Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Inspirasi Hunian Lansia – Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar panti jompo? Bangunan dengan tampilan yang kaku dan monoton merupakan citra yang seringkali ditampilkan panti jompo. Berbeda dengan kesan tersebut, yuk kita lihat panti jompo dengan tampilan yang homey di Middelburg, Netherlands.

Sumber Gambar : archilovers.com

Bangunan ini dirancang oleh Arsitek Van Aken yang berbasis di Eindhoven, Netherlands sebagai bentuk inovasi di bidang perawatan kesehatan yang bertujuan untuk memberikan kontribusi bagi kesejahteraan penghuni yaitu lansia, perawat, dan staf pada bidang healthcare di masa depan. Terletak di  jantung kota Middelburg, Zeeland, panti jompo modern ini memiliki daya tampung sebanyak 62 penghuni.

Desain Lantai 1

Sumber Gambar : atelierpro.nl

Pada lantai 1 terdapat plaza, restoran kecil,  hingga ruang kumpul bersama. Area ini tidak banyak menggunakan sekat, sehingga ruang terasa lebih luas dan nyaman sesuai dengan fungsinya yaitu sebagai area komunal.

Sumber Gambar : atelierpro.nl

Bangunan ini juga memfasilitasi aktifitas sosial yang sangat penting dan bagi lansia. Para lansia dapat melakukan aktifitas yang sama dalam satu area seperti di ruang dapur, ruang makan, hingga taman tertutup yang berada di belakang gedung.

Desain Ruang Makan Terbuka

Sumber Gambar : atelierpro.nl

Pada ruang makan, struktur ruangan bersifat terbuka, sehingga memungkinkan perabot dapat diatur ulang sesuai kebutuhan. Cahaya buatan dari dalam ruangan dan cahaya alami dari bukaan yang besar memungkinkan para lansia mendapatkan pencahayaan yang cukup.

Selain untuk menunjang kebutuhan cahaya lansia yang memerlukan penerangan yang cukup tinggi terutama pada area kegiatan, hal ini juga membuat ruangan terasa lebih lega dan luas.

Penataan kursi dan meja makan berkelompok memungkinkan para lansia dapat berkomunikasi dan bersosialisasi satu sama lain. Penggunaan artwork yang eye-catching pada dinding membuat ruangan terlihat tidak monoton.

Desain Lantai 2

Sumber Gambar : atelierpro.nl

Masuk ke lantai 2, terdapat area koridor dengan nuansa netral serta penggunaan panel pada dinding yang senada memberikan kesan hangat dan nyaman pada ruang. Area ini juga cukup lebar sehingga aksesnya mudah untuk dilalui orang dan memungkinkan sirkulasi dua arah.

Sumber Gambar : atelierpro.nl

Interiornya yang memadukan gaya modern dan classic menyuguhkan suasana yang homey dan akrab, membuat penghuni merasa seperti berada di rumahnya sendiri.

Pada ruang tidur, panel yang menjadi ciri khas gaya klasik dipadukan dengan wallpaper motif daun berwarna sage green tak lupa dengan tambahan tanaman hias membuat ruangan terasa teduh dan nyaman.  Area ruang tidur yang dibuat minim perabot memungkinkan penghuni mendapatkan ruang gerak yang maksimal dan menghadirkan suasana ruang yang fleksibel dan tidak kaku.

Memperhatikan Aspek-Aspek Penting Dalam Desain

Inspirasi Hunian Lansia

Sumber Gambar : atelierpro.nl

Setiap ruangan yang dirancang dengan memperhatikan beberapa aspek misalnya penggunaan pintu geser untuk memudahkan penghuni dan aksesibilitas lemari yang disesuaikan dengan kebutuhan penghuni, staf, maupun perawat yang bekerja. Kamar mandi dan kamar tidur digabung menjadi satu sehingga memudahkan akses para lansia dan mempersingkat waktu dalam beraktivitas.

Inspirasi Hunian Lansia

Sumber Gambar : atelierpro.nl

Plafon sengaja tidak dibuat model panel karena sangat erat dengan kesan institusional yang kaku. Penggunaan plafon biasa bertujuan agar suasana rumah semakin terasa pada ruangan. Pemilihan armchair, sofa, lampu meja, side table hingga karpet dengan desain yang vintage juga memberi kesan jaman dulu dan hangat pada ruangan.

Furniture Bermotif Kayu

Inspirasi Hunian Lansia

Sumber Gambar : archilovers.com

Pada area kamar lain didesain dengan pemilihan furniture bermotif kayu untuk mempertahankan kesan hangat pada ruang, dipadukan dengan permainan warna dari material kain yang digunakan sebagai selimut, pelapis bantal hingga kursi.

Warna yang digunakan yaitu warna biru, hijau, dan kuning yang dapat memberi kesan ceria, dan sejuk pada ruang.  Terdapat bukaan yang cukup besar dan berhubungan langsung dengan teras kamar memungkinkan penghuni dapat melihat view ke arah luar, sirkulasi udara pun dapat berjalan baik dan penghuni dapat merasa rileks sehingga ruangan terasa sehat dan nyaman.

Penutup

Inspirasi Hunian Lansia

Sumber Gambar : fmb-care.de

Dari review diatas, panti jompo yang terletak di Middelburg ini menampilkan sebuah inovasi baru. Selain itu, juga dapat menjadi sebuah solusi untuk menciptakan sebuah hunian bagi lansia. Dimana tidak hanya memenuhi kebutuhan penghuninya, tetapi juga menunjang kesejahteraan bagi penghuni dan staf di bidang healthcare.

Dengan membaca review dari panti jompo ini, Anda juga bisa mengambil inspirasi dalam membuat rumah masa tua yang nyaman dengan desain yang menarik dan fungsional. Bagaimana? Tertarik untuk menerapkannya? Tunggu apalagi, Yuk segera wujudkan rumah masa tua impian Anda!

Teks oleh: Anabella Rosalina (Mahasiswi Jurusan Desain Interior, Universitas Kristen Petra)
About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips Untuk Menghidupkan Kembali Desain Retro Di Rumah!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Cafe Unik, Bikin Penasaran!

Arsitektur & Interior

Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Menata Multifunctional Space Pada Hunian

Arsitektur & Interior

Seni Membangun Ruang: Ruang Tidak Hanya Punya Fungsi tapi Juga Ada Citranya!