GenK LIFE

Jangan Salah, Puasa Punya Manfaat Baik untuk Kesehatanmu, Loh!

Menyambut bulan Ramadhan, kamu pasti menjalani puasa mulai dari mencoba ikhlas, bersabar, menghindari perbuatan dosa dan lainnya. Puasa tentu memberikan manfaat yang baik untuk hidupmu. Tak hanya itu, puasa juga memberikan manfaat yang baik bagi kesehatanmu, loh! Jadi berpuasa selama bulan Ramadhan bukan hanya menahan lapar ataupun hawa nafsu di sepanjang hari saja, namun ada berbagai manfaat baik yang dapat kamu peroleh sebagai berikut.

1. Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi menurunkan berat badan. (Sumber: shutterstock)

Salah satu manfaat puasa yang dapat dirasakan adalah menguranhi lemak atau ketosis yang membakar cadangan lemak dalam tubuh. Salah satunya adalah lemak sentral berlebih uang biasanya tersimpan di sekitar organ hati dan ginjal yang tentunya akan mengganggu fungsi organ.

Sebuah penelitian di Department of Internal Medicine IV, University of Vienna, Austria, menemukan bahwa puasa jangka pendek secara signifikan dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin, yang dapat meningkatkan penurunan berat badan.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ilustrasi pemeriksaan. (Sumber: shutterstock)

Manfaat puasa lainnya bagi kesehatan adalah dapat menyehatkan jantung. Walaupun beberapa penelitian masih terbatas pada hewan, namun puasa diyakini dapat meningkatkan kesehatan jantung. Puasa intermiten selain dapat meningkatkan kinerja otot jantung, berfungsi jiga mengurangi kerusakan akibat radikal bebas serta meningkatkan pertumbuhan pembuluh darah dalam jantung.

Penelitian Intermountain Heart Collaborative di Utah, Amerika Serikat di tahun 2008, dilakukan pada 4.629 orang yang terkait mengungkapkan jika dengan puasa,  risiko penyakit arteri koroner yang lebih rendah, serta risiko diabetes yang secara signifikan lebih rendah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

About author

Related posts
GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD