GenK LIFE

Jangan Keliru, Begini Beda Data Science dan Data Analyst yang Harus Kamu Tahu

Data analyst

Ilustrasi data analyst. (Sumber: shutterstock)

Walau memiliki nama berbeda, pekerjaan Data Analyst sebenarnya hampir memiliki persamaan dengan Data Scientist. Seorang data analyst membuatmu berhadapan dengan banyak data untuk dibersihkan, dianalisis, dan dibuatkan visualisasinya. Seorang data analyst bertugas mencari insight untuk memajukan bisnis dari berbagai aspek, lalu kemudian diberikan pada data engineer.

Data analyst juga bertanggung jawab dalam hal mengolah data yang telah diberikan untuk membuat eksperimen dan menentukan strategi bisnis lanjutan. Walau demikian, Data Scientist dan data analyst tetap memiliki perbedaan. Data analyst diperlukan apabila perusahaan telah memiliki data pada volume besar tertentu dan membutuhkan bantuan untuk menganalisisnya sebelum menghasilkan data product.

Selain itu,  Data Analyst juga tidak dituntut untuk mengerti seluk beluk dunia pemrograman. Namun, data analyst tetap harus memahami statistik dan operasi bisnis karena seorang data analyst biasanya diminta untuk menghasilkan laporan atau presentasi yang merupakan intisari dari kinerja perusahaan.

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya