Creativepreneur and Career

Ini Dia Tips Bagi Kalian Yang Mau Memulai Startup Fintech Tahun 2022!

startup fintech

Saat ini teknologi sedang berkembang begitu pesat, salah satunya yaitu teknologi transformasi digital yang meningkatkan sektor keuangan untuk merespon kebutuhan konsumen. Jika kamu tertarik untuk membangun startup fintech, Yuk kenal lebih dalam lagi mengenai fintech ini!

Financial Technology (Fintech) merupakan teknologi transformasi yang memiliki peran dalam memproses transaksi keuangan. Teknologi ini saat ini sangat berperan saat kamu membeli saham secara online, menggunakan kartu kredit, melakukan investasi dengan PayPal, dan lainnya. Saat ini diketahui bahwa pasar fintech global mencapai US$ 124,3 Juta pada tahun 2025 mendatang dan pada CAGR atau tingkat pertumbuhan tahunan majemuk mencapai 23,84 %. Jika kamu tertarik dengan Fintech, yuk simak tips dari Kak Jessica melalui beberapa tahapan berikut ini!

Memahami Peraturan-Peraturan mengenai Fintech 

Sumber Gambar : unida.ac.id

Kamu harus mengetahui peraturan penting mengenai industri fintech. Apa saja peraturan-peraturan fintech? Nah ternyata  terdapat undang-undang yang mengatur mengenai fintech seperti keamanan data, pencucian uang, dan peraturan perlindungan data umum dan sebagainya.

Saat ini sudah banyak badang keuangan dari pemerintah yang mengatur perusahaan tekfin didasarkan yurisdiksi yang telah dibuat, Kamu perlu mempelajari mengenai undang-undang dan apa saja pengaruh untuk bisnis kamu kedepannya, apalagi kamu yang ingin mencoba bisnis yang dapat diakses secara global perlu sekali memahami mengenai fintech itu sendiri. 

Mengidentifikasi Arah Pasar

Sumber Gambar : tempo.co

Untuk mampu mengidentifikasi arah pasar, kamu harus beberapa pertanyaan yaitu siapa yang kamu targetkan? Keahlian apa yang harus kamu miliki di industri fintech ini?

Nah, beberapa kedudukan yang populer dalam fintech saat ini adalah pinjaman, perbankan seluler, solusi berbasis blockchain, produk keuangan, penggalangan dana dan masih banyak lagi. Hal-hal itu tadi yang akan membantu kamu dalam menentukan arah pasar.

Baca Juga :   Suka Bikin Blog? Simak Tips Hasilkan Uang dengan Menjadi Blogpreneur

Mengenali Para Kompetitor Dalam Fintech

Sumber Gambar : promediateknologi.com

Mengenali para kompetitor adalah salah satu hal yang bisa kamu lakukan. Dengan mempelajari mengenai persaingan antar kompetitor kamu bisa mulai memasuki pasar dengan mencari solusi. Maka dari itu, produk yang harus diciptakan juga harus unik dan mampu mengatasi celah-celah tertentu dalam subdomain tersebut.

Walaupun kamu tidak mampu memperkenalkan suatu yang baru tapi kamu bisa meningkatkan kualitas dari yang sudah ada dan kamu tinggal mengembangkannya. 

Membangun Tim Tekfin dan Membuat Aplikasi Tekfin yang Unik

startup fintech

Sumber Gambar : cekindo.com

 Membangun Tim Tekfin yang terdiri dari tim teknologi dan keuangan. Dengan memiliki tim ahli teknis yang berpengalaman nantinya akan membantu kamu dalam membuat aplikasi tekfin.

Kamu bisa bekerja sama dengan para perusahaan pengembang aplikasi dari lokasi yang sama jadi lebih menghemat pengeluaran namun dengan memiliki pakar teknis terbaik. 

Memilih Opsi Untuk Mendapatkan Dana 

startup fintech

Sumber Gambar : detik.net.id

Terdapat beberapa cara dalam mendapatkan uang dalam membangun fintech kamu. Kamu bisa mendapatkan dana dari investor, modal ventura, atau kompetensi startupnya.  Selain itu yang harus kamu upayakan yaitu memiliki produk yang layak dan memiliki fungsi yang nantinya digunakan sebagai konsep bukti. Sebenarnya dana dari MVP cukup untuk membantu membangun aplikasi atau software untuk target pasa kamu. Selamat membantu!

Meningkatkan Pembangunan Dan Pengembangan Fintech

startup fintech

Sumber Gambar : Republika.co.id

Membangun dan meningkatkan pengembangan merupakan proses terakhir. Proses ini merupakan proses berkelanjutan dan membentang ke masa depan. Dalam hal ini kamu bisa memulai untuk beroperasi, peluncuran startup, adopsi teknologi dan juga mengikuti tren dari waktu ke waktu. 

Nah, itu tadi beberapa tips bagi kalian yang ingin memulai startup fintech, dengan meningkatkan produk dan mulai dari kecil pun akan mengurangi risiko untuk terburu-buru dalam memasuki pasar fintech yang kompetitif.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Simak Trik Pemasaran Kpop Buat Branding Bisnis Kamu

Creativepreneur and Career

Potensi Bisnis Maggot (Belatung) Bikin Kamu Dapetin Untung Besar

Creativepreneur and Career

Cara Daur Ulang Konten Biar Blog Kamu Kebanjiran Pengunjung

Creativepreneur and Career

Cara Menganalisa Peluang Usaha Buat Pebisnis Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published.