Kuliner

8 Jenis Piring Beserta Fungsinya untuk Table Manner

jenis piring

Saat kamu datang ke jamuan makan di sebuah hotel bintang lima, di sana sudah disediakan berbagai jenis piring. Ada yang bentuknya lingkaran, kotak, dan ada pula piring dengan sedikit cekungan. Tak hanya itu, ukurannya pun berbeda-beda. Belum makan saja sudah pusing memikirkan mau makan pakai piring yang mana. Begitulah table manner, ribet tapi perlu dipelajari terutama kamu yang sering datang ke jamuan makan. Perlu diketahui bahwa setiap jenis piring memiliki fungsinya masing-masing. Ingin tahu apa saja jenis beserta fungsinya? Yuk disimak!

1. Appetizer Plate

jenis piring

Appetizer plate (sumber: potterybarn.com)

Secara pengertian, appetizer adalah hidangan pembuka yang disajikan dengan porsi kecil. Fungsinya untuk membangkitkan selera makan pembeli sebelum main course tiba. Appetizer plate memiliki ukuran yang tidak terlalu lebar karena menyesuaikan dengan porsinya yang kecil. Ukurannya bervariasi, tetapi yang paling umum adalah 17 cm dan biasanya terdapat lekukan di bagian ujung piring.

2. Dinner Plate

jenis piring

Dinner plate (sumber: wallpaperflare.com)

Ini merupakan jenis piring yang paling umum ditemukan. Dinner plate adalah piring yang digunakan saat makanan utama tiba. Makanya diberi nama dinner plate, karena memang diperuntukkan untuk main course atau menu makanan utama. Biasanya berbentuk lingkaran dengan diameter yang besar sekitar 26 cm atau 8 sampai 12 inch. Banyak yang menggunakan dinner plate untuk sarapan dan makan siang, karena bentuknya yang seakan-akan cocok digunakan untuk hidangan apa pun.

3. Dessert Plate

Dessert plate (sumber: my-best.id)

Jenis piring yang berikutnya adalah dessert plate atau yang disebut juga dengan nama luncheon plate. Piring ini sering digunakan untuk acara jamuan makan formal dan informal. Ukurannya tidak beda jauh dengan appetizer plate, yaitu sekitar 18 cm. Dessert plate memiliki fungsi yang beragam loh, bisa digunakan untuk makanan pembuka, penutup, atau sekadar camilan. Biasanya ditemukan pada acara pesta atau pernikahan, tapi tidak menutup kemungkinan juga digunakan untuk acara-acara kecil.

4. Bread and Butter Plate

Bread and butter plate (sumber: candacesmithetiquette.com)

Sesuai namanya, bread and butter plate (BnB) digunakan untuk menyajikan berbagai jenis roti dan pelengkapnya, seperti mentega dan bahan-bahan lain. Ukurannya sekitar 5 sampai 6 inch. Biasanya piring BnB juga dilengkapi dengan pisau kecil untuk mengoles mentega ke permukaan roti, sehingga kamu tidak perlu bingung harus pakai apa. Piring BnB paling sering digunakan untuk menyajikan sarapan, karena menyantap roti memang paling enak pagi-pagi. Ditambah dengan secangkir latte art untuk memulai hari yang panjang. Di dalam aturan table manner, piring BnB harus sudah disingkirkan sebelum hidangan penutup disajikan.

5. Soup Plate

Soup plate (sumber: littlewhitedish.com)

Selanjutnya ada soup plate yang digunakan untuk memakan sup atau makanan berkuah lainnya. Bentuknya sedikit istimewa nih, karena memiliki cekungan di bagian tengah yang tak lain untuk menampung kuah sup agar tidak tumpah. Itulah yang menyebabkan soup plate memerlukan bentuk yang fungsional. Ukurannya sekitar 4 sampai 7 inch dengan bagian tepi yang lebih lebar. Memang, bentuk soup plate hampir serupa dengan mangkuk, tetapi pada jamuan formal, soup plate memiliki cekungan yang lebih pendek daripada mangkuk biasa.

6. Salad Plate

Salad plate (sumber: pexels.com)

Saatnya kita beralih ke jenis piring yang berikutnya, yaitu salad plate yang berfungsi untuk menyajikan menu salad. Bentuknya ada berbagai macam, tetapi yang paling sering ditemukan adalah bentuk bulat atau kotak. Sedangkan ukurannya ada dua jenis, yaitu 20 cm untuk ukuran kecil dan 22 cm untuk ukuran besar. Mungkin kamu akan sulit membedakan antara salad plate dengan bread and butter plate. Tidak perlu khawatir, karena salad plate memiliki ukuran yang lebih besar kok.

7. Oval Plate

jenis piring

Oval plate (sumber: frontofthehouse.com)

Di antara berbagai pilihan piring yang tersedia, oval plate juga tak luput digunakan saat jamuan makan. Bentuknya oval bukan tanpa alasan loh, karena banyak digunakan untuk menyajikan ikan, daging, atau sayuran. Beberapa orang juga menyebut oval plate sebagai fish plate. Dengan begitu meski dari kejauhan kamu langsung bisa mengetahui mana yang merupakan fish plate karena bentuknya yang lonjong dan ukuran yang beragam.

8. Saucer Plate

jenis piring

Saucer plate (sumber: lovevintage.store)

Nah, yang terakhir adalah saucer plate. Jenis piring yang satu ini sebenarnya bukan yang paling utama. Saucer plate tidak digunakan untuk menyajikan makanan, melainkan untuk tatakan. Makanya jangan heran kalau ukurannya lebih kecil daripada jenis-jenis piring lainnya. Ukurannya sekitar 14 cm, karena hanya digunakan sebagai alas untuk mangkuk, soup plate, atau soup cup supaya hidangan tidak tumpah.

Setelah mengetahui jenis-jenis piring di atas, berarti jangan sampai salah lagi yah. Setiap jenis memiliki fungsinya masing-masing yang sebenarnya dapat kamu perkirakan dari bentuk dan ukurannya. Tidak perlu takut merasa grogi saat datang ke jamuan makan deh. 

About author

Related posts
Kuliner

Menu Lebaran Bikin Badan Melebar? Tangkis dengan 8 Minuman Peluntur Lemak Ini Yuk!

Kuliner

6 Takjil Ala Korea yang Halal dan Dapat Kamu Santap di Kala Berbuka Puasa

Kuliner

Resep Ayam Shawarma yang Lagi Viral, Ternyata Gampang Bikinnya!

Kuliner

Kelihatan Gampang Tapi Masak Nasi Goreng Juga ada Triknya