Creativepreneur and Career

Ini Dia Jenis Investasi Jangka Pendek Bisa Kamu Coba!

Bingung masa depan? Tertarik investasi? Tapi bingung investasi itu apa? Nah investasi ada dua jenis loh yaitu jangka pendek dan juga jangka panjang. Untuk itu bagi kamu yang ingin berinvestasi dalam kurung waktu yang singkat, bisa banget mencoba investasi jangka pendek. Penasaran apa itu investasi jangka pendek? Yuk baca ini dia pengertian dan jenis investasi jangka pendek yang bisa kamu coba!

Mengenal Investasi Jangka Pendek

Menurut Ikatan Akuntan Indonesia investasi jangka pendek merupakan investasi yang bisa segera dicairkan dan dimiliki selama satu tahun kurang. Jenis investasi jangka pendek bisa banget kamu pilih dan lakukan dengan waktu yang sangat singkat. Berikut ini adalah beberapa rekomendasinya!

  1. Fintech Peer to Peer (P2P) Lending

Sumber Gambar : intanblog.com

Apa sih P2P Lending? Nah Fintech Peer to Peer atau lebih dikenal dengan P2P Lending adalah short term investment, dimana kamu berperan sebagai investor yang bisa menanamkan modal pada sejumlah UKM yang ada di Indonesia dan juga ingin mengembangkan beberapa usaha. Dengan melakukan P2P Lending, kamu bisa memperoleh keuntungan dari setiap hasil pengelolaan dana suku bunga dengan besaran tertentu. Investasi ini biasanya 6 bulan sampai 2 tahun saja, tergantung periode waktu yang kita pilih untuk mulai investasi. Bahkan modal untuk investasi ini tergolong kecil bisa dari 100 ribuan.

2. Saham

Sumber Gambar : lifepal.co.id

Saham merupakan investasi berupa surat berharga yang dijadikan sebagai bukti aset dan memiliki bentuk trading dalam periode waktu yang pendek. Apabila kamu ingin bermain saham pastikan kamu mengerti investasi saham ini memiliki banyak resiko yang sebaiknya kamu harus belajar kembali atau bisa kamu belajar kepada orang yang memiliki keahlian khusus untuk mendapatkan untung tapi juga meminimalisir rugi dari saham yang kamu geluti.

Baca Juga :   Pahami Pengertian Conflict of Interest dan Cara Menghadapinya

3. Surat Utang Negara (SUN)

Investasi Jangka Pendek

Sumber Gambar : kjaashadirekan.co.id

Surat Utang Negara atau SUN adalah jenis investasi dengan surat pernyataan hutang yang telah diterbitkan di negara bagi para investor dengan hal yang memiliki profit yang aman karena negara sendiri sudah menjamin pembayaran modal beserta bunga dalam kurung waktu yang sudah ditentukan. Kamu bisa mulai modal dari 1 jutaan untuk mulai berinvestasi bisa sukuk ataupun obligasi yang dikeluarkan oleh SUN. Pahami mengenai legalitas, resiko, investasi yang akan dijalankan. Jangan sampai salah pilih, yang penting tetap rajin dan juga konsisten!

4. Reksadana

Investasi Jangka Pendek

Sumber Gambar : bisnis-cdn.com

Pasti banyak dari kalian yang mendengar istilah reksadana tapi belum tahu apa sih reksadana itu sebenarnya. Reksadana merupakan produk investasi jangka pendek, kamu bisa menyetorkan dana kemudian dikelola menggunakan manajer investasi untuk memperoleh keuntungan di dalamnya. Bagi para pemula yang memakai reksadana tidak perlu khawatir lagi untuk mengelola strategi dan pengelolaan yang nantinya manajer investasi lah yang akan membantu. Reksadana merupakan pilihan yang terbaik bagi kamu para pemula karena memiliki periode yang singkat dan minim resiko.

5. Deposito

Investasi Jangka Pendek

Sumber Gambar : cermati.com

Deposito merupakan produk tabungan perbankan dengan melakukan penyetoran dana sejumlah uang tertentu kemudian dapat dicairkan dengan mudah dengan waktu singkat dari 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, hingga tahun-tahun berikutnya. Walaupun deposito adalah bersifat jangka pendek, tapi dana bisa ditarik saat tanggal jatuh tempo saja. Walaupun menawarkan bunga yang relatif tinggi, saat kamu ingin investasi bisa mendapat pengawasan dari lembaga resmi yaitu Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Nah, itu tadi beberapa jenis investasi jangka pendek yang bisa kamu coba. Jadi bagi kamu yang mulai ingin berinvestasi harus mulai belajar dan mencari tahu apa sih investasi yang ingin kamu jalankan!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

30+ Istilah Penting dalam Social Media Marketing untuk Diketahui Pebisnis

Creativepreneur and Career

Yuk Kenalan Sama Agio Dalam Dunia Investasi!

Creativepreneur and Career

Ini Dia 6 Teknik Content Marketing Paling Populer Tahun 2021

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis Properti, Perhatikan Dulu Beberapa Hal Ini!