Creativepreneur and Career

Ini Dia 6 Formula STEPPS untuk Membuat Konten Viral!

formula stepps untuk membuat konten viral

Hampir setiap hari kita nemuin konten viral di berbagai platform media sosial. Mungkin terlintas di kepalamu, kenapa video kucing yang lagi buang air, kambing pingsan atau bloopers di dunia olahraga bisa begitu terkenal. Hmm, sebenarnya gimana, sih, cara bikin konten viral? Apakah itu hanya karena faktor keberuntungan belaka atau apakah itu adalah sesuatu yang bisa kita semua buat? Nah, Jonah Berger, seorang profesor marketing dari University of Pennsylvania, yang juga merupakan expert-nya social influence, membocorkan formula rahasia tentang cara membuat konten viral lewat bukunya, Contagious: Why Things Catch On. Ia mengungkapkan, bahwa suatu konten bisa jadi viral hanya dengan memenuhi enam elemen, yang disebut STEPPS. Apa yang dimaksud dengan formula STEPPS? Berikut ini adalah penjelasan dari formula stepps untuk membuat konten viral!

S – Social Currency

Sumber Gambar : ecloud.co.uk

Elemen pertama yang kamu butuhkan untuk membuat konten viral adalah social currency. Ini berkaitan dengan tren yang terjadi di lingkungan pembaca. Kamu bisa menggunakan elemen ini untuk membuat konten berkualitas dan inovatif yang bisa menggerakkan audiens, atau bahkan jadi trendsetter di industri yang kamu jalani, Genks.

Coba pikirkan tentang siapakah audiens, lalu buatlah sesuatu yang berkualitas tinggi. Pastikan konten buatanmu layak untuk dibagikan oleh para audiens. Nggak perlu ragu mengumpulkan semua staf kantor atau mengajak teman-teman gengmu untuk ikutan saat ada tren dance yang viral.

T – Triggers

Sumber Gambar : amazonaws.com

Bisa berupa kata, frasa atau gambar yang bisa mengingatkan audiens pada produk atau merk kamu, guys. Nah, di sini rahasianya adalah branding yang kuat dan konsisten. Untuk mencapainya, kamu butuh partnership yang tepat saat membuat konten iklan.

Pastikan kontenmu punya triggers positif dan selaras dengan value-mu. Dengan begitu konten tersebut akan lebih mudah dibagikan dan jadi viral.

E – Emotion

Sumber Gambar : squarespace.com

Formula STEPPS untuk membuat konten viral selanjutnya adalah emotion. Orang-orang biasa membagikan hal-hal yang mereka pedulikan. Emosi kagum dan gembira mendorong audiens untuk nge-share konten. So, kamu harus sebisa mungkin menghindari tema apa pun yang menyedihkan atau punya unsur negatif.

Kata-kata seperti ‘biaya’ atau ‘kerusakan’, cenderung memicu emosi negatif. ‘Mudah’ atau ‘baru’ adalah beberapa contoh kata-kata pemicu emosi positif, guys.

P – Public

formula stepps untuk membuat konten viral

Sumber Gambar : ceriusexecutives.com

Kalimat ‘built to show, built to grow’ dalam bukunya, Berger ingin menggambarkan elemen ‘public’ dalam 6 STEPPS. Dibandingkan dengan konten yang bersifat promosi, konten berisi pengumuman, peristiwa terkini, acara atau berita publik lainnya jauh lebih baik, lho.

P – Practical Value

formula stepps untuk membuat konten viral

Sumber Gambar : credicard.com

Nggak cuma karena rasa kepo dan penasaran, orang juga ingin menjadi sosok yang berguna dengan memberikan informasi-informasi tertentu. Konten kamu harus mengandung practical value yang relevan dan penuh informasi. Pertimbangkan poin minat atau rasa sakit para audiensmu.

Lakukan riset untuk mengenal lebih dekat targetmu. Pertanyaan apa yang mereka miliki, informasi apa yang mereka cari. Misalnya, kalau tahu target audiensmu adalah lulusan baru yang ingin membeli mobil, tawarkan tips-tips merawat kendaraan atau jawab pertanyaan umum tentang pembelian kendaraan baru.

Konten yang bisa dibaca dan dibagikan berkali-kali adalah sumber daya yang tetap akan berharga selama bertahun-tahun yang akan datang.

S – Stories

formula stepps untuk membuat konten viral

Sumber Gambar : forbes.com

Bercerita adalah kunci dari keberhasilan strategi marketing yang hebat. Karena informasi bisa diserap dengan lebih baik ketika kita membalutnya dalam sebuah cerita. Yups, cerita memang benar-benar bisa mengubah emosi dan cara berpikir seseorang.

Carilah ide konten untuk branding yang menceritakan kisah tertentu. Tapi jangan lupa tetap jadikan audiensmu tokoh utama dalam ceritamu dan mereka nggak bakal berhenti menceritakannya.

Saat sebuah konten menjadi viral, itu lebih daripada sekedar beruntung saja. Pelajari dan terapkan 6 formula STEPPS untuk membuat konten viral seperti di atas dan kamu pun bisa menjadi tren.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

30+ Istilah Penting dalam Social Media Marketing untuk Diketahui Pebisnis

Creativepreneur and Career

Yuk Kenalan Sama Agio Dalam Dunia Investasi!

Creativepreneur and Career

Ini Dia 6 Teknik Content Marketing Paling Populer Tahun 2021

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis Properti, Perhatikan Dulu Beberapa Hal Ini!