Creativepreneur and Career

Pengen Jadi UX Writer? Ini Dia, Skill yang Kamu Miliki!

Bagi kamu yang hobi nulis, rasanya pas banget nih kalo kamu nyoba menjadi seorang UX Writer. Buat kamu yang belum tau apa itu UX Writer, profesi yang satu ini berkutat pada bidang kepenulisan terutama dalam keberlangsungan sebuah bisnis-bisnis tertentu layaknya startup.

Pengen tau gimana caranya supaya bisa jadi UX Writer? Atau pengen tau apa saja skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang UX Writer? Berikut merupakan penjelasan singkat mengenai beberapa skill yang diperlukan untuk dikuasai agar bisa menjadi seorang UX Writer yang profesional. Simak betul-betul ya Genks!

  • Kemampuan Menulis

Sumber Gambar : pexels.com

Hal pertama yang tentunya wajib dikuasai oleh seorang UX Writer adalah menulis. Bukan hanya sembarangan menulis saja, namun tentunya juga diperlukan sebuah riset mendalam agar kamu nantinya bisa bertanggung jawab terkait dengan tulisan yang telah kamu buat.

UX Writer memiliki sudut pandang tertentu dalam menulis, dimana ia melihat tulisannya tersebut sebagai satu bagian dari sebuah desain.

  • Perencanaan Konten

Sumber Gambar : pexels.com

Merencanakan konten juga sepatutnya dimiliki oleh seorang UX Writer professional. UX Writer dengan risetnya terhadap audiens akan merencanakan konten yang dibuatnya agar bisa memenuhi kebutuhan atau juga keinginan dari para audiens tersebut. Dengan dibarengi beberapa perhitungan terhadap tujuan produk, kemudian halaman atau juga ‘flow’ yang tentunya wajib untuk kamu pahami.

  • Mampu Melakukan Riset

Sumber Gambar : pexels.com

Seperti yang telah disinggung pada pembahasan sebelumnya, kemampuan dalam melakukan riset juga pasti diperlukan jika kamu ingin menjadi seorang UX Writer. Beberapa riset yang biasanya dicari oleh para UX Writer seperti user testing, kemudian A/B testing, lalu juga Crd Storting serta beberapa metode riset UX Writer lainnya.

  • Desain

Jadi UX Writer

Sumber Gambar : pexels.com

UX Writer meskipun bukanlah seorang desainer, namun masih diharuskan untuk bisa menguasai aplikasi desain. Kualifikasi dari seorang UX Writer bisa saja meningkat jika ia mengetahui atau menguasai cara menggunakan aplikasi desain guna merancang berbagai elemen yang terdapat pada portofolio miliknya. Hal ini juga bisa ‘memancing’ perusahaan untuk merekrut sebagai UX Writer nantinya.

  • Pikiran Terbuka

Jadi UX Writer

Sumber Gambar : pexels.com

Pemikiran terbuka termasuk kedalam kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang UX Writer. Jika kamu memiliki pemikiran terbuka, maka kamu bisa mendengar dengan baik apa yang dikatakan oleh audiens terkait dengan pendapatnya dan juga dapat memahami cara sudut pandang para audiens sehingga bisa kamu jadikan bekal agar tulisanmu bisa berbanding lurus dengan apa yang audiens inginkan.

  • Keinginan Terus Belajar

Jadi UX Writer

Sumber Gambar : pexels.com

Masuk ke dalam soft skill yang harus dimiliki oleh seorang UX Writer adalah dengan memiliki keinginan atau kemampuan untuk bisa terus belajar. Mengingat UX Writer merupakan bidang profesi yang ‘baru’, sehingga pastinya harus siap untuk menerima berbagai perkembangan terkait dengan profesi sebagai UX Writer. 

Dengan memiliki kemauan untuk terus belajar, maka kamu bisa saja selalu ‘update’ terhadap perkembangan terbaru tentang UX Writer entah itu soal ragam strategi baru dalam penulisan ataupun juga teknik terbaru untuk menuliskan sebuah copy. Di sisi lain, skill ini juga memungkinkan buat kamu yang ingin menjadi UX Writer untuk terus mengasah kemampuan hingga menjadi profesional.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil