Game & Teknologi

Ini Dia Aplikasi Terbaik untuk Cek Spesifikasi HP dengan Detail

Smartphone berbasis Android selalu dirilis setiap tahunnya. Saking seringnya pihak brand dan pengembang merilis hp android, tidak jarang hal ini membuat para peminatnya bingung dengan opsi yang ditawarkan. Terlepas dari seri atau generasi yang sama, beberapa HP android memiliki spesifikasi yang berbeda satu sama lain. Bukan hanya soal kapasitas Memori dan RAM, akan tetapi banyak aspek lainnya. Seperti kapasitas baterai, chipset, ukuran layar, kualitas kamera, dan lain sebagainya. Nah biar kalian tidak bingung untuk cek spesifikasi HP dengan detail, berikut ini ada beberapa aplikasi yang bisa membantu kamu. Selamat membaca.

1. Inware

Cek Spesifikasi HP

Sumber Gambar : IDN Times

Aplikasi yang pertama merupakan salah satu aplikasi pengecek spesifikasi HP yang sangat ringan. Hanya membutuhkan 2 MB penyimpanan saja, kamu sudah bisa mengecek secara detail spesifikasi hp milkmu secara lengkap. Inware datang dengan user interface yang sangat sederhana. Dari tampilan awalnya pun, sudah sangat ramah bagi kalian yang awam dengan hal ini. di Inwarem kamu bisa melihat informasi soal hardware HP kamu seperti, resolusi, ukuran, dan refresh rate layar, chipset, dan masih banyak lagi.

2. CPU-Z

Sumber Gambar : play.google.com

Aplikasi untuk cek spesifikasi yang berikutnya adalah versi kecil dari aplikasi pengecek spesifikasi di PC yaitu CPU-Z. Di aplikasi yang satu ini, aku akan dapat informasi secara detail soal hardware yang tertanam di HP kamu. Seperti chipset misalnya, kamu bisa mengetahui core CPU dan clock speed yang dimiliki. Kemudian, kamu juga bisa mengecek kapasitas RAM, versi android, dan lain sebagainya. Salah satu fitur utama dari CPU-Z adalah terdapat satu kolom khusus yanag dapat memberitahu suhu HP sehingga kamu bisa menghindari yang namanya overheating atau panas berlebih.

3. Device Info HW

Sumber Gambar : play.google.com

Berikutnya ada aplikasi Device Info HW. Aplikasi yang satu ini dapat memberi informasi jauh lebih lengkap lagi soal hardware di HP kamu. Mulai dari komponen seperti RAM, penyimpanan, chipset, baterai, sistem operasi dan lain-lain bisa diketahui detail informasinya dengan mudah lewat aplikasi ini.

Baca Juga :   4 Game RPG Android Terbaik yang Gak Boleh Kamu Lewatkan

Bahkan, aplikasi Device Info HW juga ddapat memberi tau  kamu mengenai info tipe RAM yang digunakan, suhu dari komponen, hingga dukungan codec

Kerennya, tidak hanya info seperti kapasitas RAM dan baterai, Device Info HW juga memberi info soal tipe RAM, suhu komponen, aperture, focal length, zoom, field of view dan dukungan codec.

4. DevCheck Hardware and System Info

Sumber Gambar : play.google.com

Berikutnya ada DevCheck Hardware and System Info. Di bagian halaman utamanya kalian akan langsung mendapatkan informasi detail soal spesifikasi HP yang kamu miliki. Beberapa bahkan merupakan informasi real-time seperti status dan suhu CPU, sisa baterai beserta suhunya, kecepatan koneksi internet dan banyak lagi. Cukup dengan melakukan swipe ke kiri dan kamu akan mendapati kolom sendiri dengan informasi lebih jelas dan lengkap untuk masing-masing komponen yang ada di dashboard. DevCheck Hardware and System Info hadir dengan UI sederhana dan mudah dinavigasikan oleh semua kalangan.

5. Device Info

Cek Spesifikasi HP

Sumber Gambar : play.google.com

Aplikasi yang satu ini secara garis besar mirip atau sama seperti DevCheck Hardware and System Info, Device Info juga menyediakan dashboard berisi beragam informasi singkat tentang spesifikasi komponen penting seperti RAM, CPU, penyimpanan internal, baterai, jumlah sensor dan aplikasi. Apabila geser ke kiri, kamu akan menemui kolom seperti CPU, baterai, jaringan dan kamera namun dengan informasi yang lebih detail. Selain karena informasi yang diberikan sangat lengkap, salah satu alasan untuk menggunakan aplikasi ini adalah desain UI dan animasinya yang menarik. Ini sangat direkomendasikan.

Itu dia 5 aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk cek spesifikasi HP milikmu. Semoga bermanfaat.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Pengen Merubah Foto Jadi Anime? Coba Aplikasi Ini!

Game & Teknologi

Punya Masalah Susah Tidur? Ini Dia Aplikasi Untuk Atasi Insomnia!

Game & Teknologi

Pakai Chipset Snapdragon, Ini dia 5 Smartphone Nokia Terbaik

Game & Teknologi

Rekomendasi Software Rekam Layar PC Terbaik Untuk Bantu Live streaming Kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.