Musik

Cara Idol Grup JKT48 dan Lainnya Bertahan Saat Pandemi

jkt48

Kabar mengejutkan datang dari JKT48. Semalam, General Manager idol grup tersebut, Melody Nurramdhani Laksani, memberikan pernyataan melalui channel Youtube JKT48 bahwa kondisi idol grup saat ini sedang terimbas pandemi virus corona atau Covid-19.

Sebenarnya, JKT48  sudah mencoba melakukan berbagai cara untuk tetap bertahan hidup, seperti melakukan live streaming pertunjukan teater dan video call with JKT 48. “Faktanya, secara bisnis mengalami kerugian yang sangat menyakitkan, sehingga kami berada di posisi yang sangat-sangat sulit untuk tetap beroperasi,” ungkap Melody.

“Dalam keadaan ini, sebenarnya JKT48 sudah tidak bisa lagi melanjutkan aktivitas dan harus berhenti.”

Alih-alih Bubar, JKT48 Mengambil Langkah Pengurangan Staf 

Untuk mengatasi kerugian akibat pandemi Covid-19, manajemen pun mengambil langkah yang cukup berani.

“Setelah berdiskusi terus menerus, hanya ada satu cara agar JKT48 bisa bertahan, cara itu adalah pengurangan jumlah member dan staf, agar grup ini tidak bubar, hanya itu satu-satunya cara”

Demi menjaga grup tersebut tidak bubar, pemangkasan member dan staff pun jadi pilihan utama.

Akan Tetap Bertahan Demi Penggemar 

Keputusan tersebut terpaksa dipilih manajemen daripada harus membubarkan diri. “Justru karena di masa pandemi seperti sekarang ini lah kami harus menjadi keberadaan yang bisa memberikan energi dan semangat agar orang-orang dapat mengangkat kepala dari keterpurukan dan berjuang untuk masa depan,” ungkap Melody.

Skala grup tersebut akan diperkecil dan restrukturisasi di tubuh JKT48 akan dilakukan. Ia menyebut akan ada pengumuman lebih lanjut mengenai member dan rencana terkait hal ini. Melody meminta dukungan, pengertian dan pemahaman para fans mengenai keputusan tersebut sebagai penutup video pengumuman yang dilakukan malam tadi.

Idol Grup BTS Pun Sempat Melakukan Pengurangan Staf Konser 

BTS

Poster Map of The Soul On:E, konser BTS yang digelar secara online (Sumber: fakta.id)

Sebagai tambahan, bukan hanya JKT48 saja yang pernah melakukan pengurangan staf, idol grup Korea seperti BTS pun pernah melakukannya. Akibat gagalnya tur dunia Map of The Soul 7, idol grup ini terpaksa mengurangi staf yang awalnya akan ikut bekerja sama dalam konsernya.

stray-kids-idol-grup

Event Video Call dan Online Fansign Stray Kids (Sumber: mecimashop.com)

Lalu, ada juga idol grup seperti TXT, Stray Kids, dan NCT yang melakukan event online fansign untuk tetap bertahan dan berinteraksi dengan penggemar. Idol-idol grup ini pun juga melakukan online concerts agar tetap aktif meski dalam situasi pandemi.

Semoga, langkah pengurangan member dan staf yang diambil oleh JKT48 benar bisa memberikan dampak baik ke depannya!

About author

Related posts
Musik

Cara Membuat Jingle Iklan Biar Lebih Menarik, Mudah Kok Bikinnya

Musik

Penyesalan Tulus Tentang Mengenal Seseorang Dalam Makna Lagu "Interaksi"

Musik

Lagu Terbaru Coldplay x Selena Gomez Yang Relatable Dengan Generasi Z

Musik

5 Lagu Day 6 untuk Mewakili Kegalauan Anda yang Gengsian