GenK LIFE

Jaga Privasimu Di Dunia Maya Dengan Beberapa Cara Ini!

Hati-hati sekarang dunia nyata dan maya hampir tidak ada batasan, apalagi sekarang berbagai aktivitas pasti dilakukan secara online. Karena sekarang data-data pribadi kalian sudah mudah di cari di internet. Karena mulai dari email, akun media sosial, tempat tinggal, tanggal lahir dan teman-temanmu bisa diketahui dengan mudah.  Akan menakutkan jika data-data pribadi disebarkan secara luas dan digunakan untuk kejahatan. Hal itu yang disebut dengan cyber crime, makannya kita perlu waspada karena jelas kita tidak mau apabila akun kita tercuri, dan data kita digunakan untuk penipuan, dicuri identitasnya, dan diperjualbelikan. Jangan sampai hal itu terjadi! Untuk itu, sangat perlu menjaga privasimu di dunia maya.

Install Aplikasi yang Terppercaya

Sumber Gambar : tipsandroid.id

Kamu harus benar-benar aware aplikasi di smartphone atau laptop kamu itu aman atau tidak. Jangan sembarang menginstall aplikasi yang tidak jelas yang akan berisiko nantinya. Bisa-bisa malah disusupi ancaman siber lagi. Kamu harus lebih jeli dan berhati-hati untuk mengunduh aplikasi, pastikan kamu mengunduh pada sumber yang terpercaya seperti Google Play Store, App Store dan masih banyak lainnya. 

Bijak dalam bersosial Media

Sumber Gambar : fidkom.uinjkt.ac.id

Kamu harus bijaksana dalam bersosial media. Karena jika kamu tidak berhati-hati, privasi kamu bisa tersebar dan disebarluaskan oleh tangan-tangan orang jahil. Ingat nggak seperti kejadian yang pernah dialami oleh artis Zara eks JKT 48? Foto-foto yang hanya untuk close friendnya disebarluaskan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Maka dari itu, kamu perlu berhati-hati dan hal-hal berikut ini sebaiknya jangan kamu sebarkan seperti : informasi pribadi seperti SIM, KTP, Paspor, nomor telepon pribadi, foto nomor ATM, nama-nama orang tua kamu, dan dokumen terkait pekerjaan dan masih banyak lainnya. Maka dari itu, pastikan hal-hal tersebut jangan sampai kamu share, ya.

Pakai Kata Sandi atau Password yang Kuat dan Aman

jaga privasimu di dunia maya

Sumber Gambar : WikiHow

Masih gunakan kata sandi berantai seperti 1 2 3 4, atau tanggal lahir kamu? Lebih baik jangan karena hampir semua kata sandi itu bisa didapatkan dari media sosial kamu. Jangan sampai karena kata sandi yang mudah dan bisa dikenali membuat kamu kehilangan data-data kamu karena terbobol dan tercuri oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Lebih parahnya lagi jika oknum tersebut mulai mengambil alih akun kamu. Bahaya banget, bisa-bisa mengatasnamakan kamu untuk penipuan lagi. Serem, hati-hati yang gengs!

Link Mencurigakan? Lebih Baik Hapus dan Jangan Dibuka!

jaga privasimu di dunia maya

Sumber Gambar : cermati.com

Pasti kamu sering mendapatkan pesan sms dan email yang menyertakan link kan? Bisa jadi itu adalah penipuan. Jangan dibuka link tersebut, bahkan lebih baik kamu menghapusnya saja. Apalagi kalau yang ngirim tidak jelas identitasnya. Benar-benar sangat mencurigakan! Bisa jadi link tersebut akan mengarahkan kamu untuk mengisi data diri pribadi kamu seperti alamat, nama lengkap ataupun informasi pribadi lainnya. Jangan pernah menuruti perintah-perintah tersebut, bisa-bisa oknum itu menggunakan data untuk pinjaman online atau menipu seseorang. Hati-hati ya genks!

Menggunakan Paket Data Internet Pribadi

jaga privasimu di dunia maya

Sumber Gambar : jumanto.com/

Siapa yang disini suka pakai WiFi gratisan? Nah, emang sih kalau yang gratis enak. Tapi kalau bahaya mengancam gimana? Dari pada berisko data pribadi kamu dicuri, mending lebih baik menggunakan paket data internet pribadi karena menghindari dari resiko tercurinya data. 

Nah, itulah tips untuk jaga privasimu di dunia maya. Dari informasi diatas, kamu dapat mengetahui banyak resiko yang mengintai dari data yang dicuri sampai disalah gunakan. Dengan beberapa tips tadi, semoga membantu kamu agar selalu berhati-hati dan tetap waspada akan keamanan data kamu!

About author

Related posts
GenK LIFE

Tren Influencer Fatigue Meningkat, Kenapa Konsumen Mulai Bosan dengan Influencer?

GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!

GenK LIFE

Ini Dia Beberapa Tips Untuk Mengecilkan Lengan!

GenK LIFE

Orang Tua Wajib Tau! Ini Dampak Dari Berteriak Pada Anak!

Leave a Reply

Your email address will not be published.