GenK LIFE

Lockdown Akan Berdampak Langsung Pada 5 Profesi Ini

COVID-19 menjadi pandemi yang menakutkan dalam beberapa waktu belakangan ini. Segala bentuk pencegahan pun telah dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah. Ada berbagai macam opsi yang dapat dilakukan pemerintah untuk menekan pertumbuhan angka kasus COVID-19, salah satunya adalah dengan melakukan lockdown.

Dalam beberapa waktu sebelumnya, kita tentu juga sudah mendengar aturan tentang work from home, bukan? Aturan tersebut saja sudah memberikan banyak dampak bagi kehidupan kita sehari-hari. Jika pemerintah memberlakukan lockdown, kita dan seluruh masyarakat tentunya akan diwajibkan untuk tetap berada di rumah dan mengisolasi diri. Aturan tersebut tentu sangat bagus dan efektif untuk menekan penyebaran virus. Namun, tidakkah hal ini juga dapat mempengaruhi pekerjaan kita? Beberapa profesi tentu akan merasakan dampak yang cukup besar jika hal itu terjadi. Lalu siapa sajakah mereka?

1. Buruh Harian

lockdown

Buruh harian. (Sumber: Reuters/Bobby Yip).

GenK tentu tak asing kan dengan profesi buruh harian? Buruh harian menjadi salah satu dari sekian profesi yang tentunya akan merasakan dampak yang besar jika lockdown dilakukan. Lockdown akan membuat pabrik dan perusahaan mereka bekerja harus tutup dan tak dapat beroperasi. Dalam beberapa waktu terakhir, aturan work form home sendiri sudah mulai diberlakukan oleh beberapa perusahaan dan membuat para pekerja kantoran harus bekerja dari rumah.

Namun, ketentuan work from home sendiri tentu tak akan efektif jika dilakukan oleh para buruh dengan intensitas pekerjaan yang berbeda dengan pekerja kantoran biasa. Maka bisa dibayangkan bukan apa yang akan terjadi jika lockdown benar terjadi? Para buruh akan kehilangan pekerjaan dan berimbas pada pendapatan mereka.

2. Pegiat Pariwisata dan Agen Perjalanan

lockdown

Travel agent. (Sumber: Nikkei Asian Review/Yuki Kohara).

Jika di biasanya kita bisa merencanakan liburan ke berbagai tempat hingga keluar negeri, namun hal ini tentu akan sulit terjadi terlebih di tengah wabah COVID-19 beberapa waktu terakhir. Tak perlu menunggu lockdown, saat ini saja sudah terjadi banyak penurunan minat wisata ke beberapa tempat bahkan ada banyak yang mengalami penundaan hingga pembatalan. Para agen travel wisata ini banyak mendapat imbas dari adanya larangan masuk wisatawan ke negara-negara yang terdampak COVID-19. Jika hal ini terus akan terjadi, dapat terbayang berapa banyak kerugian yang diterima.

Baca Juga :   Apa Itu Lockdown dan Kenapa Mendadak Populer di Tengah Wabah COVID-19
About author

Related posts
GenK LIFE

Yuk, Catat! Ini Dia Financial Planning untuk Gaji UMR

GenK LIFE

Yuk, Kenalan Sama Yang Namanya Bank Asosiatif!

GenK LIFE

Buat Kamu yang Sering Merasa Mager di Pagi Hari, Coba Tips Produktif Ini!

GenK LIFE

Kalau Udah Merasakan Hal Ini, Artinya Tubuhmu Perlu Istirahat, GenK!