Kuliner

6 Jenis Keju Terkenal di Dunia

5 jenis keju

4. Keju Edam

jenis keju 5

Keju Edam (sumber: cheesemaking.com)

Berikutnya adalah keju edam, yang namanya diambil dari daerah asalnya yaitu Edam di Belanda. Bentuk keju ini sangat khas, yaitu bulat dengan kulit luar berwarna merah yang terbuat dari parafin. Persis seperti apel. Unik banget kan, GenK? 😍

Keju edam tidak memiliki bau-bauan yang mencolok sehingga tidak terasa sengit di lidah saat dikonsumsi. Keju ini biasanya digunakan pada campuran buah atau sebagai topping kue kering. Keju ini juga cocok banget buat kamu yang sedang menjalani program diet, karena memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dibanding keju lainnya.  

5. Keju Emmental

jenis keju 6

Keju Emmental (sumber: arla.com)

Pernah nonton kartun Tom and Jerry? 😂

Bentuk keju yang acap kali digunakan sebagai gambar keju pada judul kartun tersebut merupakan keju emmental. Keju ini diproduksi di negara Swiss dengan cara menggunakan tambahan bakteri guna membantu proses fermentasi keju.

Campuran bakteri tadi menyebabkan dinding keju berlubang yang ternyata merupakan hasil dari gas karbondioksida bakteri. Dari lubang-lubang tersebut, kamu dapat menentukan tingkat kematangan keju. Semakin besar lubang yang terbentuk, tandanya keju semakin matang.

Keju ini memiliki rasa yang gurih dan tidak terlalu asin, sehingga cocok buat kamu yang tidak terlalu suka dengan makanan asin. Biasanya keju ini disajikan sebagai pelengkap sandwich dan hamburger.

Sebenarnya masih ada lagi beberapa jenis yang terkenal di dunia seperti keju gouda dan keju stilton. Nah, setelah mengetahui jenis-jenis keju di atas, pasti kamu jadi ngiler dan ingin segera mencicipi. Nah, kabar baiknya, GenK, saat ini kamu juga bisa loh membuat keju sendiri di rumah dengan alat dan bahan yang relatif murah. Ini beberapa contohnya.

6. Keju Paneer

jenis keju 7

Keju Paneer (sumber: seriouseats.com)

Keju yang terkenal sebagai hidangan India, Pakistan, Afghanistan, Nepal, dan Bangladesh ini bisa menjadi pilihan saat kamu ingin belajar membuat keju. Keju paneer adalah jenis keju yang diasamkan dengan cara memadatkan susu yang dihangatkan dengan menggunakan cuka, lemon, atau zat asam lainnya untuk memisahkan dadih (air susu yang dikentalkan) dengan whey (sisa cairan yang tersisa dari hasil pengendapan).

Cara membuat keju paneer tergolong mudah dan sederhana. Alat dan bahan yang digunakan pun relatif murah. Pas buat kamu yang baru ingin belajar membuat keju. Kami ingin membagikan ke kamu cara yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Yuk langsung saja dilihat prosesnya, GenK!  

Alat dan bahan:

  1. Susu sapi murni
  2. Zat asam seperti lemon atau cuka
  3. Panci
  4. Sendok
  5. Wadah Penyaring kain
  6. Plastik bening
  7. Es batu  

About author

Related posts
Kuliner

Menu Lebaran Bikin Badan Melebar? Tangkis dengan 8 Minuman Peluntur Lemak Ini Yuk!

Kuliner

6 Takjil Ala Korea yang Halal dan Dapat Kamu Santap di Kala Berbuka Puasa

Kuliner

Resep Ayam Shawarma yang Lagi Viral, Ternyata Gampang Bikinnya!

Kuliner

Kelihatan Gampang Tapi Masak Nasi Goreng Juga ada Triknya

Leave a Reply

Your email address will not be published.