Arsitektur & Interior

Intip Inspirasi Desain Futuristik untuk Rumah Kekinian Disini!

Desain Futuristik

Beberapa tahun belakangan ini, tren desain rumah Futuristik menjadi salah satu tren yang sangat diminati. Dengan menggusung tema yang lebih simple, minimalis, dan juga modern, tren desain futuristik pada interior dan exterior rumah pun menjadi primadona. Biar lebih paham, yuk simak disini Inspirasi Desain Rumah Futuristik.

Gaya Desain Futuristik

Desain Rumah Futuristik

Sumber Gambar : Moon System Sofa Karya Zaha Hadid (Zaha Hadid Architect, 2007)

Hal pertama yang perlu kita ketahui adalah asal usul dan pengertian dari gaya desain futuristik. Di dalam seni sudah pernah diterapkan pada seni Arsitektur dan Interior sejak awal abad ke-20. Gaya desain futuristik merupakan gaya yang menerapkan bentuk unik pada furniture maupun desain ruang interior. Karakteristik dari desain ini adalah bentukan dinamis dan ranah gaya desain ini adalah modernisme serta bentuk desain yang tidak hanya menerapkan fungsionalitas, namun juga memperhatikan bentuk dan estetika didalamnya (Fadilah, 2019).

Dalam bangunan, futurisme biasa diaplikasikan pada pintu, lantai, ornamen, atau bentuk bangunan itu sendiri. Salah satu arsitek futuristik terkenal yaitu Zaha Hadid, mengaplikasikan bentuk alur berkelok – kelok serta konsep bingkai jala struktural dalam desainnya (Sasono, 2016). Moon system sofa yang merupakan salah satu desain furniture futuristik dari Zaha Hadid, dapat diaplikasikan pada ruangan untuk mendukung gaya desain yang diterapkan.

Aplikasi Pada Rumah Tinggal

Setelah memahami sejarah dan pengertian dari gaya desain yang satu ini, selanjutnya kita akan membahas bagaimana gaya desain satu ini dapat diterapkan pada rumah tinggal. Gaya desain futuristik dapat diterapkan dengan beberapa cara sebagai berikut :

1. Mengaplikasikan Unsur Lengkung pada Furniture

Salah satu karakteristik dari desain ini adalah bentukan dinamis dan unsur berkelok – kelok atau lengkung, yang dapat diaplikasikan pada berbagai macam furniture, seperti meja, kursi, dipan kasur, panel TV, dll. Sebagai contoh seperti gambar di bawah ini, desain dari panel TV memiliki banyak unsur lengkung, tetapi juga memperhatikan segi fungsionalitas. Panel TV dapat difungsikan sebagai lemari penyimpanan serta meja kerja.  

desain futuristik

Sumber Gambar : Panel TV Futuristik (desain penulis)

2. Mengaplikasikan Teknologi Hi-Tech

Futuristik juga dapat ditunjukkan melalui teknologi yang diterapkan pada desain. Sistem teknologi seperti menggunakan hidden projector screen yang dapat disembunyikan ke dalam plafon ketika tidak digunakan. Teknologi lain seperti membuka tutup tirai menggunakan remote juga dapat diaplikasikan pada setiap ruangan di rumah tinggal.

desain futuristik

Sumber Gambar : Hidden Motorized Projector Screen (desain penulis)

3. Mengaplikasikan Pencahayaan Lampu LED

Pencahayaan pada rumah tinggal tentunya tidak hanya memerlukan pencahayaan alami saja, tetapi juga pencahayaan buatan. Dalam gaya desain yang satu ini, pencahayaan buatan terutama lampu LED, menjadi salah satu faktor penting. Efek yang ditimbulkan dari lampu LED ini dapat menambah kesan futuristik pada sebuah ruangan.

desain futuristik

Sumber Gambar : Lampu LED pada Backdrop dan Drop Ceiling (desain penulis)

Gaya desain satu ini yang sudah banyak diaplikasikan di luar negeri, juga bisa diaplikasikan di Indonesia ketika kita terus mempelajari dan memperluas pengetahuan mengenai gaya desain ini. Dengan mengaplikasikan banyak unsur lengkung pada furniture, menggunakan teknologi hi-tech, dan juga mengaplikasikan lampu LED dalam rumah tinggal, kita sudah dapat menampilkan desain ini secara sederhana.

  Nah itulah beberapa inspirasi desain rumah futuristik yang bisa dicoba, Semoga bermanfaat.

Baca Juga :   Inilah 6 Tren Desain Interior Rumah di Era New-Normal!

By : Vanessa Joanna Prianto

Universitas Kristen Petra

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

6 Alasan Serat Daun Nanas Jadi Potensi Besar di Produk Interior Rumah Tinggal

Arsitektur & Interior

Tips Interior Rumah Kekinian Untuk Generasi Muda

Arsitektur & Interior

Neon Room Estetik, Suasana Kamar Instagramable dengan Neon Flex

Arsitektur & Interior

Intip 6 Desain dengan Gaya Eklektik yang Patut Dicoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.