Creativepreneur and Career

Ini Dia 6 Teknik Content Marketing Paling Populer Tahun 2021

Teknik Content Marketing

Ada satu kabar menggembirakan, nih, GenKs, tentang industri content marketing. Diperkirakan industri ini akan mengalami perkembangan lebih dari 16% pada akhir tahun 2021. So, kalau kamu adalah marketer, jangan sampai ketinggalan tren ini, ya. Nggak cuma marketing konvensional, teknik content marketing juga bisa kamu gunakan untuk mempromosikan sebuah brand, lho. Tapi manakah teknik pemasaran konten yang paling oke? Berikut ini 6 teknik content marketing terbaik untuk tahun 2021!

#1: Latihan Personalisasi

Sumber Gambar : marketo.com

Ini adalah strategi marketing yang memungkinkanmu mengirimkan konten yang relevan pada setiap audiensmu. Dengan latihan personalisasi, kamu bisa mendesain landing page yang bertarget, tombol CTA dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan teknik pemasaran konten ini, kamu harus menyegmentasikan target audiensmu dulu. Jika sudah tahu jenis audiens yang akan menikmati kontenmu, barulah kamu bisa menyesuaikan konten kamu dengan selera mereka.

#2: Bandingkan Strategimu dengan Konten Pesaing

Sumber Gambar : icons8.com

Perhatikan apa yang digunakan kompetitor dalam strategi pemasaran konten mereka. Dengan begitu kamu berkesempatan untuk membuat konten lebih baik dari milik pesaingmu. Selain itu, kamu juga jadi tahu beberapa info tentang kelebihan yang ditawarkan para rival. Kamu bisa belajar dari keberhasilan dan kegagalan mereka.

Buatlah daftar pesaingmu untuk melakukan teknik content marketing ini. Kalau ingin cara praktis, kamu bisa melakukan pencarian di Google dengan mengetikkan keyword utama dari topik atau niche-mu dan lihatlah situs apa yang muncul di urutan teratas mesin pencari dan telitilah satu per satu.

#3: Perhatikan Judulmu

Sumber Gambar : marketinginsidergroup.com

Coba, deh, perhatikan apakah headline kontenmu sudah eye-catching. Nggak peduli sebagus apa kontenmu, nggak bakalan ada yang meng-kliknya kalau judulnya terlihat kurang menarik. Jadi, setiap kali bikin konten, pastikan kamu memberi perhatian khusus pada headline. Judul merupakan faktor penentu utama dalam membangkitkan minat audiens untuk membaca, mendengarkan atau menonton kontenmu, GenKs.

#4: Masukkan Elemen Visual

Sumber Gambar : ustechfuture.org

Kehadiran elemen visual dalam sebuah konten bisa sangat menentukan apakah orang akan meng-klik-nya atau tidak. Nggak heran kalau menambahkan lebih banyak elemen visual dalam konten menjadi salah satu teknik content marketing terbaik.

Foto, infografis atau video bisa menyampaikan informasi berharga kepada target audiensmu dengan cara yang lebih menarik. Tapi tetap nggak boleh asal-asalan. Pastikan setiap elemen visual yang kamu sertakan itu benar-benar relevan dengan targetmu. Selain itu, perhatikan juga kualitas elemen visual yang akan kamu tambahkan. Hindari gambar yang nge-blur, pixelated atau konten visual yang jelek.

#5: Manfaatkan Kekuatan Influencer Marketing

Teknik Content Marketing

Sumber Gambar : jakpost.net

Sejauh ini, kita cuma membahas teknik content marketing yang berfokus pada proses pembuatan konten. Padahal ada satu rahasia yang nggak kalah efektif untu meningkatkan brand awareness, visibilitas dan penjualan, lho.

Jawabannya adalah influencer marketing. Pemasaran influencer adalah teknik yang bagus untuk memastikan bahwa kontenmu menjangkau target dengan cepat. Penting banget mengkhususkan waktu untuk menemukan influencer yang tepat di niche-mu.

Berkolaborasilah dengan influencer yang punya value yang sama dengan brand-mu. Jadi, promosinya nggak akan terlihat tipu-tipu.

#6: Fokuslah pada SEO Lokal

Teknik Content Marketing

Sumber Gambar : kenektdigital.nl

Rahasia terakhir dalam teknik content marketing terbaik tahun 2021 adalah SEO lokal. Apakah kamu sudah memanfaatkan SEO lokal? Kalau belum, sekaranglah saatnya. Pasalnya, sebanyak 46% dari semua hasil pencarian di Google adalah hal-hal yang berkaitan dengan informasi lokal, guys. Dan nggak kurang dari 69% pengguna mencari bisnis lokal setidaknya sekali dalam satu bulan, lho.

Nah, sudah tahu, kan, kenapa penting banget untuk menyesuaikan konten dan judulmu agar sinkron dengan pencarian internet lokal para audiens-mu?

Itulah 6 teknik content marketing yang perlu kamu aplikasikan dalam strategi pemasaranmu tahun 2021, GenKs.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Mau Keuntungan Meningkat? Ini Dia Cara Memaksimalkan Manajemen Bisnis Roti!

Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tips Brand Refresh, Strategi Segarkan Merk Anti Ribet

Creativepreneur and Career

Cara Membuat Brand Storytelling Super Mudah dengan 5 Panduan Ini

Creativepreneur and Career

5 Tips Membuat Portofolio Kreatif yang Sempurna dan Menarik Perhatian