Creativepreneur and Career

Ingin Produktif dan Sukses Secara Finansial? Simak Tipsnya Dari Warren Buffett

Warren Buffett, semua dari kia tahu banget kalau dia adalah sosok dengan kemampuan mengatur waktu jauh lebih baik daripada 99,99% manusia di seluruh planet Bumi. Dengan aset bersih lebih dari $84 miliar, dia tahu apa yang harus diprioritaskan, tetap fokus dan memaksimalkan produktivitas untuk pencapaian terbaik, dalam tujuan bisnis atau pun kehidupan pribadi. Selain dikenal sebagai orang terkaya di dunia, Warren Buffett juga merupakan individu yang sangat bijaksana dan inspiratif. Jadi, ada banyak banget hal yang bisa kita pelajari darinya, terlepas dari apakah kamu adalah pelajar, penulis atau pun pengusaha.

Berikut ini pelajaran dari Warren Buffett tentang cara agar produktif yang dijamin bakalan mengubah hidupmu:

Sesuaikan Ambisi dengan Tindakan

Sumber Gambar : meredithcorp.io

“Predicting rain doesn’t count. Building arks does.” – Warren Buffett

Yang terpenting adalah mulai beraksi secara nyata untuk mencapai tujuan dan lakukan dengan konsisten. Dengan begitu kamu akan mendapatkan hasil seperti yang diinginkan. Mustahil kamu bisa berhasil kalau kamu hanya mengumbar omongan tentang kesuksesan, tapi nyatanya kamu sama sekali nggak melakukan apa pun, cuma nonton Netflix selama 5 jam setiap hari dan menghabiskan waktu di Instagram.

Bijak dalam Memilih Teman dan Rekan

Sumber Gambar : ctfassets.net

“It’s better to hang out with people better than you. Pick out associates whose behaviour is better than yours and you’ll drift in that direction.” – Warren Buffett

Cara terbaik untuk menjadi produktif dan mendapatkan hasil yang kamu inginkan adalah dengan meningkatkan kualitas lingkungan. Sebagai makhluk sosial mustahil kita hidup dan berjalan menuju sukses sendirian. Dan karena kita menyerap energi, informasi dan pengalaman dari orang-orang di dekat kita, maka pilah dan pilih siapa orang yang wajib ada di sekitarmu.

Kompleksitas adalah Musuh, Kesederhanaan adalah Teman

Sumber Gambar : library.co.uk

“There seems to be some perverse human characteristic that likes to make easy things difficult.” – Warren Buffett

Well, yang dikatakan Warren emang nggak salah. Manusia emang cenderung membuat hal yang sebenarnya sederhana jadi lebih rumit. Banyak dari kita yang ngotot melakukan banyak hal dalamsekali waktu. Dan bukannya sukses, kita malah makin stres. Fokuslah pada beberapa hal yang bisa menghasilkan keuntungan daripada mencoba menyelesaikan 54 hal sekaligus.

Baca Juga :   Memahami Pengertian Joint Venture Beserta Contohnya

Pelajari Kapan Harus Mengubah Strategi

Sumber Gambar : autonomous.ai

“Should you find yourself in a chronically leaking boat, energy devoted to changing vessels is likely to be more productive than energy devoted to patching leaks.” – Warren Buffett

Entah itu dalam urusan hubungan asmara, perusahaan tempatmu bekerja atau pun bisnis yang kamu jalani sendoro, ketahuilah kapan harus mengubah arah ketika semua strategi yang kamu pilih nggak berhasil. Atau kamu hanya akan menghabiskan waktu dan energi yang berharga secara sia-sia untu melakukan sesuatu yang nggak mungkin pernah berhasil. Kuncinya tekun dan nggak menyerah.

Belajar dari Para Mentor

Warren Buffett

Sumber Gambar : hbs.edu

“The best thing I did was to choose the right heroes.” – Warren Buffett

Dengan memilih mentor yang tepat, kamu akan bisa melangkah lebih jauh dan mendapatkan ilmu serta perspektif baru yang biasanya butuh waktu bertahun-tahun untuk kamu pelajari sendiri. Alih-alih mencari tahu sendiri lewat pengalaman pribadi, rangkumlah beberapa buku atau konsultasi dengan mentormu. Ini lebih efektif dalam waktu dan tenaga.

Nikmati Prosesnya

Warren Buffett

Sumber Gambar : greatives.eu

“We enjoy the process far more than the proceeds.” – Warren Buffett

Kalau kamu terlalu terpaku pada hasil akhirnya dan nggak menyukai proses, maka bakalan sulit banget mengatasi tantangan serta rintangan yang menghadang. Selain itu mustahil kamu bisa bertahan di masa sulit. Sebaliknya, ketika kamu menikmati proses, maka kamu akan lebih mudah untuk tetap fokus, disiplin dan semangat, apa pun hasilnya nanti.

Hapus Semua Hal yang Nggak Penting

Warren Buffett

Sumber Gambar : businesstelegraph.co.uk

“You only have to do a vew things right in your life so long as you don’t do too many things wrong.” – Warren Buffett

Alasan kenapa Warren Buffett sangat produktif dan bisa begitu sukses adalah karena dia menghilangkan hal-hal nggak penting. Dan itu dilakukan tanpa henti. Dia lebih memilih berkata tidak untuk banyak proyek dan peluang, demi mempertahankan proyek terpentingnya. Pilih mana yang paling prioritas dan fokuslah untuk mencapai hasil terbaik.

Nah, itulah 7 pelajaran penting dari seorang Warren Buffett agar kamu bisa lebih produktif, guys.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tipe Content Marketing yang Wajib Diketahui Para Marketer

Creativepreneur and Career

Mengenal Marketing Mix dan Bagaimana Penerapannya dalam Strategi Pemasaran

Creativepreneur and Career

Udah Ngerti Soal GNP dan GDP? Ini Dia Penjelasannya

Creativepreneur and Career

Yuk Mengenal Lebih Dalam Tentang, Apa Itu Reciprocity Marketing?