Creativepreneur and Career

Kuasai 5 Interpersonal Skill Ini, Kalau Ingin Jadi Entrepreneur Sukses

Interpersonal-skill

Udah pernah dengar istilah interpersonal skill belum, nih, GenK? Emangnya apa, sih, hubungannya kemampuan tersebut dengan jadi pengusaha yang sukses? Jadi tuh, kemampuan interpersonal adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk berinteraksi, berkomunikasi atau membangun hubungan dengan orang lain atau rekan kerja secara efektif, baik verbal maupun non verbal.

Contohnya, bisa dengan jadi pendengar yang baik, sanggup menyampaikan pendapat dengan jelas, serta mampu bekerja sama dalam satu tim. Nah, yang jadi pertanyaan, apa peran kemampuan interpersonal bagi entrepreneur? Penting banget gitu?

Peran Interpersonal Skill bagi Kesuksesan Seorang Entrepreneur

Seperti yang kita ketahui, namanya pengusaha pasti mereka bakalan banyak menjalin hubungan sosial dengan orang lain, kan? Entah itu rekan kerja, klien, ataupun bawahan. Ternyata, untuk menjaga agar hubungan sosial dalam pergaulan bisa tetap harmonis, seorang entrepreneur sangat butuh kemampuan interpersonal, GenK!

Ketika harus mengatasi dan memecahkan masalah yang muncul dalam organisasi, individu dengan interpersonal skill yang tinggi lebih bisa menghadapinya tanpa panik dan bertanggung jawab atas kesalahannya.

peran-interpersonal-skill

Ilustrasi seorang anak muda dengan kemampuan interpersonal baik di tempat kerja (Sumber: squarespace.com)

Interpersonal skill nggak cuma penting dalam kegiatan organisasi, loh, tapi juga sangat berperan untuk membentuk seseorang bertumbuh menjadi individu yang bisa diandalkan dan dipercaya.

Jika individu punya kemampuan interpersonal yang baik, mereka akan mampu memberikan dan menerima feedback konstruktif tanpa harus merasa sakit hati. Nggak cuma itu, seseorang yang punya skill interpersonal bagus juga dapat mempersuasi orang lain untuk mengikuti kegiatan tertentu atau membeli suatu produk.

Gimana, GenK, nggak diragukan lagi kan,  kalau skill ini penting banget dikuasai kalau pengen jadi pengusaha sukses, kan?

5 Contoh Skill interpersonal yang Wajib Pake Banget Dimiliki Pengusaha

jenis-kemampuan-interpersonal

Ilustrasi orang bekerja sama dalam lingkup kerja (Sumber: forbes.com)

Lalu gimana, sih, caranya kita membangun hubungan harmonis sehingga bisa lebih memahami dan merespon orang lain dengan baik? Di bawah ini adalah 5 contoh interpersonal skill yang umum dimiliki pengusaha dan juga dapat kamu praktikkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Skill Mendengarkan

kemampuan-mendengarkan

Ilustrasi kemampuan mendengarkan (Sumber: employee-performance.com)

Merupakan bagian dari proses komunikasi, skill ini lebih dari sekedar mendengarkan dengan telinga doang, GenK. Mendengar adalah menerima pesan yang disampaikan orang lain untuk mendapat informasi sesuai harapan. Tanpa skill mendengarkan, maka mustahil banget kamu bisa mengambil kesimpulan dengan benar dari informasi yang kamu dapetin.

Baca Juga :   Rekan Kerja Lebih Tua Bikin Suasana Canggung? Ini Cara Menghadapinya
About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tertarik Investasi Obligasi? Coba Kenali Ciri-cirinya Dulu, Yuk!

Creativepreneur and Career

Total Hadiah Capai 55 Juta, Yuk Ikut Lomba Bisnis Dari Universitas Prasetiya Mulya, EURECA 2021!

Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tipe Content Marketing yang Wajib Diketahui Para Marketer

Creativepreneur and Career

Mengenal Marketing Mix dan Bagaimana Penerapannya dalam Strategi Pemasaran