Creativepreneur and Career

Ini Cara Mempromosikan Diri di Jobstreet

Sebagai fresh graduate dan job seeker, kamu pastinya nggak asing kan dengan platform Jobstreet. Jobstreet memang termasuk ke dalam situs pencarian kerja terbesar di dunia. Portal asal Malaysia ini sudah jadi sarana bagi ribuan pencari kerja di berbagai negara Asia yang ingin menemukan dream job mereka. Yang bikin Jobstreet begitu disukai adalah karena proses pendaftaran yang gampang banget. Buat kamu yang ingin cepat dapat pekerjaan impian secepat mungkin, simak deh cara mempromosikan diri di Jobstreet berikut ini.

Perhatikan Bahasa Penulisan Resume yang Tepat

Sumber Gambar : idntimes.com

Dengan menggunakan Jobstreet, kamu nggak perlu keliling dari satu kantor ke kantor lain dengan membawa CV. Bahkan, akan ada banyak banget perusahaan yang sedang membuka lowongan dan berpotensi melirik CV-mu. Nah, di sini kamu harus pastikan kalau CV yang dibuat berhasil menggaet perhatian mereka. Salah satu cara mempromosikan diri di Jobstreet adalah dengan memperhatikan bahasa yang kamu pakai. 

Pastikan bahwa bahasa yang kamu pakai pada profil Jobstreetmu sudah menggunakan kaidah kebahasaan yang benar. Misalnya, kamu harus lebih memperhatikan penempatan tanda baca dan pakai bahasa formal. Biarpun kelihatan sepele, ternyata dari situlah pihak perusahaan dapat gambaran profesionalitasmu. Kalau mau pakai bahasa Inggris, sah-sah saja. Tapi, pastikan penggunaan kosakata bahasa asing dan tata bahasa yang dipakai sudah benar, ya.

Tunjukkan Kemampuanmu Sesuai dengan Pekerjaan yang Kamu Inginkan

cara mempromosikan diri di Jobstreet

Sumber Gambar : youth.gov.hk

Daripada cuma menunggu dinotice oleh pihak perusahaan, ada kalanya kamu harus proaktif dalam mempromosikan diri. Tapi, jangan sampai lupa buat mempraktekkan cara mempromosikan diri di Jobstreet ini, ya. Cara tersebut adalah memastikan kalau posisi yang dilamar sudah sesuai dengan keahlianmu. 

Yup, salah satu kesalahan besar yang sering dilakukan saat melamar pekerjaan lewat Jobstreet adalah, kamu asal saja dalam memasukkan lamaaran. Padahal kualifikasi yang diminta ternyata nggak terpenuhi. Skill yang kamu punya ternyata juga nggak cocok dengan posisi yang dilamar.

Baca Juga :   Cara Membuat Instagram Shop yang Perlu Diketahui Pemula

Perusahaan pastinya cari calon pekerja yang punya kompetensi di bidang yang dicari. Kalau kamu punya kompetensi yang diminta, kamu bisa lampirkan dokumen-dokumen pendukung, seperti piagam dan sertifikat buat meyakinkan pihak perusahaan kalau kamu benar-benar punya kemampuan yang dibutuhkan.

  1. Hindari Penggunaan Kata-kata Klise

cara mempromosikan diri di Jobstreet

Sumber Gambar : incimages.com

Penggunaan kata-kata seperti “berharap Anda menerima lamaran kerja saya”, “saya akan bekerja keras”, dan lain sebagainya memang umum banget dipakai. Dan, justru kata-kata seperti itulah yang harus kamu hindari. Kata-kata klise ini sudah pasti ada di ratusan dan ribuan lamaran pekerjaan yang dikirim ke perusahaan. Saking seringnya, bahkan pihak HRD sudah kebal banget. 

Cara mempromosikan diri di Jobstreet adalah, kamu harus memastikan bahwa lamaran kerjamu ditulis dengan menonjolkan sisi unik dan kreatif. Di sisi lain, pemilihan kalimat juga harus membuat lamaran yang kamu tulis berkesan. Coba deh pakai kata-kata yang mempromosikan kemampuan dan kompetensimu. 

2. Pakai Kata-kata yang Lugas

cara mempromosikan diri di Jobstreet

Sumber Gambar : incimages.com

Supaya profilmu kelihatan lebih appealing, kamu harus lebih seksama dalam memilih kata. Hindari merangkai kata yang berbelit-belit. Akan lebih bagus lagi kalau kamu pakai kata-kata yang singkat tapi lugas.

Pasalnya, Jobstreet memang cuma menyediakan jatah maksimal 300 kata buat penulisan profilmu. Kamu memang nggak butuh space yang terlalu banyak. Soalnya, perusahaan pastinya nggak punya waktu yang cukup buat baca profil yang panjang dan berbelit-belit. 

Dengan mempraktekkan cara mempromosikan diri di Jobstreet di atas, kamu pastinya bisa segera berjodoh dengan pekerjaan impianmu. Jangan lupa untuk mengupdate CVmu secara rutin, ya.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Simak Trik Pemasaran Kpop Buat Branding Bisnis Kamu

Creativepreneur and Career

Potensi Bisnis Maggot (Belatung) Bikin Kamu Dapetin Untung Besar

Creativepreneur and Career

Cara Daur Ulang Konten Biar Blog Kamu Kebanjiran Pengunjung

Creativepreneur and Career

Cara Menganalisa Peluang Usaha Buat Pebisnis Pemula