Game & Teknologi

Ini Cara Mudah Mengatasi Baterai HP Yang Cepat Habis

Di zaman canggih dan milineal ini handphon sudah termasuk kebutuhan wajib yang harus dimiliki. Hampir setiap waktu, orang orang sudah membuka hp baik untuk mencari informasi, menghubungi seseorang ataupun bekerja melalui gadget. Namun ditengah kecanggihannya, baterai handphone masih menjadi masalah setiap orang. Penyebabnya karena handphone yang digunakan dalam waktu lama akan mengalami panas sehingga baterai bisa cepat habis. Bahkan beberapa mengeluh baterai akan berkurang saat tidak digunakan sekalipun. Ada banyak faktor yang mendasari masalah itu dan mengingat baterai merupakan komponen penting untuk “hidup” sebuah HP, berikut sejumlah tips atau cara ampuh mudah untuk mengatasi baterai HP yang cepat habis.

  1. Atur Kecerahan Layar dan Refresh Rate

Sumber Gambar : IDN Times

Layar merupakan komponen handphone yang paling penting. Panel layar semakin berkembang dengan teknologi yang lebih cerah dan kedalaman warna lebih beragam, sekaligus menjadi salah satu alasan mengapa penggunaan baterai cepat habis. Jika kamu memeriksa penggunaan baterai maka layar akan menduduki posisi pertama dalam menggunakan baterai lebih banyak.

Namun ada cara yang bisa membantu kamu untuk mengatasi layar tersebut. Kamu hanya perlu mengatur tingkat kecerahan atau kamu juga bisa mengaktifkan ‘adaptive brightness’ yang mengatur kecerahan layar secara otomatis. Kamu juga bisa mengatur refresh rate menjadi paling rendah dan jangan menggunakan live wallpaper.

  1. Matikan GPS dan Bluetooth jika tidak digunakan

Sumber Gambar : pasti.baktikominfo.id

Terkadang kamu pasti tidak merasa mengaktifkan GPS namun pada layar handphone kamu GPS sudah aktif. Hal ini bisa terjadi saat aplikasi  yang kamu buka membutuhkan akses untuk lokasi. Jika berhubungan dengan daya, untuk fitur ini cukup bisa menguras penggunaan daya baterai hp kamu. Oleh karena itu kamu bisa menonaktifkan kedua fitur ini jika sedang tidak digunakan. Untuk GPS dan Bluetooth terkadang akan mempengaruhi penggunaan handphone. Disarankan menggunakan aplikasi ini saat dibutuhkan saja.

  1. Update Sistem Operasi

Sumber Gambar : techadvisor.com

Pasalnya, ada info yang mengatakan jika semakin baru versi sistem operasi maka semakin bagus pula fitur yang akan digunakan. Sejauh ini versi Android yang semakin baru menjanjikan kinerja yang lebih optimal dan akan menghemat daya. Jika kamu sudah mendapatkan notifikasi untuk mengupdate handphone, jangan ragu untuk melakukannya ya.  Kamu juga bisa cek melalui pengaturan pada bagian menu about phone atau system phone apakah ada pemberitahuan untuk update. Kamu bisa menggunakan update aplikasi menggunakan jaringan wifi ya agar kuota kamu tidak boros.

  1. Jangan Unduh dan Instal Aplikasi Terlalu Banyak

baterai HP yang cepat habis

Sumber Gambar : Times Higher Education

Jika kamu menginstal banyak aplikasi maka baterai daya handphone akan semakin cepat habis. Bahkan daya baterai akan berkurang sekalipun aplikasi tersebut tidak digunakan. Mengapa hal ini terjadi? Karena aplikasi tersebut berjalan dilatar belakang  menggunakan koneksi, meminta lokasi, mengirim notifikasi dan banyak lagi. Salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan tidak mengunduh banyak aplikasi, mematikan proses latar belakang yang berjalan dari aplikasi tertentu dan menutup aplikasi jika sudah tidak digunakan dan kamu juga bisa menonaktifkan notifikasi aplikasi tersebut.

  1. Hindari Wilayah Yang Susah Sinyal

baterai HP yang cepat habis

Sumber Gambar : IDN Times

Untuk info terkait wilayah mungkin tidak banyak orang mengetahuinya. Namun tahukah kamu jika sinyal yang jelek bisa membuat handphone kamu terasa panas saat tidak kamu gunakan dan baterai akan berkurang. Hal ini terjadi karena hp akan mengeluarkan tenaga ekstra untuk menjaga koneksi agar tetap stabil. Jika kamu sedang berada diarea susah sinyal ada baiknya kamu mengaktifkan mode pesawat.

  1. Ganti Baterai atau HP

baterai HP yang cepat habis

Sumber Gambar : Blogspot.com

Salah satu penyebab baterai cepat habis terkadang bisa dikarenakan baterai sudah termakan usia dan bawaan dari pabriknya sendiri. Untuk kendala ini solusi yang paling baik adalah harus menggantu baterai HP kamu. Namun saat penggantian baterai kamu harus memastikan bahwa batera tersebut original.

Baca Juga :   Fleets: Fitur Baru dari Twitter, Mirip Instagram Story

Demikianlah sedikit cara untuk membantu kamu dalam mengatasi baterai HP yang cepat habis. Selamat mencoba.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Pengen Merubah Foto Jadi Anime? Coba Aplikasi Ini!

Game & Teknologi

Punya Masalah Susah Tidur? Ini Dia Aplikasi Untuk Atasi Insomnia!

Game & Teknologi

Pakai Chipset Snapdragon, Ini dia 5 Smartphone Nokia Terbaik

Game & Teknologi

Rekomendasi Software Rekam Layar PC Terbaik Untuk Bantu Live streaming Kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.