Arsitektur & Interior

Intip Cafe Di Bali Dengan Gaya Desain Kontemporer Yang Bikin Betah Nongkrong

Goddes Bakery Patiseries and Cafe merupakan salah satu bakery dan cafe yang ada di Bali. Tepatnya berlokasi di Jalan Danau Buyan 5B Sanur, Denpasar, bali. Cafe ini sudah ada sejak 2015 silam. Bangunan ini berawal dari sebuah ruko yang di ubah menjadi cafe yang cantik. Berbeda dengan kebanyakan cafe di Bali yang menampilkan kesan tropicalnya, Goddes Bakery  menggunakan gaya desain Kontemporer yang sedang “ngetren” dikalangan masyarakat.

Dengan penggunaan gaya desain kontemporer ini bangunan Goddes Bakery memiliki ciri yang unik yakni dengan penggunaan warna, furniture serta elemen dekoratif yang unik. Keunikan lainnya yakni bangunan ini memiliki outdoor dine-in area, indoor dine in area serta meeting room yang cukup luas.

Goddes Bakery juga dinobatkan menjadi Best Indonesian Restaurant pada tahun 2018 oleh Puan Maharani selaku menteri koordinator pembangunan manusia dan kebudayaan Republik Indonesia (http://www.goddesbakery.com/). Yuk intip interior Goddes Bakery yang membuat kamu betah berlama-lama di dalamnya!


  1. Penggunaan Warna-Warna Natural Dengan Sentuhan Kontras

Sumber Gambar : http://www.GoddesBakery.com (2022)

Salah satu ciri dari gaya desain kontemporer yakni dengan penggunaan warna-warna yang natural seperti penggunaan warna hitam,Putih serta abu-abu. Penggunaan warna-warna ini diterapkan dalam elemen desain dari Goddes Bakery yakni pada lantai, dinding serta plafon yang menggunakan warna putih dan coklat.

Namun adanya pemberian warna kontras pada cushion kursi yang diberi warna biru yang memperkuat gaya kontemporer pada desain interior Goddes Bakery. Dengan penggunaan warna-warna netral membuat ruangan menjadi lebih luas dan nyaman digunakan oleh pengunjung.


  1. Adanya Bukaan Yang Cukup Banyak Dan Besar

Desain Kontemporer

Sumber Gambar : http://www.GoddesBakery.com (2022)

Selain warna natural, bukaan juga merupakan salah satu ciri dari gaya desain ini. Bukaan yang cukup banyak dan besar membuat sinar matahari dapat masuk kedalam ruang selain menghemat energi (listrik),cahaya matahari juga dapat membuat suasana ruang menjadi lebih santai dan nyaman sehingga banyak pengunjung yang berlama-lama untuk menikmati santapannya dengan duduk bersantai. Selain itu sirkulasi udara yang ada didalam ruangan juga lebih bersih dan baik.

Untuk mengurangi glare yakni kesan silau yang dihasilkan oleh sinar cahaya matahari pada saat pagi hingga siang hari, desainer juga menggunakan secondary skin yang dibuat dengan material besi yang membuat berkurangnya cahaya matahari yang masuk ke bangunan namun tidak menghilangkan masuknya cahaya matahari tersebut.


  1. Ruang Tanpa Sekat

Desain Kontemporer

Sumber Gambar : http://www.GoddesBakery.com (2022)

Ruangan tanpa sekat merupakan hal yang disukai oleh masyarakat terutama masyarakat modern karena dianggap lebih leluasa dan nyaman. Hal ini juga diterapkan dalam desain Goddes Bakery yang menggunakan konsep kontemporer style ini.

Dengan ruangan tanpa sekat, beberapa ruang yang memiliki fungsi yang agak berbeda namun dapat dijadikan satu seperti ruang meeting dan indoor dine in pada lantai dua.


  1. Pencahayaan Ala  Kontemporer Style

    Desain Kontemporer

    Sumber Gambar : http://www.GoddesBakery.com (2022)

Pencahayaan merupakan salah satu hal yang penting dalam kontemporer style. Pada gaya desain ini pencahayaan digunakan untuk menonjolkan elemen interior (dinding, plafon,lantai) dan juga elemen dekorasi seperti artwork.

Goddes Bakery menggunakan 2 macam pencahayaan yakni pencahayaan buatan dan alami yang berasal dari matahari. Pencahayaan buatan pada bangunan ini menggunakan general lighting yang berwarna warm white yang diletakkan tersembunyi pada plafon yang menonjol ke bawah (down ceiling).

Sedangkan pada accent lightingnya menggunakan spot light pada elemen dekorasi seperti artwork yang terdapat di dinding sehingga membuat artwork menjadi eye catching. Pada bagian bar juga diberi lampu yakni dibagian peletakan gelas yang membuat gelas tersebut menjadi indah dari pantulan lampu.

Goddes Bakery Patisseries and Cafe merupakan salah satu bakery dan cafe di Bali bergaya kontemporer. Bangunan ini memiliki keunikannya tersendiri yang membuat para pengunjung menjadi nyaman saat berada di dalamnya.

Terlebih masyarakat modern sudah terbiasa dengan bekerja ataupun bersantai di cafe. Gaya desain kontemporer ini memiliki keunikannya sendiri pada ciri serta tampilan dari gaya desain ini.

Sehingga hal ini yang membuat gaya desain kontemporer menjadi tren pada masa kini. Selain itu gaya desain ini digemari oleh masyarakat karena user experience pengguna yang merasa nyaman dengan gaya desain ini.

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Cafe Unik, Bikin Penasaran!

Arsitektur & Interior

Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Menata Multifunctional Space Pada Hunian

Arsitektur & Interior

Seni Membangun Ruang: Ruang Tidak Hanya Punya Fungsi tapi Juga Ada Citranya!

Arsitektur & Interior

Tips Desain Rumah Ala Korea yang Minimalis nan Cantik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *