GenK LIFE

Inilah Waktu Terbaik Saat Sahur yang Harus Kamu Tahu

Memasuki bulan Ramadhan di setiap tahunnya, setiap umat muslim diwajibkan untuk berpuasa, tak hanya menahan lapar atau haus saja namun juga menahan hawa nafsu. Dalam kesempatan ini kamu juga akan memiliki momen yang membahagiakan tetutama momen bersama keluarga. Walau demikian, salah satu tantangan yang dihadapi saat berpuasa adalah menjalani sahur.

Hal ini dikarenakan jam sahur yang mengharuskan orang bangun terbilang sangat pagi. Padahal sahur termasuk salah satu hal yang penting bagi setiap orang untuk melakukan ibadah puasa. Walau demikian, terkadang masih ada yang bertanya dan bingung kapan waktu yang tepat untuk sahur.

Waktu Terbaik untuk Makan Sahur

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sahur merupakan salah satu bagian yang paling penting untuk menjalankan ibadah puasa. Sahur adalah langkah awal orang untuk mengonsumsi makanan sebelum memulai ibadah puasa. Sehingga ada beberapa hal juga yang harus kamu tahu tentang sahur ini. Sahur penting untuk dilakukan karena tanpa sahur, puasa tidak akan berjalan dengan baik dan kesehatan tubuh pun bisa terganggu. Walau demikian, kamu juga harus tahu beberapa hal tentang sahur.

1/ Sahur baiknya dilakukan saat mendekati Imsak

Ilustrasi sahur. (Sumber: shutterstock)

Terkadang ada banyak orang yang mengonsumsi makanan sahur di tengah malam. Hal ini dilakukan sebagai upaya atau antisipasi apabila telat bangun hingga melewatkan jam sahur. Dilansir dari Academia, makan sahur di tengah malam memang diperbolehkan menurut Dr. Mohd Afifuddin Mohamad dari Universiti Sains Malaysia. Hanya saja hal tersebut tidak sesuai dengan sunah.

Dilansir Kumparan, Prof. Hardinsyah, Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia dan Guru Besar Ilmu Gizi FEMA IPB dalam sesi Ceramah dan Diskusi Seputar Makanan, Minuman, Kesehatan Ramadhan dan Lebaran Lini Sehat, merekomendasikan makan sahur dalam waktu 1-2 jam sebelum imsak.

Apabila hal tersebut dilakukan,  tubuh akan tetap berenergi dan tak merasa lemas saat menjalani puasa. Ia juga menyarankan menu makanan sahur bisa  disamakan seperti menu makan sehat, atau ​2⁄3 dari sarapan yang dikonsumsi agar kamu bisa kuat menjalani puasa.

Baca Juga :   5 Makanan yang Baik Dimakan Saat Buka Puasa dan Sahur untuk Ibu Hamil

2. Sahur punya manfaat baik seperti sarapan

Ilustrasi sarapan. (Sumber: shutterstock)

Bukan hanya sebagai langkah awal menjalani puasa saja, sahur ternyata juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Sama seperti sarapan, sahur juga dapat menurunkan risiko obesitas, serangan jantung hingga diabetes.

Hal ini sesuai dengan hasil sebuah studi dari University of Harvard pada 2005 yang menunjukkan bahwa orang-orang yang melewatkan sarapan rentan mengalami obesitas, serangan jantung, dan diabetes. Sementara, orang yang sarapan pagi, 50 persen menurun risikonya terhadap penyakit tersebut.

Penelitian lain dari Princess Nora bint Abdul Rahman University pada 2010 juga mengungkapkan bahwa sarapan pagi yang teratur memiliki manfaat baik untuk gizi tubuh. Itu sebabnya, sama seperti sarapan, sahur sangat penting dan direkomendasikan sebelum puasa.

Baca Juga :   Jaga Kesehatanmu dengan Menu Sahur Sehat Ini
About author

Related posts
GenK LIFE

Yuk Kenalan Dengan Fobia-Fobia Teraneh di Dunia! Ada yang Takut Wanita Cantik, Loh!

GenK LIFE

Ini Dia Daftar Negara Paling Jarang Merasakan Matahari Terbenam!

GenK LIFE

Menghargai Ketidaksempurnaan dengan Filosofi Kintsugi

GenK LIFE

7 Hal Yang Perlu Diketahui Soal Menstruasi! Para Wanita Wajib Tau!