Arsitektur & Interior

Intip Interior Good Quarter, Restoran yang Memanfaatkan Rumah Tua

Selain menyajikan makanan  yang enak, Interior dan Eksterior sebuah café atau restoran yang unik tentu akan menarik para konsumen dan para kuliner untuk datang mengunjungi café dan restoran tersebut, sama halnya dengan Good Quarter.

Good Quarter adalah restoran pertama di Samarinda, Kalimantan Timur yang membawa budaya Australia yaitu Brunch (breakfast dan Lunch). Brunch muncul karena warga Australia yang tidak terbiasa sarapan karena pukul 07.00 pagi mereka sudah harus berada di kantor sehingga tidak sempat untuk sarapan dirumah sehingga melakukan makan pagi pada jam pagi menuju siang (breakfast to lunch) yang dilakukan pada jam 08.00-14.00.

Good Quarter (Sumber : Dokumentasi Penulis)

Selain pembawa budaya Brunch pertama ke Samarinda, Good Quarter adalah restoran yang pertama yang ada di Samarinda yang mengambil konsep unik dan menarik yaitu memanfaatkan rumah tinggal tua era 90’an yang ada di Samarinda.

Tanpa merombak bentuk bangunan, Good Quarter berhasil menjadikan rumah tua tersebut menjadi restoran yang estetik, unik, menarik, dan juga nyaman sehingga menarik banyak warga Samarinda untuk datang makan, nongkrong, dan juga berfoto di restoran tersebut.

 

Interior ruangan

Interior (Sumber : Dokumentasi Penulis)

Untuk Interior ruangan, Good Quarter tidak banyak merombak bagian dalam rumah. Mereka lebih memilih mempertahankan bagian rumah yang masih dapat digunakan. Misalnya seperti jendela, ventilasi, dan juga ubin.

Interior Good Quarter menggunakan interior bergaya Scandinavian. Scandinavian style ini banyak menggunakan elemen natural seperti rotan, kayu, dan lain sebagainya. Selain itu, style yang satu ini menggunakan skema warna netral dan natural seperti coklat, cream, dan putih.

Desain Mural

Hal pertama yang akan dijumpai pada saat masuk ke dalam Good Quarter adalah Mural berbentuk beruang yang berada pada dinding sebelah kiri ruangan dimana beruang tersebut merupakan icon dari restoran tersebut.

Baca Juga :   Mengenal Desain Interior Suku Dayak Kenyah di Desa Pampang

Disebelah mural terdapat display untuk kue, meja kasir, kursi tunggu untuk Grab dan Gojek, dan juga bar untuk membuat minuman yang terpisah dari area dapur.

Mural Berbentuk Beruang (Sumber : Dokumentasi Penulis)

Desain untuk meja bar minuman sangat minimalis dengan mengaplikasikan lembaran anyaman rotan dan juga menggunakan top table berwarna putih.

Lampu gantung bulat berwarna putih-emas dengan warna cahaya lampu warm-white ini membuat lebih estetik. Selain lampu gantung, Good Quarter juga menggunakan lampu bulat bergaya lawas yang diletakkan diarea dinding ruangan.

Untuk finishing dinding, Good Quarter menggunakan lembaran anyaman rotan yang diletakkan dibeberapa spot ruangan. Sedangkan sisanya yang tidak menggunakan lembaran anyaman rotan menggunakan cat berwarna putih tulang.

Lembaran anyaman rotan juga dapat menjadi elemen dekorasi pada ruangan. Selain lembaran anyaman rotan, terdapat juga elemen dekorasi berupa Frame foto vintage yang dikomposisikan dan diletakkan di satu area dinding.

Sama halnya dengan dinding, beberapa area plafon juga difinishing dengan lembaran rotan dan cat berwarna putih tulang. Untuk meja dan kursi, Good Quarter menggunakan kursi rotan yang dipadukan dengan kursi berwarna abu-abu dan meja dengan corak terracotta.

Kursi pelengkap (Sumber : Dokumentasi Penulis)

Selain kursi rotan dan kursi abu-abu, di beberapa spot juga terdapat tempat duduk berbentuk sofa bult-in  hujau dengan fabric-waterproof. Pemilihan Fabric anti air dan noda ini sangat pas dan cocok untuk digunakan pada restoran. Penempatan Tananan diatas meja, area plafon, dan juga beberapa spot lainnya juga mendukung Scandinavian style pada restoran Good Quarter ini.

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Sistem Penghawaan,Pencahayaan Dan Teknologi Smart Home Dalam Mengantisipasi Penyebaran Covid-19

Arsitektur & Interior

Wabi-sabi dalam sebuah Desain Furniture

Arsitektur & Interior

Rumah Kecil: Trend Hunian Millenial

Arsitektur & Interior

Ciptakan Suasana Rumah Anti Stress dengan Konsep Zen Living

Leave a Reply

Your email address will not be published.