GenK LIFE

Ini Dia Beberapa Fakta Unik Tentang Otak Manusia Jarang Diketahui!

Kita semua tentu sudah tau, kalau otak manusia itu merupakan salah satu organ tubuh paling penting yang ada di dalam tubuh mahkluk hidup, termasuk manusia. Dengan adanya otak, manusia bisa mengatur seluruh gerakan, pikiran, kebiasaan, bahkan sampai peradaban mereka. Nah, ternyata organ tubuh yang memiliki sekitar 100 milyar syaraf di dalam kepala kita ini, punya beberapa tugas yang berbeda satu sama lain loh. Mulai dari mengatur kesadaran, ingatan, pergerakan, mood, hormon, dan lain sebagainya. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum mengetahui fakta dibalik otak manusia. Karena itu, berikut ini adalah beberapa fakta unik tentang otak manusia yang jarang diketahui.

1. Mengingat hal-hal yang Annoying

Fakta Unik Tentang Otak

Sumber Gambar : IDN Times

Pernah gak, kamu mengingat dengan jelas lagu yang menurutmu sangat jelek dan mengganggu. Atau, mengingat kenangan-kenangan dengan mantan yang membuatmu jadi lebih kesulitan buat melupakan semua itu. ternyata, memang sudah diatur oleh otak kita. Rasa keesal kita terhadap hal-hal tersebut, ternyata tersimpan di dalam memori kita sebagai semacam alat bantu memori yang tersimpan di otak. Karena itulah, lagu dan kenangan yang tidak kamu sukai cenderung menarik perhatian di otak kamu.

2. Jet Lag Bisa Merusak Memori Otak!

Sumber Gambar : Kompasiana.com

Taukah kamu, kaalu sering mengalami Jet Lag itu dapat membebani dan merusak memori yang ada di otak manusia? Ternyata disaat sedang berada di dalam kondisi Jet Lag, otak akan memproduksi hormone stress dan dapat merusa lobus temporal dan memori. Lobus temporalis berperan dalam memperkuat ingatan visual, memproses input indra, memahami bahasa, menyimpan ingatan baru, emosi, dan mengambil kesimpulan atau arti. Jadi kalau kamu sering bepergian lintas benua, kasih waktu yang cukup untuk mengistirahatkan dan menormalkan tubuh sebelum melakukan perjalanan kembali.

3. Otak Menjadi “Bingung” Di Suasana Yang Berisik

Fakta unik tentang otak

Sumber Gambar : merdeka.com

Di saat kamu sedang fokus mengerjakan tugas, atau membaca buku di perpustakaan, atau sedang tidur, secara tak sadar kamu akan terdistraksi dengan suara-suara latar belakang yang terdengar bising atau berisusk. Hal ini disebabkan karena otak manusia tidak bisa membedakan kebisingan latar belakang atau yang biasa disebut juga sebagai background noise dari suara di telepon, atau lingkungan sekitarmu.

4. Main Game Perang Bisa Membantu Otak Untuk Multitasking

ciri ciri hode

Sumber Gambar : unsplash.com

Ini pasti berita yang sangat menggembiraan bagi kalian yang berasal dari generasi melenial. Ternyata, bermain game perang itu dapat membantu otak manusia untuk menjadi multitasking, loh! Memang sudah bukan rahasia lagi kalau bermain game dengan adegan menembak musuh secara bersamaan bisa membantu melatih otak kita untuk multitasking. Bermain game yang sifatnya membuat kamu reaktif bisa membantu kamu untuk terus-menerus beraksi terhadap suatu rangsangan seperti perasaan kaget, bingung, marah, dan lain lain. Hal ini membantu meningkatkan kemampuan prefrontal otak supaya bisa bekerja dengan lebih efektif.

5. Otak Gak Mengirimkan Sinyal Geli Disaat Kita Menggelitik Diri Sendiri

Sumber Gambar : Hipwee

Apakah kamu pernah mencoba menggelitik diri sendiri dan tidak muncul rasa geli? Hal ini wajar karena otak kita menumpulkan sensasi geli ketika kita melakukannya sendiri.

6. Kamu akan bersin ketika melihat sinar matahari yang terlalu terang

Fakta Unik Tentang Otak

Sumber Gambar : theconversation.com

Sinar matahari yang terlalu terang bisa membuat seseorang menjadi bersin. Hal ini terjadi karena serabut saraf yang bersinggungan di otak mengirim sinyal yang berasal dari mata melalui hidung.

Nah itu tadi beberapa fakta unik tentang otak manusia. Semoga bermanfaat.

About author

Related posts
GenK LIFE

Menjaga Hidrasi Kulit dengan Glow Better Coconut Series. Yuk Ketahui Urutan Pakainya!

GenK LIFE

10+ Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 untuk Keluarga, Teman hingga Pacar

GenK LIFE

Kenali 5 Jenis Jerawat dan Tips Mengatasinya Agar Tidak Membekas

GenK LIFE

Olahraga Saat Puasa? Why Not! Ini Jenis Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan di Bulan Ramadan

Leave a Reply

Your email address will not be published.