Creativepreneur and Career

Ini Dia Tips Live Streaming YouTube Sebagai Strategi Marketing untuk Pemula

tips live streaming youtube

Akhir-akhir ini kegiatan live streaming sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Hampir semua platform media sosial mendukungnya. Mulai dari Twitter dengan aplikasi streaming-nya, Periscope, lalu Facebook dan Instagram dengan fitur Live yang dirilis pada 2015 dan 2016. Dan tentu nggak ketinggalan YouTube dengan YouTube Live-nya. Kenapa sih, kok, harus live streaming? Kenapa nggak pakai konten video biasa? Toh, hasilnya bakalan sama saja berbentuk konten video. Eits, tunggu dulu! Karena live streaming bisa menguntungkan banget, lho. Terutama kalau kamu ingin menjangkau lebih banyak audiens dan meningkatkan engagement. Lewat live streaming, kamu bisa memberikan konten yang lebih fresh untuk audiens-mu. Live streaming juga bagus untuk membangun brand personality, brand awareness dan engagement rate. Nah, di bawah ini adalah 7 tips live streaming khusus di YouTube untuk para pemula yang ingin sukses menjalankan strategi marketing sosial media:

Persiapkan dengan Matang

Sumber Gambar : manycam.com

Live streaming sifatnya spontanitas. Dan karena itulah live streaming lebih menarik dibandingkan bentuk konten video biasa. Untuk kamu yang masih pemula, nggak ada salahnya mempersiapkan beberapa hal. Seperti mengatur jadwal, menyiapkan sesi Q&A dan yang lebih penting adalah jangan membatasi waktumu untuk live streaming, apalagi jika audiens sudah menunjukkan ketertarikannya, guys.

Jangan Lupa Mempromosikan Live Streaming Kamu

Tips live streaming youtube

Sumber Gambar : talkinginfluence.com

Well, meski live streaming dadakan sangat efektif untuk mendatangkan banyak penonton, tapi jangan pernah berharap orang-orang bakal menonton live streaming-mu kalau kamu baru memberi link beberapa menit sebelum siaran dimulai. Sebaiknya, begitu kamu berencana menyiarkan live streaming, jadwalkan di YouTube channel-mu sebagai bentuk promosi awal, guys. Untuk menarik perhatian, kamu bisa bikin trailer live streaming dari cuplikan siaran langsung sebelumnya, atau mencomot cuplikan video YouTube-mu. Lalu tinggal dibagikan lewat akun-akun medsos-mu.

Baca Juga :   4 Kota yang Menjadi Favorit Para Digital Nomad Indonesia

Mulailah Lebih Awal dari Jadwal

Sumber Gambar : shgcdn.com

Jangan menunggu sampai waktu yang udah kamu jadwalkan untuk memulai live streaming. Pastikan kamu memulai beberapa menit sebelumnya. Ambil posisi di depan kamera, cek semua peralatan apakah sudah berfungsi dengan benar dan yang paling penting, santailah, kawan!

Bring your Lighting to the Next Level

Sumber Gambar : casabona.org

Saat kamu akan live, pastikan lighting-mu bagus dan bisa memberikan tampilan yang jelas kepada seluruh audiens. Pencahayaan akan memberikan perbedaan yang besar terhadap kontenmu. Terlalu terang nggak bagus, terlalu gelap pun nggak bagus. So, jangan ragu untuk membawa lighting-mu ke level berikutnya.

Siapkan Cadangan

Sumber Gambar : beverlyboy

Komputer, kabel, kamera, audio, semuanya. Pastikan kamu punya cadangan. Charge sampai penuh semua perangkat. Dan jangan lupa siapkan juga baterai cadangan, karena ketika live streaming bisa bikin daya baterai perangkatmu terkuras habis dengan cepat.Siapkan agar setiap perangkat siap digunakan setiap saat.

And, Look at the Camera!

Tips Live Streaming YouTube

Sumber Gambar : blog.video.ibm.com

Kamera menggantikan audiens-mu, jadi selalu pastikan kamu melihat ke arah kamera. Untuk memantau apakah posisimu sudah benar, kamu bisa melihat bagaimana tampilanmu di layar penontonmu melalui reference monitor. Tapi jangan tergoda menatap monitor terlalu lama daripada yang dibutuhkan hanya karena ingin memastikan apakah garis matamu di lensa kamera sudah benar.

Tanggapi Komentar secara Real Time

Tips Live Streaming Youtube

Sumber Gambar : ihitthebutton.com

Beda dengan konten video biasa, masa simpan komentar di live streaming terbatas. Jadi, jika memungkinkan, pastikan kamu segera menanggapinya secara real time. Nggak perlu semua, cukup beberapa komentar yang sempat kamu baca saat live streaming. Interaksi dengan audiens adalah cara terbaik untuk mengundang mereka kembali ke live streamine-mu selanjutnya.

Itulah 7 tips live streaming YouTube untuk pemula yang bisa kamu praktekin. Sudah siap, guys?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tipe Content Marketing yang Wajib Diketahui Para Marketer

Creativepreneur and Career

Mengenal Marketing Mix dan Bagaimana Penerapannya dalam Strategi Pemasaran

Creativepreneur and Career

Udah Ngerti Soal GNP dan GDP? Ini Dia Penjelasannya

Creativepreneur and Career

Yuk Mengenal Lebih Dalam Tentang, Apa Itu Reciprocity Marketing?