GenK LIFE

Ini Dia Tips Untuk Membuat RAB Untuk Mewujudkan Rumah Impianmu!

RAB UNTUK MEMBANGUN RUMAH IMPIANmu

Ingin membangun rumah impianmu, tapi bingung mulai dari mana? Apalagi masih awam mengenai pengetahuan tentang hunian. Dengan membangun rumah sendiri kamu bisa mendesain sendiri keinginan untuk hunian kamu tanpa mematok model tertentu. Membangun rumah impian pasti didambakan semua orang, apalagi jika kita menggunakan bahan-bahan terbaik. 

Berikut Ini adalah tips untuk membuat Rencana Anggaran Biaya atau RAB. Dengan rencana anggaran biaya kamu bisa menjabarkan dan mentotal seluruh biaya bangunan yang kamu keluarkan. Yuk simak tips untuk membuat RAB untuk mewujudkan rumah impianmu!

Menentukan Sketsa Rumah Impian

Sumber Gambar : 99.co

Mungkin awal-awal kamu masih bingung tapi kamu harus berkoordinasi dengan arsitektur yang akan membangun rumah kamu dengan mengetahui berapa luas dan besar rumah yang akan kamu bangun.

Nah dari gambaran rumah itu, kamu bisa saja memperkirakan berapa kira-kira biaya yang akan dikeluarkan. Nah nantinya rencana anggaran biaya bisa di kira-kira untuk membeli bahan-bahan yang dikeluarkan untuk per meternya. 

Menghitung Detail Satuan Harga

Sumber Gambar : lifepal.co.id

Kamu juga harus mulai mengetahui detail kebutuhan untuk setiap harga barang untuk keperluan dalam pembangunan rumah. Nah, maka dari itu tidak hanya rencana anggaran biaya saja tapi juga detail satuan harganya. Untuk mengetahuinya kamu bisa mengetahui lewat harga satuan atau per meter persegi. Untuk itu yang harus dihitung mulai dari harga material dan bahan seperti besi, beton, batu bata, semen dan lainnya. Kemudian hitung juga untuk harga tukang bisa per hari atau setelah proyek selesai, arsitek dan lainnya. 

Jumlah Biaya Total

rumah impianmu

Sumber Gambar : planmuvi.com

Setelah harga per satuan diketahui maka dari iu setelah terperinci dan juga jelas selanjutnya kamu bisa mentotal seluruh biaya yang ada. Nah, jadi kamu harus mempersiapkan jumlah yang seluruhnya akan kamu keluarkan nantinya. 

Merekap Total Ke Dalam Tabel Hasil Perhitungan Biaya

rumah impianmu

Sumber Gambar : Google Blogspot

Tahap yang harus dilakukan setelah melakukan perhitungan biaya dan lainnya kamu harus merekap ke dalam bentuk tabel. Hal ini berguna agar rencana anggaran biaya yang kamu keluarkan jadi lebih rapi dan terperinci. Apalagi dengan merekap total anggaran biaya lebih mudah terbaca dan terdata mana yang sudah dan belum di masukkan. Jadi kamu tinggal menambahkan apa saja yang kurang. 

Membagi Tugas Pada Setiap Pekerjaan

rumah impianmu

Sumber Gambar : solusikonstruksi.com

Bagi setiap tugas dalam setiap pekerjaan agar rincian biaya menjadi lebih jelas. Bagi bagian yang memang apa saja yang diperlukan dalam pekerjaan membangun rumah mulai dari arsitek, tukang, pengerjaan proyek, desain interior, urusan perizinan dan masih banyak lagi.

Tujuan pemisahan ini agar lebih mudah lagi dalam menyusun setiap kebutuhan dalam setiap pekerjaan yang dikerjakan tersebut dan menyangkut peralatan yang diperlukan nantinya. 

Membuat Cadangan Kemungkinan Biaya

rumah impianmu

Sumber Gambar : binus.ac.id

Membuat cadangan ini perlu dilakukan setelah mengetahui biaya yang ada dalam rincian anggaran biaya yang kamu keluarkan. Cadangan ini berguna untuk mempersiapkan juga komponen biaya lain seperti jasa konstruksi, jasa konsultan, izin, pajak yang mungkin harus dikeluarkan ketika rumah kamu telah jadi. 

Jadi gimana nih? Membuat rencana anggaran biaya bukan hal yang sulit kok ketika kamu benar-benar bersungguh-sungguh dan kamu juga bisa meminta bantuan tenaga profesional dan ahli untuk mempermudahnya. 

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam menentukan rincian anggaran biaya untuk membangun rumah impianmu! 

About author

Related posts
GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *