Arsitektur & Interior

4 Inspirasi Ruang Kerja yang Bikin Kamu Jadi Super Produktif

inspirasi-ruang-kerja

Dengan semakin mudahnya akses teknologi di era modern ini, kamu bisa dengan mudah melakukan pekerjaan dari rumah tanpa harus pergi ke kantor. Ini dia yang kemudian dikenal dengan istilah remote working yang banyak ditemukan di perusahaan masa kini. Untuk itu, menciptakan ruang kerja khusus di rumah tentu bisa membantumu lebih fokus dalam menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan dengan lebih efisien dan efektif. 

Ruang kerja yang baik mestilah dibuat secara tepat dengan mempertimbangkan aspek kenyamanan, fungsionalitas, dan estetika. Di dalam ruang kerja, kamu akan menghabiskan waktu berjam-jam setiap harinya. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk memberikan sedikit perhatian lebih pada tata ruang kerja agar kreativitas kamu dapat mengalir lancar dan bisa selalu produktif. Berikut ini beberapa inspirasi ruang kerja kece yang bisa kamu pakai sebagai referensi. 

1. Sentuhan Chic

 

View this post on Instagram

 

It’s finally time to ditch the stuff you had in college! Click the #linkinbio for 4 easy ways to update your space.

A post shared by Laurel & Wolf (@laurelandwolf) on

Ruang kerja yang baik haruslah mampu memberikan inspirasi dan menjadi penggambaran kepribadian penggunanya. Jadi jangan ragu untuk mengeluarkan ide terbaik untuk menghias ruang kerjamu. Salah satu inspirasi ruang kerja yang bisa ditiru adalah milik beauty guru asal Amerika Serikat, Desi Perkins. 

Dari gambar di atas, kamu dapat melihat dinding beraksen hitam yang memberikan kesan dramatis serta dimensi pada keseluruhan area. Hiasan berupa chandelier berukuran besar serta meja kerja berbahan kaca dengan kaki berwarna emas senada mampu memberikan kesan glamor yang menawan. Tak ketinggalan bupet dengan banyak laci untuk menyimpan produk-produk kecantikan serta countertop untuk berbagai alat tulis kantor. 

2. Tambahkan Aksen Hijau 

 

Tambahkan sedikit sentuhan alam ke ruang kerjamu dengan tanaman hijau yang bakal bikin kamu jadi betah berlama-lama di dalamnya. Inspirasi ruang kerja yang tak hanya cantik secara visual, namun punya fungsi ganda yang sekaligus memberikan atmosfir lebih sejuk. Satu pot tanaman di ruang kerja tak hanya bisa membersihkan udara, tapi juga membantumu untuk lebih tenang saat sedang beraktivitas. Pilihlah jenis tanaman khusus ruangan yang minim perawatan seperti Sansevieria trifasciata atau Sansevieria hyacinthoides

3. Lebih Kreatif dengan Tema Artsy 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by DABITO (@dabito) on

Teruntuk kamu para pekerja kreatif yang membutuhkan asupan inspirasi setiap saat, ruang kerja artsy bisa jadi opsi paling oke untuk dicoba. Ragam elemen tematik dan bernilai estetika tinggi tersedia untuk dipilih sesuai dengan gaya yang paling cocok dengan seleramu. Mulai dari kursi empuk dengan detail ornamen, berbagai gantungan gambar warna-warni, sampai ke barang-barang DIY yang unik, semua bisa jadi aksesoris ruangan yang tepat. 

Inspirasi ruang kerja artsy yang bisa kamu tiru adalah milik seniman Dabito seperti yang tertera pada gambar di atas. Memang sekilas terlihat penuh dan sangat mencolok, tapi ruangan artsy seperti ini membantumu jadi lebih termotivasi dan semangat loh. Kalau kamu tertarik untuk membuat sendiri aksesoris DIY, simak aja artikel cara membuat lukisan dinding yang mudah dan praktis.  

4. Gaya Hyyge 

 

View this post on Instagram

 

Finally have all the kiddos back in school after some illness; hoping to be a lot more productive work-wise today!

A post shared by The Merrythought (@themerrythought) on

Jika kamu belum pernah mendengar istilah ini sebelumnya, hygge merupakan konsep gaya hidup dari Denmark yang mengedepankan kenyamanan. Hygge dapat diaplikasikan di berbagai tempat seperti kamar tidur, kamar mandi, dan tentunya ruang kerja. Nah, gaya hygge kamu terapkan dengan menambahkan dekorasi berwarna netral pada dinding dan lantai, lalu lengkapi dengan elemen alam seperti kayu, atau tanaman ruangan. 

Eits, jika kamu tertarik untuk mencoba gaya ini, pastikan untuk tidak terlalu membuat ruang kerja jadi super nyaman. Nantinya kamu malah gak kerja dan asyik tidur deh karena efek suasana ruangan yang super nyaman. Jika kamu tertarik untuk mencoba menerapkan gaya hygge sebagai inspirasi ruang kerjamu, beberapa toko perabotan khas Skandinavia seperti IKEA bisa jadi tempat tujuan terbaik. 

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Tips Merawat Tangki Air Agar Bebas Lumut dan Tahan Lama

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips Untuk Menghidupkan Kembali Desain Retro Di Rumah!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Cafe Unik, Bikin Penasaran!

Arsitektur & Interior

Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Menata Multifunctional Space Pada Hunian