Arsitektur & Interior

Inilah 6 Tren Desain Interior Rumah di Era New-Normal!

Setelah virus covid-19 yang tiba-tiba menyebar ke seluruh dunia, masyarakat dihimbau untuk mengikuti protocol kesehatan salah satunya yaitu work from home. Biar gak bosen dirumah aja, simak tren desain interior rumah ini biar gak bosen selama work from home!

Work From Home

work from home

Sumber : instagram.com/percepthelsinki/

Saat ini, masyarakat melakukan aktivitas sehari-hari mulai dari belajar dan bekerja di dalam rumah. Maka diperlukan area khusus bagi anggota keluarga untuk menunjang aktivitas produktif seperti belajar dan bekerja. Area kantor ini tetap sesuai dengan protokol kesehatan walaupun berada di rumah. Ruangan dapat ditata menjadi lebih terbuka sehingga sirkulasi udara tetap lancar. Selain itu dengan adanya bukaan, ruangan akan menjadi lebih terang. Meja yang tersedia dapat menggunakan penyekat untuk menghindari penyebaran dalam ruangan.

Open Space

Desain Interior Rumah

Sumber : instagram.com/fourconceptions/

Penataan ruang yang open space akan membantu tiap anggota untuk dapat saling berinteraksi satu dengan yang lain saat melakukan kegiatan mereka. Open space juga dapat membantu sirkulasi udara dalam ruangan dan dapat membuat ruangan terlihat lebih lapang. Pencahayaan pun dapat lebih mudah untuk masuk ke dalam ruangan.

Area Kesehatan

Desain Interior Rumah

Sumber : instagram.com/janninacabal/

Selama pandemi tentu akan ada saat dimana masyarakat harus keluar rumah karena urusan penting. Hal ini lah yang biasa menyebabkan penyebaran virus terjadi dengan cepat saat seseorang menganggap remeh kebersihan saat masuk ke rumah setelah berpergian. Maka diperlukan area khusus untuk mencuci tangan, menggunakan alkohol untuk barang-barang yang baru dibawa dari luar rumah. Selain itu, olahraga merupakan cara yang dianjurkan untuk tetap menjaga kesehatan. Oleh karena itu sebuah rumah membutuhkan area untuk berolahraga dan berjemur juga.

Baca Juga :   8 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terbaik Tahun 2019

Ruang Serbaguna

Desain Interior Rumah

Sumber : instagram.com/stuadesign/

Untuk menghabiskan setiap hari hanya berada di dalam rumah tentu akan membuat kita sangat jenuh. Maka ruang serbaguna dapat menjadi ruang hobi yang diperlukan untuk membantu anggota keluarga mendapatkan suasana baru dalam rumah. Ruang hobi memungkinkan tiap anggota untuk meningkatkan mood karena mereka dapat melakukan hal yang mereka suka. Hal ini dapat membantu anggota keluarga untuk meningkatkan produktifitas saat di rumah.

Teknologi Sensor

Desain Interior Rumah

Sumber : doorson.com

Dengan menghadirkan teknologi sensor dalam rumah akan sangat mempermudah seseorang  untuk melakukan kegiatannya. Tidak hanya itu, penggunaan teknologi ini akan meningkatkan keamanan di dalam rumah karena langkah ini dapat mengurangi penyebaran virus dengan pengurangan sentuhan pada barang-barang yang setiap hari digunakan.

Tanaman sebagai Elemen Dekorasi

Tanaman sangat berguna untuk sebuah rumah baik sebagai elemen dekorasi maupun bagi kesehatan manusia. Tanaman yang digunakan sebagai dekorasi dalam ruang dapat membantu meningkatkan kualitas udara. Selain itu warna hijau dari tanaman akan membantu psikologis seseorang saat berada di dalam ruangan dengan waktu yang cukup lama. Hal ini dapat mengurangi tingkat stres saat bekerja maupun belajar.   Nah itulah beberapa tren desain interior rumah di era New Normal yang dapat kalian gunakan!

Penulis : Phoebe Anastasia

Desain Interior, Universitas Kristen Petra

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Sistem Penghawaan,Pencahayaan Dan Teknologi Smart Home Dalam Mengantisipasi Penyebaran Covid-19

Arsitektur & Interior

Wabi-sabi dalam sebuah Desain Furniture

Arsitektur & Interior

Rumah Kecil: Trend Hunian Millenial

Arsitektur & Interior

Ciptakan Suasana Rumah Anti Stress dengan Konsep Zen Living

Leave a Reply

Your email address will not be published.