GenK LIFE

Ini Dia Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening Yang Jarang Diketahui!

Kanker merupakan sel-sel abnormal yang berada dalam tubuh, sel-sel tersebut akan berkembang dan merusak jaringan dalam tubuh. Layaknya seperti kanker pada umumnya, kanker kelenjar  bening merupakan jenis kanker ganas yang bisa merusak sistem limfatik, kemudian akan sangat sulit sembuh jika terlambat diketahuinya. Jadi, kanker kelenjar getah bening sangat sulit sekali untuk disembuhkan. 

Akan tetapi itu tergantung stadium orang yang mengalami kanker tersebut, Nah, kanker kelenjar getah bening bisa dideteksi sejak dini doh! Dilansir dari berbagai sumber, ini dia ciri kanker kelenjar  getah bening yang jarang diketahui!

Gatal-Gatal Sampai Menimbulkan Ruam Pada Kulit

Kanker Kelenjar Getah Bening

Sumber Gambar : cloudfront.net

Nah, ciri-ciri yang paling umum yaitu munculnya rasa kulit yang gatal-gatal dan sampai menimbulkan ruam di kulit. Dan kemudian gatal dan ruam tersebut akan muncul benjolan di area kulit. 

  • Nyeri pada Bagian Dada

Kanker Kelenjar Getah Bening

Sumber Gambar : cloudfront.net

Ciri-ciri yang selanjutnya yaitu nyeri pada bagian dada karena kelenjar getah bening adalah organ yang letaknya pada timur yang berada di antara tulang dada dan paru-paru. Maka dari itu, kanker kelenjar getah bening nantinya akan mempengaruhi timus yang menyebabkan nyeri pada dada. Selain itu juga kanker kelenjar getah bening bisa menyerang limfa sekitar punggung bawah yang hal ini menimbulkan pembengkakan pada aera saraf bagian sumsum tulang belakang. 

  • Sakit pada Bagian Perut

Kanker Kelenjar Getah Bening

Sumber Gambar : klikdokter.com

Kalau kamu sering merasakan nyeri pada bagian perut, tolong jangan sepelekan masalah ini karena ciri-ciri lain dari kanker kelenjar getah bening yaitu merasakan nyeri pada area perut, nyeri ini timbul secara konstan dan susah hilang. Kalau merasa nyeri terus-terusan pada bagian perut, lebih baik segera periksakan ke dokter.

  • Turunnya Berat Badan Secara Drastis 

Kanker Kelenjar Getah Bening

Sumber Gambar : cloudinary.com

Turunnya berat badan secara drastis itu bisa saja merupakan salah satu akibat limfoma yang terindikasi terkena kanker  getah bening. Makannya perlu diwaspadai apabila turun sangat drastis. Kondisi ini biasanya akibat tubuh membakar lebih banyak energi untuk melawan sel-sel kanker dalam tubuh. Dan hal itulah yang menyebabkan 5-10% berat kita jadi turun. 

  • Terjadi Pembengkakan pada daerah yang mengalami kanker

Sumber Gambar : cloudfront.net

Pembengkakan terjadi saat kanker getah bening akan mulai memasuki stadium awal yang menimbulkan benjolan. Nah, benjolan tersebut akan muncul pada daerah seperti ketiak, leher atau pun pangkal paha. 

  • Sering Lelah

Sumber Gambar : kompas.com

Tubuh biasanya akan merasa lelah jika sering beraktivitas, namun jika mudah mengalami kelelahan tanpa beraktivitas justru tanda tubuh sedang tidak sehat. Apabila kamu merasa terus kelelahan, maka sering periksakan diri ke dokter karena itu merupakan ciri atau gejala dari seseorang yang mengalami kanker getah bening. 

  • Demam Tinggi

Sumber Gambar : kompas.com

Gejala berikutnya dari kanker getah bening yaitu demam yang tinggi disertai menggigil. Hal itu adalah tanda bahwa seseorang memiliki imunitas yang lemah dan mudah terinfeksi penyakit. Gejala ini biasanya disertai tubuh yang dingin dan juga meninggal, sampai keluarnya keringat saat malam hari. So, kalian perlu berhati-hati ya guys!

Baca Juga :   Ini Dia 5 Label Stereotipe Introvert dan Ekstrovert, Cek Fakta di Baliknya?

Nah, itu tadi beberapa ciri-ciri kanker kelenjar getah bening yang jarang sekali orang ketahui. Maka dari itu, kalian harus menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit seperti kanker getah bening. Penyakit ini sungguh berbahaya, maka dari itu lebih cepat ditangani dokter akan jauh lebih baik! semoga artikel ini bermanfaat ya, GenK!

About author

Related posts
GenK LIFE

Atasi Stres Pakai Lingkaran Kendali Bernama Circle of Control

GenK LIFE

Menerapkan Danshari ala Orang Jepang untuk Hidup Lebih Bahagia

GenK LIFE

Rekomendasi Aplikasi Untuk Menurunkan Berat Badan!

GenK LIFE

Gimana sih Cara Agar Bisa Menghentikan Kebiasaan Berhutang?

Leave a Reply

Your email address will not be published.