Creativepreneur and Career

Ini Dia 7 Jenis Digital Marketing Paling Populer 2021!

Digital marketing, dalam 8 tahun terakhir, sudah jadi bagian paling penting dalam strategi pemasaran setiap perusahaan karena lebih menguntungkan ketimbang teknik pemasaran lainnya. Lewat strategi ini, kita bisa menyesuaikan pesan untuk menjangkau audiens tertentu. So, peluangmu untuk memasarkan langsung ke target yang spesifik jauh lebih besar, GenKs. Nah, dalam pemasaran digital, ada berbagai macam jurus yang bisa kamu praktekkan untuk menjangkau konsumen secara online. Berikut ini adalah 7 jenis digital marketing paling populer tahun 2021 yang harus kamu ketahui:

  1. Search Engine Optimization (SEO)

Sumber Gambar : slimbeleggen.com

Tujuan SEO adalah untuk membawa kontenmu di peringkat tinggi dalam hasil Google search, yang akhirnya akan meningkatkan traffic pada search engine ke situs website bisnismu. Nah, untuk itu kamu mendalami ilmu per-SEO-an. Cari tahu kata dan frasa apa yang paling sering digunakan konsumen untuk mencari suatu informasi secara online. Lalu sematkan istilah itu dalam kontenmu.

2. Pay-per-Click (PPC)

Sumber Gambar : martech.org

PPC mengacu pada iklan berbayar dan hasil dari search engine yang dipromosikan. Pay-per-Click adalah tipe digital marketing jangka pendek. Artinya, kalau iklannya sudah nggak ada lagi, kamu nggak perlu membayar. Nggak berbeda dengan SEO, PPC adalah cara yang cukup efektif untuk meningkatkan search traffic ke bisnis online-mu, lho.

3. Social Media Marketing

Sumber Gambar : advisorpedia.com

Kalau tipe digital marketing ini mencakup ke semua hal yang bisa kamu lakukan lewat media sosial. Well, meski hampir semua orang terikat dengan yang namanya medsos, tapi sebagai marketer kamu harus punya pendekatan yang terintegrasi dan strategis kalau mau menarik audiens. Ingat, tugasmu sebagai digital marketer lebih dari sekedar bikin-bikin konten, mempostingnya dan membalasi komen-komen netizen, lho, GenKs.

Agar strategi digital marketing dengan media sosial semakin optimal, kamu bukan cuma harus menguasai tool untuk mengotomatisasi serta menjadwalkan postingan media sosial saja, tapi juga dituntut pandai menganalisa kinerja postingan-mu. Dan berbekal data itu, kamu bisa merancang strategi untuk ke depannya.

4. Content Marketing

jenis digital marketing

Sumber Gambar : assettype.com

Untuk jenis pemasaran digital yang keempat, storytelling dan information sharing adalah hal penting yang bisa membantumu meningkatkan brand awareness. Adapun tujuan dari content marketing adalah agar audiens bisa mengambil tindakan. Misalnya meminta info lebih lanjut, mendaftarkan diri mereka, bahkan melakukan pembelian.

Di sini yang dimaksud ‘content’ adalah postingan blog, white papers atau e-book, video digital, podcast atau konten-konten lainnya.

5. Email Marketing

jenis digital marketing

Sumber Gambar : meetedgar.com

Email masih jadi salah satu teknik marketing yang paling efektif meski platform medsos, aplikasi mobile atau channel lainnya terus bermunculan. Lewat email, kamu bisa memberikan value kepada target, sehingga seiring waktu mereka yang sekarang ‘cuma’ audiens, nantinya akan jadi pelanggan.

Rahasianya, pastikan kamu tahu gimana cara bikin kampanye yang menarik, mengerti jangkauan audiens yang optimal dan jago menganalisa interaksi serta data pelanggan, lalu mengambil keputusan berdasarkan data yang ada.

6. Mobile Marketing

jenis digital marketing

Sumber Gambar : careeradvisor.asia

Jenis  pemasaran digital ini fokus untuk menjangkau target audiens lewat smartphone atau tablet mereka. Mobile marketing menjangkau orang-orang melalui pesan SMS, media sosial, situs web, email atau mobile app.

7. Marketing Analytic

jenis digital marketing

Sumber Gambar : sekawanmedia.co.id

Salah satu keuntungan dari digital marketing adalah kamu bisa melacak dan mengukur data-data tanpa ribet, guys. Kalau dulu para marketer hanya bisa melacak kupon dan penawaran surat langsung yang jika dipakai oleh pelanggan artinya pesanmu sudah berhasil.

Tapi sekarang dengan adanya analytic, kamu bisa melacak perilaku pengguna hingga titik yang paling rinci sekali pun. Misalnya, mereka sudah mengklik link berapa kali, berapa banyak waktu yang mereka habiskan di sebuah situs, sesering apa mereka membuka email dan hal-hal lainnya, guys.

Itulah 7 jenis digital marketing yang harus kamu kuasai kalau mau sukses berbisnis di era digital.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Mau Keuntungan Meningkat? Ini Dia Cara Memaksimalkan Manajemen Bisnis Roti!

Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tips Brand Refresh, Strategi Segarkan Merk Anti Ribet

Creativepreneur and Career

Cara Membuat Brand Storytelling Super Mudah dengan 5 Panduan Ini

Creativepreneur and Career

5 Tips Membuat Portofolio Kreatif yang Sempurna dan Menarik Perhatian