Game & Teknologi

Ini Dia 7 Kesalahan Dalam UX Design yang Harus Kamu Hindari

Apakah kamu pernah melihat tampilan dari sebuah aplikasi, dan malah dibuat kebingungan karena nggak tahu mana ikon yang harus diklik untuk masuk ke laman profilmu? Duh, pastinya kesel banget, ya, guys? Dan ternyata hal seperti ini sebenarnya termasuk kesalahan yang umum terjadi dalam dunia UX design. Padahal, sebagai seorang UX designer, kamu nggak boleh mengabaikan fungsionalitas aplikasi dan kenyamanan user. Nggak cuma visual saja, ada deretan faktor lainnya yang harus kamu perhatikan supaya hasil akhir desain sebuah produk atau aplikasi bisa nyaman untuk digunakan oleh user. Di bawah ini adalah  7 kesalahan umum yang harus dihindari dalam UX design kalau kamu ingin jadi UX designer profesional:

Mendesain untuk Dirimu Sendiri

Sumber Gambar : medium.com

Kesalahan pertama yang kerap dilakukan orang dalam UX design adalah merancang aplikasi dengan mengabaikan kenyamanan orang. Seringkali seorang desainer hanya berpatokan pada hal yang bikin diri mereka nyaman sehingga tidak melakukan riset terlebih dahulu terhadap target pengguna, kompetitor dan pasar.

Desain yang Nggak Responsif

Sumber Gambar : hacktiv8.com

Apa kunci pertama dari desain aplikasi, terutama aplikasi mobile, yang nyaman digunakan? Jawabannya adalah desain UX yang responsif. Tapi seringnya, hanya karena ingin menonjolkan transisi yang estetik, desainer justru melupakan sisi responsif dari sebuah aplikasi. Tanpa UX yang responsif, user pasti akan merasaan bahwa ada kerusakan pada aplikasi tersebut. So, bukan nggak mungkin sebagian besar dari mereka akan meninggalkan aplikasi itu dan beralik ke aplikasi lain.

Asal-Asalan Mendesain Tanpa Tahu Konten

Sumber Gambar : oktana.com

Biasanya, untuk membuat UX design nggak terlihat kosong melompong, kebanyakan desainer meletakkan Lorem Ipsum. Kesalahan fatalnya adalah, mereka bahkan nggak tahu sama sekali konten seperti apa yang nantinya akan menempati posisi tersebut. Padahal sudah seharusnya jauh sebelum mendesain, seorang UX designer tahu benar-benar jenis konten seperti apa yang akan tersaji di dalam aplikasi. Karena kalau nggak begitu, hasilnya adalah sebuah aplikasi yang terkesan terlalu dipaksakan demi kepentingan visual belaka.

Baca Juga :   5 Game PlayStation 2 Terlaris Ini,Pas Banget Buat Nostalgia

Pakai Icon yang Nggak Biasa

Sumber Gambar : amazonaws.com

Well, emang, sih, pakai icon yang antimainstream bisa bikin aplikasimu terlihat unik dan berbeda dari aplikasi lain. Tapi ternyata, seperti diungkapkan UX Collective, hal tersebut malah bisa bikin user kebingungan pada saat menggunakan aplikasi tersebut. So, sebaiknya gunakanlah icon yang universal saja, guys.

Hanya Fokus pada Visual saja

Kesalahan Dalam UX Design

Sumber Gambar : toghr.com

Fokus pada tampilan visual rupanya menjadi kesalahan yang nggak kalah sering dilakukan para IX desainer, lho. Padahal seperti yang disebutkan pada poin-poin sebelumnya, tujuan utama dari IX design adalah kenyamanan user. Jadi, pastikan aplikasi itu nggak cuma punya tampilan visual yang oke, tapi juga harus banget nyaman dipakai serta gampang dimengerti, baik maksud dan fungsinya.

Sistem Navigasi yang Berantakan

Kesalahan Dalam UX Design

Sumber Gambar : scrvt.com

Hal penting lainnya yang nggak boleh kamu abaikan adalah mengetahui kebiasaan pengguna yang pastinya berbeda-beda. Apakah mereka terbiasa menggunakan aplikasi mobile atau website. Nah, tugasmu sebagai UX desainer adalah mengerti apa perbedaan antara sistem navigasi yang ada pada website dan aplikasi mobile. Hindari menyama-ratakan navigasi keduanya, karena hal itu akan memberikan pengalaman buruk dan membingungkan untuk user.

Terlalu Terpaku pada Tren

Kesalahan Dalam UX Design

Sumber Gambar : cloudinary.com

Nggak salah, kok, sebagai UX desainer untuk terus mengikuti tren yang ada. Tapi jangan sampai kamu terlalu terpaku pada tren untuk menghadirkan keindahan visual tanpa fokus pada pengguna. Pelajarilah aplikasi-aplikasi yang menginspirasi, namun pastikan kamu memenuhi semua aspek ketika mendesain, supaya bisa memberikan kenyamanan dan pengalaman terbaik bagi pengguna.

Itulah 7 kesalahan dalam UX design yang harus kamu hindari kalau ingin jadi profesional.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Pengen Merubah Foto Jadi Anime? Coba Aplikasi Ini!

Game & Teknologi

Punya Masalah Susah Tidur? Ini Dia Aplikasi Untuk Atasi Insomnia!

Game & Teknologi

Pakai Chipset Snapdragon, Ini dia 5 Smartphone Nokia Terbaik

Game & Teknologi

Rekomendasi Software Rekam Layar PC Terbaik Untuk Bantu Live streaming Kamu!