GenK LIFE

Jangan Sampai Salah, Ini Dia Tips Membersihkan Layar Laptop Yang Benar!

Saat menggunakan laptop, jika terlalu sering kadang kala kita lupa akan kebersihannya. Termasuk layar yang sering kali kita abaikan, padahal layar merupakan bagian penting dari laptop. Jika layar laptop yang berdebu dan berjamur pastinya akan sangat mengganggu sekali. Apalagi jika sampai merusak perangkat laptop, padahal untuk biaya perbaikan tidak murah. Jadi, bisa dilihat dampak jika kita tidak membersihkan laptop dengan benar.  Maka dari itu, kita dapat mencegahnya dengan cara membersihkannya. Membersihkan laptop perlu perawatan yang benar. Apalagi menjaga kebersihan laptop cukup mudah loh, gimana caranya? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Membersihkan Layar Laptop Dengan Kain Microfiber

Sumber Gambar : inews.co.id

Membersihkan layar laptop yang berdebu menggunakan kain microfiber perlu kamu coba nih! Caranya juga cukup mudah kok, kain microfiber sendiri adalah kain dengan tekstur lembut yang mampu mengangkat kotoran, debu dan bakteri.

Kamu bisa membersihkan dengan cara mematikan laptop dahulu, kemudian nantinya debu akan terlihat apalagi jika terpapar sinar matahari. Usap layar menggunakan kain microfiber dengan perlahan dan tidak terlalu menekannya.

Karena dengan menggunakan kain microfiber akan menghindarkan dari terkena lecet dan goresan. Nah, jadi jauh lebih bersih dong pastinya!

Menggunakan Spons Basah Untuk Membersihkan Layar Berdebu

Sumber Gambar : rukita.co

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu membersihkan menggunakan spons basah. Mungkin saja layarnya terkena debu dan noda, maka kamu perlu membersihkannya menggunakan spons yang basah. Tapi kamu harus berhati-hati dan membersihkan layar laptop dengan benar.

Pastikan terlebih dahulu laptop sudah dalam keadaan mati, kemudian cabut bateri laptop. Basahi spons kemudian perasa sampai spons tidak meneteskan air atau kalo bisa tekstur spons menjadi lembab saja tidak basah.

Arahkan spons ke arah layar yang bernoda atau berdebu, lalu usap secara perlahan-lahan. Kemudian tunggu sampai benar-benar mengering terlebih dahulu. 

Membersihkan Layar Menggunakan Larutan Pembersih Khusus Laptop

Sumber Gambar : kompas.com

Membersihkan laptop dengan larutan pembersih khusus laptop ini cukup mudah loh! Gimana cara membersihkannya? Untuk membersihkannya noda yang membandel seperti bahan yang lengket dan mengandung minyak kamu memerlukan beberapa komposisi bahan yang aman.

Yaitu cuka putih masing-masing 50 persen dan campuran air suling, isopropyl alkohol dengan air suling masing-masing 50%, atau Namun kamu tidak disarankan cairan pembersih yang mengandung asam etil, etil alkohol, aseton, metil alkohol, pembersih jendela, air suling, dan setetes deterjen piring.

Pastikan hati-hati sekali membersihkan dengan cairan tersebut menggunakan bantuan kain microfiber, lalu gosokan secara perlahan-lahan pada layar laptop. Jangan terlalu keras, tunggu sampai benar-benar mongering. 

Menghindari Pemakaian Larutan Abrasif

Membersihkan Layar Laptop

Sumber Gambar : statically.io

Jangan menggunakan larutan pembersih yang abrasif untuk membersihkan layar laptop. Larutan abrasive sendiri seperti pemutih, pembersih mengandung zat abrasif, peroksida dan lainnya. Cairan ini mungkin dapat merusak layar laptop kamu!

Mematikan Layar Laptop Terlebih Dahulu

Membersihkan Layar Laptop

Sumber Gambar : androidponsel.com

Untuk membersihkan perangkat kamu, kamu harus memperhatikan laptop kamu. Dengan mematikan laptop terlebih dahulu kamu bisa membersihkan layar komputer dengan aman. Seperti Kata Kak Adit yang dilansir dari kompas.com, dengan kamu mematikan laptop terlebih dahulu, akan lebih mudah dalam membersihkan noda-noda, debu, dan lain sebagainya. 

Nah, itu tadi beberapa hal dapat dilakukan untuk membersihkan layar laptop. Dalam membersihkan laptop pastikan jangan terlalu keras dan menggosokkannya secara perlahan-lahan. Nah sekarang, selamat mencoba!

About author

Related posts
GenK LIFE

Menjaga Hidrasi Kulit dengan Glow Better Coconut Series. Yuk Ketahui Urutan Pakainya!

GenK LIFE

10+ Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 untuk Keluarga, Teman hingga Pacar

GenK LIFE

Kenali 5 Jenis Jerawat dan Tips Mengatasinya Agar Tidak Membekas

GenK LIFE

Olahraga Saat Puasa? Why Not! Ini Jenis Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan di Bulan Ramadan

Leave a Reply

Your email address will not be published.