Arsitektur & Interior

Ingin Menambahkan Unsur Art Dalam Interior Rumah Karena Bosan ? Ini Tipsnya

Siapa sih yang tidak suka melihat desain interior rumahnya keren, indah, dan tidak membosankan? Pastinya tidak ada kan, kebanyakan interior yang digunakan pada saat ini hanya memberikan kesan yang datar atau gitu-gitu saja. Selain fungsinya, interior harus memberikan daya tarik, kenyamanan serta estetika pada penggunanya.  Inilah beberapa unsur art dalam interior yang dapat kamu terapkan.

Canvas Painting

Sumber Gambar : Pinterest

Lukisan biasanya ditempatkan di tempat yang terlihat oleh banyak orang untuk menunjukkan keindahan dari lukisan tersebut. Oleh karena itu, biasanya lukisan dijadikan sebagai focal point di beberapa ruangan agar terlihat dengan jelas.

Lukisan yang digunakan pun biasanya beragam tergantung dari kepribadian sang pengguna.  Karya Jackson Pollock dan Mark Rothko merupakan salah satu karya terkenal yang biasanya digunakan oleh banyak pengguna.

Sculptures

Sumber Gambar : Pinterest

Tidak sedikit orang yang menyukai seni patung untuk dijadikan dekorasi interior didalam rumah. Biasanya seni patung / sculpture ini biasanya diletakkan di area yang cukup luas dikarenakan seni patung sendiri yang biasanya berukuran besar.

Tidak sering seni patung dijadikan sebagai wall panel, tidak hanya patung yang berdiri sendiri. Seni patung tidak hanya mesti terbuat dari material batu, melainkan sekarang sering sekali orang-orang menggunakan bahan seperti besi atau metal.

Art lamp atau Seni lampu

Sumber Gambar : Pinterest

Lampu atau pencahayaan merupakan salah satu unsur atau factor penambah kesan art didalam suatu interior rumah. Selain itu, lampu juga dapat memberikan dampak yang lebih pada suatu art sehingga art tersebut bisa terkesan lebih hidup dan mewah.

Lampu yang biasanya digunakan adalah lampu jenis chandelier, lampu spotlight, LED strip, dan lampu downlight.

Untuk warnaya sendiri biasanya juga beragam tergantung dengan kebutuhan dan suasana yang ingin diciptakan. Biasanya untuk warna yang umum digunakan adalah warm white dan yellow warm.

Warna dan Tekstur Ruang

Sumber Gambar : Pinterest

Art tidak hanya membahas soal penambahan dekorasi pada ruangan melainkan juga karakteristik serta atsmosphere ruangan tersebut. Warna dan tekstur merupakan factor yang besar dalam mempengaruhi feel suatu ruangan. Sedikit sekali dari beberapa orang yang susah sekali menentukan warna yang compatible dan cocok dalam suatu ruangan.

Unsur Art dalam interior

Sumber Gambar : Pinterest

Psikologis seseorang dapat dipengaruhi oleh warna, seperti warna kuning yang diletakkan dibeberapa spot area sehingga dapat menimbulkan kreativitas dari seseorang serta memberikan semangat kepada orang tersebut. Contoh lagi seperti warna hijau atau putih yang sering sekali dipakai di rumah sakit untuk memberikan ketenangan serta mindset untuk sembuh kepada orang yang sakit.

Antique Objects atau Collections

Unsur Art dalam interior

Sumber Gambar : Pinterest

Jarang sekali dari kita yang memakai barang antique sebagai dekorasi rumah dikarenakan banyak yang beranggapan bahwa barang antique merupakan barang yang sudah lama atau kuno. Ada juga banyak yang beranggapan bahwa barang antique memiliki harga yang cukup mahal untuk dijadikan sebagai koleksi atau dekorasi rumah.

Unsur Art dalam interior

Sumber Gambar : Pinterest

Itu semua tidaklah salah, melainkan barang antique memiliki cirikhas serta daya tarik senidiri bagi pengguna. Biasanya barang antique ini tergolong sebagai salah satu hobi seseorang seperti musical instrument, jam tangan, mainan, bir, buku dan masih banyak lagi.

Dekorasi Lain

Unsur Art dalam interior

Sumber Gambar : Pinterest

Banyak hal-hal kecil yang dapat menambah unsur art serta keindahan dalam interior rumah kita, seperti jam dinding, karpet, cermin dan dekorasi meja yang berukuran kecil yang dapat menambah unsur art dalam ruangan.

Unsur Art dalam interior

Sumber Gambar : Pinterest

Banyak dari kita yang pasti masih kurang memahami apa esesnsi atau manfaat unsur art dalam interior dan masih banyak lagi hal mengenai seni didalam interior yang harus digali dan dipahami lebih lagi.

Tetapi saya percaya bahwa setiap orang pasti memiliki cirikhas tersendiri dalam ketertarikan terhadap seni. Oleh karena itu, coba renungkan dan rasakan apa yang cocok dan sesuai untuk anda. Seni itu bisa berasal dari siapa saja dan bisa didapatkan kapan saja.

Jadi tunggu apa lagi, Asahlah kreativitas dan terapkan unsur art di interior rumahmu sekarang juga! Semoga artikel ini dapat membantu bagi semua orang yang mendambakan interior rumah yang memiliki unsur art didalamnya.

Teks oleh : Hansen Lianto (Mahasiswa Jurusan Desain Interior, Universitas Krsiten Petra)
About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Makin Betah di Kamar dengan Dekorasi Bernilai Personal

Arsitektur & Interior

Desain Interior untuk Gaya Hidup Sehat dengan Desain Biofilik

Arsitektur & Interior

Cara Memikat Minat Pengunjung Untuk Balik Ke Workshop Gallery Anda

Arsitektur & Interior

Pemanfaatan Furniture Bekas Dan Sampah Plastik Untuk Produk Interior