Creativepreneur and Career

30+ Istilah Penting dalam Social Media Marketing untuk Diketahui Pebisnis

Istilah Penting dalam Social Media Marketing

Mungkin buat kamu yang telah lama berkecimpung dengan dunia bisnis, pasti sudah tidak asing lagi dengan akronim-akronim DM, API, SaaS, FOMO GenZ, TBH hingga ASAP dan berbagai istilah tren lainnya. Tapi bagi yang baru-baru saja berkecimpung di dunia bisnis, apakah kamu tahu apa artinya HIFW atau FWIW, GenKs? Untuk lebih mengerti audiens dan meningkatkan prospek penjualan, ternyata penting banget, lho, memahami berbagai singkatan dalam social media marketing. Di bawah ini adalah daftar istilah penting dalam social media marketing dan paling esensial dalam dunia bisnis yang harus kamu ketahui maknanya:

Akronim Bisnis dalam Media Sosial Marketing

Istilah Penting dalam Social Media Marketing

Sumber Gambar : netsavvies.com

FYI, akronim bisnis ini banyak banget dipakai dalam pertemuan maupun komunikasi bisnis, lho, guys. Dengan mengetahui apa arti dari berbagai singkatan dalam social media marketing untuk bisnis, maka kamu dan timmu bisa berkomunikasi dengan lebih mudah.

  1. B2B

Istilah Penting dalam Social Media Marketing

Sumber Gambar : cosmonova.net

B2B adalah singkatan dari Business To Business. Istilah ini mengacu pada bentuk transaksi antar bisnis, yang dilakukan antar perusahaan untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang lainnya, guys.

2. B2C

Sumber Gambar : global.website-files.com

B2C merupakan akronim yang berasal dari Business To Consumer. Istilah ini mengacu pada proses penjualan produk atau layanan langsung ke konsumen. Di sini konsumen adalah pengguna akhir produk.

3. CMGR

Sumber Gambar : emerginggrowth.com

CMGR singkatan dari Community Manager. Mereka adalah para profesional di dunia bisnis yang mandiri, memahami teknologi dan sangat ambisius terhadap wajah dan suara brand-nya. Mulai dari PR, media social hingga pembuatan konten, tanggung jawab mereka adalah mengelola dan menangani komunikasi dua arah dengan komunitas. CMGR bertugas untuk membangun, memelihara dan memperkuat hubungan brand dengan target audiens.

4. CTA

Sumber Gambar : ctfa.net

CTA atau Call To Action menunjukkan ajakan yang jelas epada audiens untuk melakukan tindakan setelah melihat postinganmu. CTA membantumu mencapai tujuanmu lebih mudah. ‘Read more’, ‘Download now’, ‘Shop now’, ‘Sign up now’, dan lain sebagainya adalah beberapa contoh CTA yang bisa kamu pakai saat membuat konten.

5. ETA

Sumber Gambar : track-pod.com

ETA, yang merupakan singkatan dari Estimated Time of Arrival, dipakai untuk mengetahui kemungkinan waktu pesanan sampai di alamat pembeli.

6. EOD

Isltilah dalam social media strategist

Sumber Gambar : 6intelligence.com

Biasanya, EOD yang berarti End Of the Day, dipakai perusahaan sebagai tenggat waktu untuk beberapa tugas.

7. IAM

Isltilah dalam social media strategist

Sumber Gambar : forbes.com

In A Meeting atau ‘sedang rapat’ adalah istilah yang kerap digunakan untuk menyampaikan pesan bahwa kamu sedang sibuk dengan klien atau dalam diskusi tim dan ini bukan waktu yang ideal untuk menelepon.

8. ISO

Sumber Gambar : centrodeelearning.com

Akronim ISO dalam social media marketing berarti In Search Of. Istilah ini menunjukkan bahwa orang tersebut mencari barang yang mereka beli.

9. KPI

Isltilah dalam social media strategist

Sumber Gambar : timedoctor.com

KPI atau Key Performance Indicators, merupakan metrik untuk mengukur efektivitas strategi bisnis social media marketing. Berkat KPI kamu bisa lebih memahami seperti apa, sih, kinerja kampanyemu dan apakah ada yang harus diperbaiki untuk mencapai goal yang kamu inginkan.

10. OOO

Isltilah dalam social media strategist

Sumber Gambar : lifesavvy.com

Singkatan dalam social media marketing OOO, yang berarti Out Of Office ini umum banget dipakai dalam percakapan email untuk menginformasikan bahwa pengirim akan berada jauh dari kantor karena perjalanan yang berhubungan dengan pekerjaan atau berlibur atau keluar karena menghadiri kegiatan perusahaan, seminar atau workshop, guys.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah 30+ daftar istilah penting dalam social media marketing yang harus diketahui para pemilik bisnis tahun 2021:

Isltilah dalam social media strategist

Sumber Gambar : statusbrew.com

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tips Brand Refresh, Strategi Segarkan Merk Anti Ribet

Creativepreneur and Career

Cara Membuat Brand Storytelling Super Mudah dengan 5 Panduan Ini

Creativepreneur and Career

5 Tips Membuat Portofolio Kreatif yang Sempurna dan Menarik Perhatian

Creativepreneur and Career

Kamu Hobi Bertani? Ini Dia Rekomendasi Channel Youtube Untuk Bertani