GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!

Mulai WFO

Saat ini kebijakan PPKM di beberapa wilayah kota-kota sudah diperlonggar, kini beberapa perusahaan non esensial sudah mulai beroperasi. Walaupun hingga saat ini perusahaan non esensial masih menerapkan bekerja dari kantor dengan kapasitas maksimum 25% saja. Apalagi saat ini virus Corona masih melanda di Indonesia. Wajar saja jika pemerintah melakukan upaya dengan mengantisipasi dengan membatasi jumlah pekerja, anak masuk sekolah, pengguna angkutan umum dan masih banyak lagi. Menurut beberapa Perencana keuangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan setelah mulai WFO!

1. Para Pekerja Sudah Divaksin dengan Lengkap

Sumber Gambar : kompas.com

Untuk para pekerja diwajibkan untuk vaksin dan sudah melakukan vaksin dosis kedua sebelum kembali untuk bekerja. Apalagi sekarang, pemerintah sedang giat-giatnya melakukan vaksinasi di beberapa sentra vaksin yang bisa diakses. Masyarakat bisa mengunjungi berbagai fasilitas kesehatan terdekat supaya bisa mendapatkan jatah vaksin.

Apalagi guna vaksin dosis pertama untuk membentuk antibodi Immunoglobulin M (IgM) dan setelah antibodi tersebut terbentuk selama menunggu 14 hari, baru penerima vaksin boleh melakukan suntik vaksin dosis kedua. Tujuan dari vaksin dosis kedua yaitu membentuk antibodi immunoglobulin G (igM) yang berfungsi sebagai penangkal masuknya virus. 

2. Menyediakan Dana Darurat

Sumber Gambar : antaranews.com

Kamu harusnya perlu siaga dengan menyiapkan dana darurat. Karena WFO bisa saja meningkatkan risiko terkena Covid-19. Maka dari itu, dana darurat bisa membantu kamu. Dengan adanya dana darurat dapat digunakan sewaktu-waktu jika terjadi musibah dan bisa memberikan rasa aman.

Karena jika terjadi musibah bisa saja menyelesaikan masalah tersebut tanpa mengkhawatirkan perkara keuangan. Apalagi dana darurat merupakan pertolongan pertama saat keluarga saat keluarga selain asuransi. Dana darurat juga bisa digunakan saat kehilangan pekerjaan di masa pandemi saat ini seraya mencari pekerjaan baru guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

3. Bahaya Saat Naik Kendaraan Umum

Mulai WFO

Sumber Gambar : kompas.com

Masih banyak resiko dan kita sendiri perlu waspada, apalagi banyak yang bekerja menggunakan angkutan umum saat berangkat ke kantor terutama wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Apalagi saat aktivitas pekerjaan perkantor kembali lagi. Maka dar itu jumlah yang naik angkutan umum pastinya akan meningkat. Kemungkinan resiko tertular disebabkan karena kemungkinan bersentuhan saat berada di tempat umum. Nah, untuk itu kalian harus membawa hand sanitizer, memakai masker, menghindari sentuhan mulut, hitung dan juga mata. Sering-seringlah untuk mencuci tangan setelah memegang sesuatu pada tempat umum. 

4. Asuransi Kesehatan

Mulai WFO

Sumber Gambar : romeltea.com

Dengan asuransi kesehatan akan lebih mudah, walaupun kamu sudah menyiapkan dana darurat, asuransi kesehatan juga diperlukan loh! Dengan keduannya kamu bisa berjaga-jaga. Dana darurat bisa dikesampingkan untuk kebutuhan lainnya. Apalagi saat ini biaya berobat tidak murah. Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu jadi lebih mudah karena tidak perlu memikirkan biaya yang mahal karena ada asuransi yang bisa menutupi tagihan rumah sakit, seperti pengobatan, biaya bersalin, biaya kamar rumah sakit dan lainnya. Jadi, penting banget ya buat kamu memiliki asuransi kesehatan di masa pandemi kayak gini, apalagi sekarang ada BPJS Kesehatan, mungkin itu bisa menjadi pilihan atau asuransi lainnya yang menurut kamu paling cocok dengan kamu!

5. Izin untuk Libur Kerja Saat Sakit

Mulai WFO

Sumber Gambar : okezone.com

Ketika kamu sedang merasa sakit atau tidak enak badan, lebih baik kamu izin tidak masuk kerja atau mengambil cuti kerja. Lebih baik menjaga kondisi kesehatan tubuh kamu dari pada hal yang tidak diinginkan terjadi.

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus dilakukan setelah mulai WFO atau work From Office dimulai kembali. Tetap semangat dan selalu jaga kesehatan!

About author

Related posts
GenK LIFE

5 Olahraga Mata buat Kamu yang Banyak Menatap Layar Gadget

GenK LIFE

5 Rekomendasi Podcast Lucu Indonesia yang Ampuh Banget Ngilangin Stres

GenK LIFE

Mengenal “Duck Syndrome”, Kamu yang Ambisius Sering Mengalaminya

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Cancel Culture, Tren Toxic Memboikot Orang Beramai-Ramai

Leave a Reply

Your email address will not be published.