GenK LIFE

Ini Dia Rekomendasi Brain Workout Yang Penting Buat Kesehatan Fisik dan Mental

Dalam apa pun aktivitas yang kita lakukan, otak pasti punya peranan penting. Karena itu, seperti anggota tubuh lainnya, otak juga butuh dirawat. Caranya adalah dengan melatih otak kita. Brain workout bisa meningkatkan memori, fokus, dan pemakaian otak sehari-hari. Apalagi dengan bertambahnya usia.

Tapi bukan berarti brain workout itu hanya penting buat yang sudah berusia saja, lho. Buat yang masih muda juga penting banget karena bisa meningkatkan ketajaman berpikir, serta baik buat kesehatan fisik dan mental kita. Apa saja sih brain workout mudah yang bisa kita coba sehari-hari?

Main Puzzle

Brain Workout

Sumber Gambar : womansworld.com

Siapa yang waktu kecil hobi main puzzle? Ternyata, puzzle bagus banget untu memperkuat fungsi otak kita. Karena untuk menyatukan puzzle, dibutuhkan daya ingat yang kuat juga. Bahkan penelitian telah membuktikan bahwa menyusun puzzle itu mampu meningkatkan kemampuan kognitif. Jadi aktivitas ini sangat baik untuk segala usia, dari anak-anak yang otaknya masih berkembang hingga lanjut usia.

Karena itu, puzzle tersedia dari model yang paling sederhana untuk balita, ada 100 keping puzzle untuk anak yang lebih besar, sampai puzzle 1000 keping untuk orang dewasa! Saking rumitnya, kadang puzzle yang jumlahnya ribuan ini nggak bisa diselesaikan sendiri, lho.

Main Kartu

Brain Workout

Sumber Gambar : wsj.net

Kapan terakhir kali kamu main kartu? Meski kesannya cuma main biasa, ternyata main kartu itu membutuhkan kemampuan berpikir. Main kartu terbukti bisa meningkatkan daya ingat. Jadi sangat dianjurkan bagi yang mulai memasuki usia lanjut. Beberapa permainan kartu simpel yang bisa dicoba adalah Solitaire dan Poker. 

Main Teka-Teki Silang

Sumber Gaambar : marketplace.org

Memperkaya kosa kata lewat TTS sudah lama diketahui baik untuk otak. Banyak yang bilang, TTS itu obat pikun. Dengan mengisi TTS, otak kita akan distimulasi untuk menemukan berbagai macam kosa kata. Permainan yang melibatkan kosa kata ternyata penting untuk area otak yang memproses audio dan visual.

Buku khusus TTS kini banyak dijual di toko buku. Selain TTS, ada juga crosswords puzzle yang sama baiknya untuk. Crosswords puzzle berisi kumpulan huruf yang diacak. Di dalamnya tersembunyi berbagai kata-kata. Tugas kita adalah mencari kata-kata tersembunyi itu.

Belajar Menari

Sumber Gambar : southeasternspine.com

Buat yang lebih suka aktivitas yang aktif dan butuh menggerakkan tubuh, bisa coba belajar menari. Ini sekaligus bisa jadi olahraga. Belajar menari bisa meningkatkan daya ingat dan kecepatan otak dalam mempelajari hal baru. Kamu bisa ikut kelas tari sesuai selera. Atau bisa juga belajar menari secara online. Sekarang ada banyak banget cara yang bisa dicoba. Kamu bisa belajar sendiri atau cari pasangan biar makin seru!

Gunakan Semua Indramu

Sumber Gambar : tasteofhome.com

Mungkin ini adalah cara melatih otak yang paling menyenangkan tapi tanpa kita sadari manfaatnya bagus banget. Dengan menajamkan semua indra, kita bisa menguatkan otak. Caranya gampang banget, lho. Misalnya dengan membuat kue atau makanan apa pun yang jadi favorit kita. Cara lainnya adalah jalan-jalan ke pasar tradisional dan mencoba makanan yang ada di sana. Pengalaman menyentuh, mencium, merasakan, dan melihat-lihat, serta mendengar berbagai hal di sekeliling kita ini ternyata nggak hanya menghibur. Tapi juga berguna sebagai cara meningkatkan kemampuan otak. 

Ternyata brain workout itu sama sekali nggak ribet. Aktivitas simpel yang bisa kita lakukan sehari-hari di atas bisa meningkatkan kesehatan otak kita. Yuk dicoba biar daya ingat kita makin tajam. 

About author

Related posts
GenK LIFE

7 Hal Yang Perlu Diketahui Soal Menstruasi! Para Wanita Wajib Tau!

GenK LIFE

Generasi Milenial Wajib Tahu, Ini 5 Tips Mencapai Financial Freedom di Usia Belia

GenK LIFE

Apa Benar Hujan-Hujanan Bisa Bikin Sakit? Simak Disini!

GenK LIFE

Kenali Anticipatory Anxiety, Kelainan Yang Membuatmu Overthinking