Fotografi

Jarang Diketahui, Ternyata Ini Perbedaan Bokeh dan Blur, Jangan Sampai Salah Lagi Ya!

Perbedaan Bokeh dan Blur – Hari gini, siapa, sih, yang nggak kenal dengan istilah bokeh? Well, istilah bokeh dalam dunia fotografi emang udah nggak asing lagi di masa sekarang. Nggak cuma kalangan fotografer profesional doang, guys, tapi juga di telinga orang awam.

Sayangnya kebanyakan orang mengartikan foto bokeh itu sebagai foto blur. Hayo, termasuk kamu juga nggak, nih, GenKs? Nah, asal kamu tahu aja, keduanya itu sangat-sangat berbeda, lho. Yah, meski istilah bokeh sendiri berasal dari bahasa Jepang, yakni kata ‘boke’ yang berarti ‘buram, bias atau mengaburkan’.

Biar nggak salah kaprah, cari tahu apa perbedaan bokeh dan blur dalam uraian berikut, yuk, GenKs!

Apa Beda Bokeh dengan Blur?

Perbedaan Bokeh dan Blur

Sumber Gambar : esportsku.com

Bokeh dalam dunia fotografi merupakan area yang nggak terkena cahaya. Atau kalau dalam arti lain, foto bokeh adalah foto yang out of focus. Penyebabnya karena area dalam foto kekurangan cahaya gara-gara keterbatasan lensa, sehingga hasilnya pun menjadi bias.

Foto bokeh sendiri menawarkan nilai estetika yang tinggi. Hasil akhir dari foto bokeh bahkan terlihat unik dan menarik serta anti mainstream. Awalnya foto bokeh tercipta lewat ketidaksengajaan, eh, tapi nyatanya malah jadi jenis foto yang cukup populer di kalangan pecinta fotografi.

Sementara foto blur adalah hasil foto yang nggak fokus. Bukan cuma background alias latar belakang objeknya saja yang nggak fokus, tapi objek fotonya juga terlihat bias. Bahkan foto blur juga bisa menghasilkan objek yang bias, sedangkan latar belakangnya justru fokus.

Gimana Cara Menghasilkan Foto Bokeh?

Perbedaan Bokeh dan Blur

Sumber Gambar : unsplash.com

Yang jadi perbedaan bokeh dan blur adalah, kalau ingin menghasilkan foto bokeh kamu harus pakai kamera khusus dengan bukaan lensa tertentu. FYI, bukaan lensa atau istilah lainnya aperture memegang peran sangat penting untuk membuat foto bokeh.

Dan perlu kamu ketahui, hasil bokeh oleh kamera tertentu bergantung pada besar maupun kecilnya bukaan iris lensa yang dikenal dengan f number.

f Number

Sumber Gambar : bukareview.com

Ada beberapa jenis f number yang perlu diketahui untuk menghasilkan foto bokeh. Di antaranya adalah f/2.8, f/2, f/1.8, f/1.4. Nah, semakin besar bukaan lensanya, maka akan semakin besar pula hasil bokeh pada foto tersebut.

Semetara foto blur bisa kamu dapatkan dari semua kamera, termasuk kamera handphone.

Nggak cuma dari bukaan lensa pada kamera doang, foto bokeh juga dipengaruhi oleh zoom atau focal length pada lensa atau jarak antara bagian tengah optik lensa dengan gambar yang terbentuk di sensor kamera. Semakin panjang angka focal length, maka foto yang dihasilkan pun akan semakin terlihat bokeh, guys.

Foto bokeh didapatkan dari perbedaan jarak dengan objek. Jika foto bokeh dipengaruhi oleh fokus dan jarak, nggak demikian dengan foto blur yang sama sekali nggak terpengaruh oleh jarak. Ini menjadi perbedaan bokeh dan blur yang harus kamu tahu selanjutnya agar nggak salah.

Kamu bisa mendapatkan foto bokeh dengan mendekatkan jarak lensa dan objek terhadap latar belakang. Jika jarak background terhadap objek, maka fotonya akan terlihat semakin bokeh.

Selain itu, perbedaan antara foto bokeh dan blur lainnya adalah, untuk foto blur tercipta karena gerakan yang terlalu cepat dari objek bergerak. Sebagai contoh, ketika kamu memotret orang atau hewan yang bergerak bertepatan dengan tanganmu menekan tombol shutter pada kamera.

Nah, gimana, GenKs, lewat penjelasan dan pembahasan singkat tentang apa perbedaan bokeh dan blur, jadi nggak bingung lagi, kan. Sekarang coba, deh, latihan untuk menghasilkan foto bokeh yang sangat menarik dari segi artistik. Teknik ini lagi populer banget, lho. So, jangan sampai ketinggalan, ya!

About author

Related posts
Fotografi

Tips Meningkatkan Komposisi Foto Agar Lebih Menarik dengan Natural Framing

Fotografi

Catat Panduan Penting Buat Fotografi Drone

Fotografi

Mengenal Segitiga Exposure Biar Semakin Jago Fotografi

Fotografi

Cara Menerbangkan Drone untuk Videografi