GenK LIFE

Ini Dia Jenis-Jenis Kartu Kredit Yang Perlu Kamu Kenali!

Kartu kredit biasanya digunakan sebagai pilihan pembayaran oleh para pengguna dalam memenuhi berbagai kebutuhan. Jenis-jenis kartu kredit pun juga banyak disesuaikan dengan fungsi dan kegunaanya.  Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa jenis-jenis kartu kredit yang perlu kamu kenali! Apa saja? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Kartu Kredit Berdasarkan Fungsinya

Sumber Gambar : sarjanaekonomi.co.id

Jika dilihat dari fungsinya, kartu kredit dapat dibagi ke menjadi beberapa bagian yaitu : 

Cheque Guarantee Card

Kartu ini berfungsi untuk dijadikan jaminan dalam menarik cek oleh pengguna kartu. Kartu ini juga digunakan dalam menarik uang dari kartu ATM. 

Credit Card

Sebagai alat pembayaran jasa dan barang, berfungsi sebagai pembayaran ataupun pelunasan yang digunakan untuk mencicil sejumlah nominal yang ditagih. 

Charge Card

Hampir sama dengan credit card, Charge Card harus membayar lagi seluruh tagihan pada akhir bulan ataupun bulan depan menggunakan atau tanpa biaya tambahan. 

Cash Card

Kartu ini memungkinkan pengguna untuk menarik uang tunai, melalui kasir bank atau langsung ke ATM. Penggunaan Cash Card dapat dilakukan dengan melakukan perjanjian kerja sama lebih dulu. 

Kartu Kredit berdasarkan limit

Sumber Gambar : zonkeu.com

Jika melihat jenis kartu kredit berdasarkan limitnya, ada beberapa jenis. Yaitu : 

Kartu Kredit Titanium

Kartu ini berbeda dari kartu pada umumnya, karena orang yang memiliki kartu ini tidak sembarangan orang. Nasabah yang diundang oleh banklah yang bisa memiliki jenis kartu kredit jenis ini.

Kartu Kredit Platinum

Kartu ini memiliki limit sekitar 40 juta sampai 1 miliar. Biasanya nasabah memiliki penghasilan sebesar 180 juta perbulannya supaya bisa mendapatkan jenis kartu kredit platinum. 

Kartu Kredit Gold

Credit card ini memiliki limit sekitar 10 hingga 40 juta rupiah, biasanya nasabah dengan penghasilan berkisar 5 hingga 10 juta perbulanlah yang bisa memiliki kartu kredit Gold ini. 

Kartu Kredit Silver

Dari pada jenis kartu lainnya, jenis kartu kredit ini yang paling rendah dengan limit antara 4-7 juta rupiah perbulannya. Biasanya nasabah dengan penghasilan minimal 3 juta perbulan sampai ia melakukan pengajuan pada kepemilikan kartu kredit Silver ini. 

Kartu Kredit Berdasarkan Wilayah Berlaku

jenis-jenis kartu kredit

Sumber Gambar : pricebook.co.id

Jenis kartu kredit ini berdasarkan wilayah berlakunya ada 2, yaitu : 

Kartu Kredit Internasional

Kartu kredit jenis ini bisa digunakan seluruh dunia. Karena kartu kredit internasional ini bisa digunakan dalam bertransaksi di merchant yang memiliki logo Visa, Diners Club, Carte Blanche, dan lainnya. Visa dan juga Mastercard, umumnya dapat menguasai pasar kartu kredit Internasional. 

Kartu kredit Nasional

Jelas kartu ini bisa digunakan secara nasional dalam sebuah negara tertentu. Seperti namanya, kartu ini bisa digunakan dalam suatu negara tertentu saja. Perusahaan biasanya menerbitkan kartu kredit ini untuk memberikan pelayanan yang mudah dan efisien bagi nasabahnya, seperti Carrefour, Lotte, dan lain sebagainya. 

Kartu Kredit Berdasarkan Afiliasi

jenis-jenis kartu kredit

Sumber Gambar : cekaja.com

Jenis kartu kredit ini terbagi yaitu :

Kartu Kredit Co-branding

Kartu jenis co-branding adalah hasil dua kolaborasi antara dua brand. Seperti bank penerbit dengan merk atau institusi lain. Contohnya maskapai penerbangan, supermarket, dan lainnya. 

Kartu Kredit Affinity

Kartu kredit jenis ini digunakan sebagai bentuk afiliasi untuk sebuah institusi ataupun organisasi tertentu. Logo dan desain juga dibuat secara eksklusif. 

Kartu Kredit Private Label

Kartu jenis ini biasanya membebankan iuran per tahun jadi lebih murah dari jenis kartu yang diterbitkan oleh bank. Jenis kartu ini seperti BCA Everyday Card. 

Nah, itu tadi jenis-jenis kartu kredit. Jadi nambah ilmu pengetahuan mengenai jenis-jenis kartu kredit, bukan?

About author

Related posts
GenK LIFE

Tren Influencer Fatigue Meningkat, Kenapa Konsumen Mulai Bosan dengan Influencer?

GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!

GenK LIFE

Ini Dia Beberapa Tips Untuk Mengecilkan Lengan!

GenK LIFE

Orang Tua Wajib Tau! Ini Dampak Dari Berteriak Pada Anak!

Leave a Reply

Your email address will not be published.