Game & Teknologi

Ini Dia Beberapa Tips Untuk Membeli Laptop Sesuai Budget!

Sekolah tatap muka akan segera dibuka. Apalagi kebutuhan untuk mengerjakan tugas sekarang memerlukan banget laptop, Tapi kamu masih bingung mau beli laptop yang mana?  Pingin harga murah tapi spesifikasinya bagus? Kalau kayak gini pastinya, kita harus tahu gimana memilih laptop yang bagus.  Tentunya memilih laptop harus cermat dan juga mengetahui setiap detail dari spesifikasi laptop sebelum membeli. Nah, untuk itu ini dia beberapa tips untuk membeli laptop sesuai budget kamu!

Pilih Jenis Penyimpanan yang besar 

Sumber Gambar : Unsplash.com

Pastikan saat memilih laptop yang memiliki penyimpanan ruang yang besar.  Apalagi untuk yang mau menginstall aplikasi untuk game juga pastinya membutuhkan kapasitas ruang yang besar. Saat ini sudah banyak media penyimpanan dengan pilihan yang sesuai selera kamu.

Nah, pilihlah laptop yang menggunakan SSD karena laptop yang sudah menggunakan SSD pastinya memiliki kecepatan bagus. Apalagi pemuatan data SSD jauh lebih cepat dibandingkan HDD. Walaupun begitu manufaktur biasanya tetap menambahkan HDD dalam penyimpanan sekundernya. Tapi saat ini SSD bisa dibilang cukup mahal. Tapi kalau ingin yang budgetnya murah mending pakai yang HDD. 

Pilih Laptop dengan RAM yang sesuai penggunaanya

membeli laptop sesuai budget

Sumber Gambar : OBS.line

Pilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, karena kalo kamu ditawari dengan RAM yang besar tapi kalau kebutuhan kamu nyatanya biasa saja, nantinya malah mubazir banget. Jadi, mending pilih RAM sesuai tujuan penggunaan laptop kamu.

Nah, berikut ini ada beberapa pilihan RAM yang bisa jadi pilihan untuk kamu.

  1. 4 GB : Browsing, menonton video, pekerjaan sekolah, pekerjaan kantor dan lainnya.
  2. 4 GB – 8 GB : Editing foto, pekerjaan, menjalankan beberapa aplikasi lainnya. 
  3. 16 GB – 32 GB : Bisa untuk bermain game, edit video, dan cocok untuk aplikasi berat lainnya, 

Performa Prosesor

membeli laptop sesuai budget

Sumber Gambar : gadgetren.com

Performa prosesor jadi bahan pertimbangan yang penting untuk membeli laptop nih, nah jadi prosesor sendiri dibagi menjadi dua yaitu AMD dan juga intel. Prosesor AMD sendiri memiliki performa seperti ada Ryzen 4000 and Ryzen 5000 untuk menyaingi Core i5 dan i7.

Memang prosesor AMD sendiri adalah competitor langsung intel. Dan juga AMd A, FX atau E series memiliki harga lebih murah loh tapi tenang, untuk masalah performa nggak kalah jauh kok! Apalagi untuk harga laptop di pasaran dengan prosesor AMD lebih murah dan selaras dengan performa yang dimiliki. 

Sedangkan, prosesor intel memiliki tipe paling rendah yaitu intel Core i3. Sedangkan prosesor intel powerful saat ini yaitu 11th Gen. Nah, tapi saat ini di antara keduannya masih terdapat berbagai pilihan yaitu mulai dari i5, i7 dan juga i9. Tapi semakin tinggi angka “1” berarti semakin mahal harganya. Jadi, pintarnya kamu pilih AMD atau Intel yang penting sesuaikan dengan budget yang kamu punya, ok!

Fitur-fitur kelengkapan pada laptop

membeli laptop sesuai budget

Sumber Gambar : oyimedia.com

Hal ini jangan sampai lupa kamu perhatikan yaitu fitur pada laptop  yang akan kamu beli. Kamu harus melihat jenis display, ukuran dan berat, kapasitas baterai, konektivitas, jenis dan jumlah port, dan masih banyak lainnya lagi. Sesuaikan fitur yang kamu inginkan dengan kebutuhan juga. Jadi, sebaiknya juga kamu memilih laptop yang sudah mendapat support dan juga mendapatkan service centernya juga. 

Nah, itu tadi beberapa tips untuk membeli laptop sesuai budget, semoga bisa jadi referensi untuk kamu!

About author

Related posts
Game & Teknologi

Ini Dia Rekomendasi Template Powerpoint Bertema Profesional Biar Presentasi Kamu Menarik!

Game & Teknologi

Serunya Fitur Collaboration Instagram, Udah Coba?

Game & Teknologi

5 Situs Virtual Exhibition yang Cocok Kamu Datengin Buat Ngilangin Penat!

Game & Teknologi

Apa Itu Twitter Spaces dan Cara Menggunakannya untuk Keuntungan Bisnis?

Leave a Reply

Your email address will not be published.