anyaman dapat menjadi pilihan untuk interior ruang dengan konsep minimalis, tropikal maupun bohemian. Kabinet dengan sentuhan anyaman akan menonjolkan kesan mewah, namun rapi dan nyaman pada interior ruang.

Ada berbagai macam anyaman yang dapat digunakan pada kabinet, contohnya yaitu kabinet dengan anyaman rotan yang berwarna netral dan sederhana dapat menjadi produk andalan untuk membuat ruang terlihat lebih indah dan tidak monoton.

Selain itu, terdapat kabinet dengan anyaman ketak yang berwarna coklat dan terlihat eksotik. Bergantung pada desain dan bahan, kabinet yang menggunakan anyaman dapat memberi kesan retro ataupun kesan modern tergantung pada jenis anyaman dan material yang digunakan.

3. Meja

Sumber Gambar : Pexels.com

Meja memiliki beragam jenis ataupun bentuk dan digunakan hampir di setiap jenis ruang. Meja yang terbuat dari anyaman, akan sangat cocok untuk diletakkan di ruang tamu, ruang makan atau bahkan ruang kerja, dimana nantinya ruang akan terlihat nyaman dan santai.

Cukup menyesuaikan warna dan jenis material anyaman, maka akan mengubah suasana ruang tersebut. Umumnya bahan anyaman yang digunakan untuk membuat meja yaitu rotan dan bambu, namun ada juga meja dengan anyaman dengan unik seperti menggunakan daun pandan atau Eceng gondok.

4. Lampu

Furnitur Anyaman

Sumber Gambar : unsplash.com

Lampu adalah furnitur utama, sekaligus pelengkap interior yang penting untuk ruangan. Selain itu Lampu memiliki peran sebagai pencahayaan ruang juga sebagai fokus objek estetika ruang, pemilihan warna cahaya dan material dapat menentukan style interior ruang tersebut.

Lampu memiliki berbagai macam bentuk dan jenis bahan, biasanya lampu anyaman digunakan untuk ruang tamu atau ruang makan, ini akan menambah estetika ruang agar terlihat mewah, namun tetap nyaman dan tidak berlebih.

Warna lampu yang digunakan dapat mempengaruhi suasana ruang dan juga mood pengguna ruang. Tipsnya yaitu menggunakan warna yang cocok sesuai dengan aktivitas pengguna ruang tersebut, seperti:

  • Natural white/ Lampu Putih. Lampu putih umumnya digunakan pada ruang dengan pengguna aktif beraktivitas padat seperti, dapur, ruang kerja, atau ruang belajar. Jenis lampu putih digunakan untuk memberi kesan luas dan cerah pada ruang.
  • Warm White/ Lampu kuning.lampu kuning biasanya digunakan untuk ruang dengan pengguna yang beraktivitas lebih santai seperti, ruang keluarga, ruang tamu, kamar mandi atau di dekat pintu masuk.
  • Lampu Kebiruan/ Cool day light. sebaliknya ruang dengan Lampu putih kebiruan umumnya ditujukkan untuk ruang dengan pengguna beraktivitas pasif seperti kamar tidur, ruang istirahat atau teras. Lampu putih kebiruan dapat memberi efek tenang, sehingga lebih cocok jika digunakan di ruang bersantai.

6. Hiasan Dinding

Furnitur Anyaman

Sumber Gambar : unsplash.com

Hiasan dinding merupakan dekorasi yang tidak boleh ketinggalan untuk interior ruang, terutama agar dinding ruang tidak terlihat kosong dan biasa. Beragam hiasan seperti cermin, lukisan, bingkai foto atau bahkan rak dinding, akan mempengaruhi aktivitas dan mood pengguna ruang.

Hiasan dinding yang terbuat dari anyaman, akan memberikan kesan unik pada dinding ruang. Tampilan tekstur unik anyaman, dengan sedikit penataan akan memberikan sentuhan pada dinding yang polos, sehingga akan merubah kesan keseluruhan ruang.

Hanya dengan menggunakan produk lokal pun, kita dapat menghias ruang bagaikan hotel kan? Tidak hanya anyaman memberikan tampilan interior rumah yang indah dan estetik. Namun juga dapat menjadi solusi untuk mendekorasi rumah dengan minim budget. Tentu saja dengan menggunakan produk kerajinan lokal, kita juga dapat mendukung perajin sekaligus mempopulerkan produk lokal. Oleh karena itu, Ayo Dukung Perajin lokal Indonesia!

Penulis: Vina Clarissa Tirtawijaya, Mahasiswi Jurusan Desain Interior, Universitas Kristen Petra
Related posts
Arsitektur & Interior

Tips Elemen Dekorasi Interior Pada Toko Elektronik

Arsitektur & Interior

4 Inspirasi Karakter Pada Ruang Komersial Konsep Industrial Yang Bisa Kamu Coba!

Arsitektur & Interior

Pengaruh Desain Pada Nona Manis Dimsum Club & Nyonya Manis Drinking Club Malang Pada Psikologi Pengunjung

Arsitektur & Interior

Yuk, Intip Green House Coworking Dengan Konsep Green Design!

Leave a Reply

Your email address will not be published.